Kamojang Ecopark, spot foto instagramable dengan pemandangan alam yang memukau - WisataHits
wisatahits

Kamojang Ecopark, spot foto instagramable dengan pemandangan alam yang memukau

Harga tiket: Rp 17.000, Jam operasional: 05.30–18.00 WIB, Alamat: Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Alam memang menjadi tujuan wisata yang paling banyak dicari di tengah perkembangan dunia modern saat ini. Di Kabupaten Garut terdapat sebuah tempat wisata alam bernama Kamojang Ecopark. Tempat wisata alam ini menawarkan liburan dengan unsur alam yang tenang dan indah. Sangat cocok untuk menghilangkan penat dan juga stress akibat pekerjaan atau keramaian.

Tidak hanya alam yang menjadi pemicu berbagai wisatawan untuk berlibur ke sini, namun ada beberapa spot foto yang menarik wisatawan narsis mencari foto-foto Instagrammable. Banyak dijumpai pohon pinus di sekitar tempat wisata, yang membuat tempat wisata alam ini semakin diminati wisatawan.

Tak hanya itu, ada berbagai fasilitas tambahan lainnya yang membuat Kamojang Ecopark ini populer. Sebut saja kafe atau warung makan di tengah hutan dengan konsep rumah pohon. Bagi wisatawan, makan di kafe adalah pengalaman bersantap yang berbeda bagi mereka.

Atraksi Kamojang Ecopark

Atraksi Kamojang EcoparkKredit gambar: Google Maps Cep Aldy

Ada beberapa atraksi untuk menarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata alam ini. Mulai dari alamnya yang masih alami, pengalaman menyantap kopi berupa rumah pohon, hingga fasilitas tambahan yang sengaja dibangun untuk lebih menarik perhatian wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata di Kamojang Ecopark.

1.Alam

Berada di daerah pedesaan yang dikelilingi hutan dan pepohonan menjadikan tempat wisata alam ini sangat populer karena memberikan suasana yang kental dengan keindahan alamnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa rata-rata wisatawan yang datang ke wisata alam ini adalah mereka yang sangat membutuhkan refreshing dengan bersantai menikmati keindahan alam dan juga berfoto-foto.

Ditambah dengan hutan pinus yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto dan melakukan beberapa wahana keliling, tempat ini semakin populer. Saking populernya tempat wisata ini, tak sedikit pula wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Garut. Hal ini membuktikan bahwa tempat wisata alam ini telah berhasil memanjakan wisatawan yang datang dengan alamnya.

2. Tempat foto

Selanjutnya adalah spot foto instagramable, terdapat banyak spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto bagi wisatawan yang datang. Dari balon udara panas, ayunan, hutan pinus dan kursi yang ditenun dari akar pohon.

Tidak hanya mengandalkan alam, Kamojang Ecopark juga menyediakan spot foto untuk para wisatawan. Memang hal ini wajar mengingat destinasi wisata saat ini bukan hanya sekedar liburan. Tetapi ada orang yang tujuan utamanya adalah untuk mengejar foto yang bagus. Alhasil, lokasi ini terkadang dijadikan sebagai latar foto prewedding beberapa pasangan.

3. Restoran Rumah Pohon

Daya tarik selanjutnya adalah restoran atau kafe. Dimana dengan bentuknya yang unik seperti rumah pohon, wisatawan bisa menikmati makanan sambil berfoto di atasnya. Konsep yang sangat unik dan lokasinya yang berada di tengah hutan menjadikan restoran ini salah satu tempat favorit untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kamojang EcoparkKredit gambar: Google Maps Ichwan Nurhakim

Berjarak sekitar 22 kilometer dari kota Garut, dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama sekitar 54 menit melalui Jl.Kamojang Raya. Lokasi Kamojang Ecopark berada di Kecamatan Samarang, Cisarua, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Untuk rute perjalanan dari Kota Garut bisa dimulai dari Garut City Square di Jl. Pramuka sampai perempatan Jl. Bank kemudian belok kiri ke Atm BPR KS kemudian belok kanan di Jl. Cimanuk untuk masuk ke Jl. Cimanuk untuk masuk ke Jl. Raya Bandung – Garut lalu belok kiri di perempatan jalan Raya Samarang.

Dari Jl Raya Samarang lurus terus sampai ketemu pertigaan ATM BCA setelah SMK Al Madani Garut, lalu belok kanan ke Jl Kamojang Raya. Ikuti Jalan Raya Kamojang sampai menemukan tempat wisata ini di kiri jalan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket atraksiKredit gambar: Google Maps Bryan Riztama

Untuk tempat wisata alam buka mulai pukul 05.30 hingga 18.00 waktu setempat, harga tiket, parkir, dan beberapa wahana berbeda. Mulai dari harga tiket masuk Kamojang Ecopark Rp 17.000 per orang, lalu parkir roda 2 Rp 5.000 per unit, sedangkan parkir roda 4 Rp 10.000 per kesatuan.

Setelah masuk tempat wisata, ada tiket flying fox seharga Rp30.000 per orang, naik replika balon udara seharga Rp10.000, camping seharga Rp40.000 per orang, dan menyewa tenda camping kapasitas maksimal 4 orang seharga Rp250.000. per tenda. Ada juga beberapa spot foto yang bisa digunakan dengan biaya Rp 5.000 per spot.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kamojang Ecopark

Kegiatan Ecopark KamojangKredit gambar: Google Maps Cep

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kamojang Ecopark. Kegiatan dilakukan sendiri atau berkelompok. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata alam yang terletak di Kabupaten Garut ini.

