Bunga Rafflesia mekar di halaman rumah warga Agam - WisataHits
Jawa Timur

Bunga Rafflesia mekar di halaman rumah warga Agam

Bunga Rafflesia mekar di halaman rumah warga Agam

Pangkalan Lubuk (ANTARA) –

Bunga Rafflesia jenis Arnoldii di pekarangan warga Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan mekar pada Januari 2023.

Pegiat wisata Palupuh Joni Hartono di Lubukbasung mengatakan, Rabu, bunga rafflesia diperkirakan akan mekar sempurna pada hari pertama pada Kamis, 12 Januari 2023.

“Saat ini kondisi kelopak sudah mulai terbuka dan mekar di hari pertama Kamis (12/1),” ujarnya.

Ia mengatakan bunga rafflesia pertama kali mekar di kebun orangtuanya pada 2023.

Dengan tambahan satu bunga mekar, kata dia, sejak 2009 hingga saat ini, sedikitnya 24 bunga rafflesia telah mekar sempurna di kebun induknya. Saat ini, terdapat puluhan kancing dengan berbagai ukuran di tempat ini.

“Pada awal Desember 2022, hingga empat individu bunga rafflesia mekar sempurna dalam satu waktu dan hanya rentan selama lima hingga 10 hari,” ujarnya.


Ia mengaku mulai membudidayakan bunga Rafflesia di kebunnya pada tahun 2000 silam.


Ketertarikannya membudidayakan bunga Rafflesia karena sering menemani peneliti dari negara-negara Eropa dalam penelitian di Cagar Alam Batang Palupuh, sekitar 500 meter dari rumahnya.


Ia mengambil bunga inang Rafflesia lalu menanamnya dalam-dalam tas poli. Setelah tumbuh, tuan rumah dipindahkan ke pekarangan rumah orang tuanya.


Setelah inang tumbuh besar, ia berulang kali menempelkan biji bunga rafflesia ke inang. Beginilah umbi atau kumbang muncul beberapa bulan kemudian ketika inang terinfeksi.


“Saya juga menanam bunga pemakaman di kebun orang tua saya. Keberadaan bunga langka ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang harus mengunjunginya dari dekat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button