Mengenal Taman Balai Kota Bandung, Tempat Wisata Indah di Tengah Kota - WisataHits
Jawa Tengah

Mengenal Taman Balai Kota Bandung, Tempat Wisata Indah di Tengah Kota

PITA – Taman Balai Kota Bandung atau Taman Balai Kota Bandung terletak di pusat kota Bandung. Jika kita berbicara tentang kota kembang, rasanya tidak ada habisnya dengan berbagai tempat wisata yang sangat memukau. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner yang ditawarkan di kota ini, tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Bahkan, banyak orang memilih Bandung sebagai tujuan wisata favorit mereka.

Tempat itu pernah disebut Taman Dewi Sartika karena patung tokoh pendidikan Dewi Sartika berdiri di sana. Gedung Balai Kota juga merupakan salah satu gedung tertua di Kota Bandung. Tempat wisata ini merupakan area terbuka di halaman pemerintahan kota Bandung, Jawa Barat. Nah, berikut ulasan lengkap Taman Balai Kota Bandung yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sejarah Taman Balai Kota Bandung

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu tentang sejarah taman ini. Pada zaman dahulu, taman ini disebut Taman Dewi Sartika karena terdapat patung Dewi Sartika sebagai tokoh pelopor pendidikan wanita di kawasan tersebut. Taman ini awalnya berfungsi sebagai kafe untuk pemilik tanah Priangan bernama Andries de Wilde.

Setelah itu, gudang kopi runtuh pada tahun 1927 dan diubah menjadi kantor walikota dengan taman. Ada juga mitos seputar patung badak putih di masyarakat. Patung tersebut dipercaya sebagai tempat berkubangnya badak putih.

Biaya masuk dan jam buka

Banyak orang datang ke taman ini sebagai tujuan wisata murah. Hal ini dikarenakan masuk ke taman ini gratis atau free seperti yang diketahui bahwa taman ini dikelola oleh Pemerintah Kota Bandung. Oleh karena itu, gratis atau gratis bagi siapa saja yang ingin mengunjungi taman ini.

Tempat wisata umum ini bisa dikunjungi oleh siapa saja. Jam buka taman ini tidak tetap karena Anda bisa mengunjungi taman ini setiap hari. Sementara itu, jam bukanya adalah 24 jam untuk dikunjungi secara bebas. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan Taman Balai Kota Bandung dengan lampu-lampu yang indah meski di malam hari.

Aktivitas di Taman Balai Kota Bandung

1. Taman Labirin

Labyrinth Park adalah wahana paling menarik di Taman Balai Kota Bandung. Ini memiliki empat pintu masuk berbeda yang ditanami rumput tinggi ke segala arah untuk menghalangi pandangan orang dewasa.

Ini adalah daya tarik utama di taman ini karena pengunjung harus mencoba mencari jalan ke pintu lain. Ketika Anda melewati arena ini Anda hanya akan melihat dinding sampai Anda menemukan jalan keluar lain. Oleh karena itu, wahana ini dinamakan Labyrinth Park.

2. Joging

Area taman ini juga dilengkapi dengan jalan setapak bagi pengunjung yang melakukan jogging bersama keluarga. Meski berada di tengah kota, taman ini tidak dipenuhi polusi yang biasa dirasakan di kota-kota besar.

Hal ini dikarenakan banyak terdapat pohon-pohon tinggi menjulang tinggi yang membuat area taman ini tetap segar. Aktivitas olahraga tetap bisa dilakukan tanpa harus khawatir dengan polusi udara yang mengganggu.

3. Ambil foto

Taman Balai Kota Bandung menjadi lebih modern setelah direnovasi oleh mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kemudian dilengkapi pula dengan berbagai spot unik dan menarik yang bisa dijadikan latar belakang pengunjung untuk berfoto.

Salah satunya adalah area gembok cinta yang sering digunakan oleh pasangan muda untuk mengabadikan momen mereka. Ada juga taman bunga berhiaskan tanaman cantik yang tertata rapi sehingga menjadi spot selfie populer bagi pengunjung.

4. Taman bermain anak

Pengunjung yang membawa anak-anak ke taman ini dijamin tidak akan bosan karena Taman Balai Kota Bandung telah menyediakan ayunan dan jungkat-jungkit. Orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka di ruang tunggu dengan kursi.

Ada juga arena olahraga untuk dewasa yang dilengkapi dengan peralatan latihan sederhana seperti di pusat kebugaran. Pengunjung dapat menggunakan alat ini tanpa batas dan gratis kapan saja.

5. Tempat pertemuan anak muda

Taman Balai Kota Bandung sangat serbaguna bagi warga Bandung karena terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan di dalamnya. Anak muda di Bandung sering menggunakan taman ini untuk kegiatan bertemu teman bahkan ada yang menghabiskan waktu berduaan dengan pasangannya.

Pengunjung juga akan menemukan kegiatan lain seperti menari, parkour, sepak bola dan sebagainya. Kemudian juga ditunjang dengan beberapa tempat menarik untuk berfoto, seperti patung berbentuk badak putih yang konon pernah digunakan sebagai tempat pemandian badak putih pada zaman dahulu.

6. Main air sungai

Tidak hanya ayunan atau taman bermain jungkat-jungkit yang disediakan untuk bayi. Pengunjung Taman Balai Kota Bandung juga bisa mengajak anaknya bermain di area sungai air dingin.

Aliran sungai di kawasan taman ini adalah Sungai Cikapayang yang telah melalui proses penyaringan sehingga dapat digunakan oleh anak-anak bermain. Yang perlu dilakukan orang tua hanyalah mengawasi kegiatan bermain anak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas di Taman Balai Kota

Fasilitas di taman ini cukup lengkap seperti di taman kota lainnya karena terdapat toilet khusus untuk wanita dan pria. Ada juga fasilitas kesehatan berupa puskesmas kecil di dekat pintu masuk taman.

Fasilitas di Taman Balai Kota

Fasilitas di taman ini cukup lengkap seperti di taman kota lainnya karena terdapat toilet khusus untuk wanita dan pria. Ada juga fasilitas kesehatan berupa puskesmas kecil di dekat pintu masuk taman.

Kemudian dilengkapi pula dengan arena mesin fitness yang bisa digunakan pengunjung sesuka hati. Ada juga mushola dengan bangunan hijau di sudut taman.

Gembok cinta di taman ini sering digunakan oleh anak-anak muda untuk menuliskan namanya di gembok bersama pasangannya, kemudian gembok tersebut diletakkan di tempat yang telah disediakan. Mereka percaya bahwa dengan ritual ini cinta mereka akan bertahan selamanya. Taman ini juga dilengkapi dengan kandang kelinci, ayam dan burung.

Transportasi Umum ke Taman Balai Kota Bandung

Angkutan umum yang melewati Taman Balai Kota Bandung cukup banyak. Pengunjung dapat menggunakan angkutan umum jalur Kalapa-Ledeng, Stasiun Hall-Dago, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Ciroyom dan Margahayu-Ledeng. Kemudian Anda bisa turun di depan Rathauspark. (dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button