1. Ambil gambar

Kegiatan pertama adalah berfoto. Kegiatan wajib yang harus dilakukan di tempat wisata alam ini. Dengan berbagai spot foto yang menarik, wisatawan dapat mencari foto yang bagus untuk diunggah ke jejaring sosial mereka.

Ada spot foto yang harus dibayar sebelum berfoto, seperti ayunan dan replika balon udara. Ada juga tempat umum untuk berfoto tanpa harus membayar terlebih dahulu, seperti hutan pinus yang rindang dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

2. Bersepeda

Ada jalur bagi yang ingin bersepeda di dalam lokasi wisata alam Kamojang Ecopark. Namun, tetaplah bersepeda di jalur yang tersedia dan waspadai wisatawan lain, baik mereka yang juga bersepeda atau berjalan kaki, untuk menghindari kecelakaan.

3. Mainkan sepeda gunung

Tidak hanya bersepeda, di tempat wisata ini wisatawan juga bisa bermain sepeda gunung. Terdapat jalur ATV yang bisa digunakan wisatawan untuk melintas menggunakan kendaraan offroad tersebut.

4. Rubah Terbang

Bagi Anda yang menyukai aktivitas ini, Anda bisa mencoba meluncur di jalur flying fox di tempat wisata ini. Untuk melakukan flying fox, wisatawan harus membayar Rp 30.000 per orang. Dan wisatawan akan dibantu petugas untuk memasang alat pengaman sebelum meluncur ke titik selanjutnya.

5. Perkemahan

Aktivitas Lainnya Kamojang EcoparkKredit Gambar: Google Maps Muhammad Hipzurahman

Kegiatan selanjutnya adalah camping atau bermalam di tempat wisata alam ini. Bagi wisatawan yang ingin mempraktekkan kegiatan ini, cukup membayar Rp 40.000 per orang untuk bisa bermalam di bumi perkemahan. Dan bagi yang ingin camping tapi tidak memiliki tenda bisa menyewanya di tempat camping dengan harga sekitar Rp 250.000 per tenda.

6. Lakukan kegiatan outbond

Beberapa wisatawan yang datang ke wisata alam Kamojang Ecopark untuk melakukan aktivitas seru. Hal ini sering terjadi karena lokasinya yang cukup jauh dari kota dan terdapat lahan kosong yang dapat digunakan untuk kegiatan tersebut.

7. Nikmati alam sambil bersantai

Kegiatan selanjutnya adalah bersantai bersama keluarga, teman atau pasangan sambil menikmati alam di tempat wisata ini. Terdapat bangku-bangku yang bisa ditempati oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati momen kebersamaan mereka.

8. Makan di rumah pohon

Kegiatan terakhir adalah mencoba makan di rumah pohon di tengah hutan. Suasananya akan berbeda jika Anda makan di tempat unik ini. Pasalnya, belum banyak tempat makan yang menawarkan konsep makan di rumah pohon. Jadi jika sudah sampai di tempat wisata alam ini, cobalah untuk merasakan sensasi makan di rumah pohon ini.

Fasilitas yang tersedia di Kamojang Ecopark Garut

Fasilitas di Kamojang Ecopark GarutKredit gambar: Google Maps Hisham Kholid

Di Kamojang Ecopark, beberapa fasilitas telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, serta untuk menarik minat mereka untuk datang dan berkunjung. Berikut beberapa fasilitas yang bisa ditemukan dan digunakan di tempat wisata alam ini.

1. Parkir kendaraan

Pertama, ada banyak tempat parkir. Karena tempat wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan, maka tempat parkir yang disediakan juga luas. Ada agen yang akan menjaga kendaraan wisata hingga pulang dari tempat wisata ini.

2. Katering

Ada warung makan yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman kepada wisatawan. Tidak hanya 1 tapi ada beberapa warung makan di tempat wisata alam ini.

3. Panggung

Di Kamojang Ecopark juga terdapat panggung yang bisa digunakan untuk pertunjukan seni. Jika wisatawan ingin menampilkan pertunjukan musik atau sejenisnya, mereka dapat menikmati panggung ini.

4. Wahana permainan

Ada wahana permainan seperti flying fox, jalur sepeda dan ATV yang bisa ditemukan di tempat wisata ini. Wisatawan dapat menikmati permainan di kawasan wisata.

5. Tempat foto

Kemudian datanglah spot foto. Ada berbagai spot bagus yang bisa digunakan untuk berfoto, dari yang berbayar hingga yang gratis. Ada juga spot foto ekstrim seperti ayunan yang akan berayun di atas ketinggian. Ayunan tersebut aman karena melekat erat pada pohon di sekitarnya. Wisatawan yang naik ayunan juga akan menikmati keamanan khusus.

6. Perkemahan

Fasilitas selanjutnya adalah lapangan kosong khusus bagi yang ingin bermalam di tenda di tengah wisata alam ini. Ada juga tempat persewaan tenda camping bagi yang tidak memiliki tenda camping tapi ingin camping.

7. Masjid

Di kawasan wisata alam Kamojang Ecopark juga terdapat musholla untuk umat Islam. Jadi, wisatawan muslim tidak perlu khawatir ketika waktunya sholat, cukup cari masjid dan sholat disana.

8. Toilet umum

Di tempat wisata ini juga terdapat toilet umum bagi yang ingin buang air besar dan kecil. WC tersebut terbagi menjadi WC pria dan WC wanita yang dijaga oleh petugas.

Kamojang Ecopark memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dengan udara segar dan pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi wisata ini, rasanya menyenangkan. Tidak hanya alam yang membuat tempat ini populer, namun fasilitas lain seperti spot foto dan taman bermain membuat tempat wisata ini semakin diminati wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button