13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru dan Lebih Berhasil Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru dan Lebih Berhasil Dikunjungi

13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru dan Lebih Berhasil Dikunjungi

Ada sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur yang memiliki banyak destinasi wisata, kota ini cukup terpencil, berjarak sekitar 120 km dari pusat kota Samarinda. Namun tempat ini sering direkomendasikan oleh banyak orang, terutama bagi Anda yang akan berlibur dalam waktu dekat.

Tugu Khatulistiwa dapat Anda temukan di Kota Bontang. Karena kota ini adalah salah satu dari sekian banyak tempat yang dilintasi garis khatulistiwa. Namun, kawasan pusat kota cukup maju karena di sini Anda akan menemukan berbagai industri yang mendukung perekonomian lokal dan regional.

Namun daya tarik terbesar Kota Bontang adalah dari segi pariwisatanya yang dilengkapi dengan berbagai objek wisata yang indah dan menarik sehingga Anda bisa menemukan berbagai pengalaman baru selama berlibur disini. Oleh karena itu, inilah 13 daftar tempat wisata di Bontang yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi saat musim liburan tiba nanti.

1. Bukit Biru

bukit biruFoto oleh Awan_Xmp di Google Maps

Tempat ini adalah titik terbaik bagi Anda yang menyukai pemandangan saat senja. Maka dari itu, jangan heran jika tempat ini sangat digemari oleh para turis atau fotografer yang mencari foto sunset terbaik.

Tempat ini cukup jauh dari Kota Bontang, karena membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapainya. Namun, Anda dapat yakin bahwa Anda akan menikmati tempat ini terutama bagi para petualang karena terdapat jalur pendakian gunung.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tengarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

2. Taman Air Kenari

Taman Air KenariFoto Feiranis Led di Google Maps

Alamat tempat ini berada di Bontang Utara, cukup dekat dengan pusat Kota Bontang. Sirkuit air ini terbilang cukup modern karena memiliki berbagai fasilitas yang lengkap seperti perlengkapan renang dan perlengkapan pendukung lainnya. Wahana air yang lengkap dan menantang, sehingga tempat ini sangat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga.

Kolam yang ada diberi peringkat usia untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Sehingga Anda bisa bermain bersama keluarga dengan aman di Kenari Water Park. Tersedia berbagai fasilitas lainnya seperti tempat parkir mobil yang luas, musala, serta tempat makan dan minum yang akan melengkapi kebutuhan Anda pada liburan selanjutnya.

Harga tiket: Rp30.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Api-Api, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

3. Taman Tanjung Laut

Taman Laut Cape TownFoto oleh Faisal Yudha di Google Maps

Masih ada taman lain di Kota Bontang yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke sini. Taman ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar yang ingin nongkrong, berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati cuaca sore hari.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati bersama anak-anak Anda, seperti seluncuran, ayunan, lintasan lari, dll. Terdapat spot WiFi gratis yang tersebar di sekitar taman ini. Fasilitas ini dipasang oleh pemerintah setempat sebagai lembaga pendidikan dan penerapan smart city di Kota Bontang.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Gen. Soedirman No. 69, Tanjung Laut, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

4. Pantai Marina

Pantai MarinaFoto oleh Rudi Sidharta di Google Maps

Pantai ini awalnya dijadikan tempat wisata khusus karyawan PT Badak NGL. Di pantai ini terdapat pelabuhan yang sering digunakan untuk bongkar muat kapal tanker milik perusahaan yang sama.

Namun pada akhirnya pantai ini dibuka untuk umum, sehingga kini Anda bisa menikmati indahnya pasir pantai dan indahnya pemandangan Pantai Marina. Meski masyarakat umum bisa masuk, ada beberapa kawasan yang tidak bisa dimasuki secara sembarangan karena sudah menjadi bagian dari kawasan ekstraksi migas.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

5. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus SambojaFoto oleh Muhammad Aprreza di Facebook

Lokasi tempat wisata ini berada di Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Kabupaten Samboja. Tempatnya masih sangat asri karena berada di kawasan pegunungan sehingga udaranya segar. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai di sela kesibukan bekerja di kota.

Destinasi wisata ini merupakan hutan pinus yang indah dipandang mata. Saking indahnya banyak turis yang betah berlama-lama disini. Tempat ini belum terlalu dikenal oleh wisatawan sehingga masih sepi pengunjung, jadi anda bisa sekedar bermain atau mencari spot foto yang bagus.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Margomulyo, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

6. Taman Cibodas

Taman CibodasFoto oleh MN Fahmi Fauzi di Google Maps

Tempat wisata ini berada di kawasan industri Pupuk Kaltim yang tentunya sudah sering Anda dengar. Oleh karena itu, tempat ini sering dikunjungi oleh pengunjung atau wisatawan lokal karena akses jalan yang mudah dan baik.

Di taman ini Anda bisa bermain, bersenang-senang dan menikmati berbagai fasilitas hiburan serta berfoto bersama teman atau keluarga. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama pepohonan yang rindang dan tertata rapi.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Kamboja, Belimbing, Kec. Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

7.Bontang Kuala

Bontang KualaFoto oleh Grmridwan_ Ruslan di Google Maps

Ingin berwisata ke tempat yang unik? Jika iya, datanglah ke desa terapung di Bontang ini. Anda akan takjub saat melihat koloni terapung yang sudah ada sejak lama. Selain itu, airnya sangat bersih dan jernih.

Saat berada di desa ini, Anda bisa jalan-jalan bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan indah di sekitar desa ini, tentunya sambil berfoto untuk mengabadikan momen indah tersebut. Jika lelah, Anda bisa beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman khas Bontang yang enak di sini.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

8. Pelas Erau Daratan

Benua Erau PelasFoto oleh Visitbontang di Instagram

Tempat ini dikenal sebagai Sungai Guntung oleh masyarakat setempat karena merupakan salah satu tempat suci di Bontang. Sehingga Anda dapat melihat dan belajar tentang adat istiadat dan kegiatan budaya setempat.

Erau Pelas merupakan upacara adat setempat yang memiliki fungsi membersihkan kawasan tempat tinggal agar terbebas dari energi negatif di tengah keramaian dan dilaksanakan dengan penuh suka cita. Tentunya kegiatan ini dibarengi dengan musik dan tarian tradisional sehingga menarik untuk disaksikan baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

9. Pulau Beras Basah

pulau beras basahFoto Dian Puspita Sari di Google Maps

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang wajib anda kunjungi dalam perjalanan wisata, anda membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke pulau ini dari kota Bontang. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Maka tidak heran jika tempat ini begitu ramai saat libur panjang dan akhir pekan.

Asal usul nama pulau ini cukup unik. Menurut cerita, ada kapal pengangkut beras yang harus singgah di pulau ini karena ganasnya ombak. Beban beras diturunkan karena basah terkena ombak laut, meskipun ombak laut di sekitar pulau cukup tenang, apalagi saat cuaca sedang bagus, jadi Anda bisa mandi atau berenang di waktu senggang.

Harga tiket: Rp50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Kebahagiaan, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Bontang, DKI Jakarta.

10. Desa Tihi-Tihi dan Selangan

Desa Tihi-Tihi dan SelanganGambar oleh PLS 100 FM Makassar di Twitter

Destinasi wisata unik lainnya bisa ditemui di kedua desa ini karena menawarkan wisata keramba yang digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Memang dua desa tersebut menggunakan rumput laut sebagai makanan pokok.

Jika penasaran, Anda bisa mencoba kuliner rumput laut yang satu ini. Namun, Anda dapat yakin bahwa makanannya enak dan enak. Hasil budidayanya sudah menyebar ke berbagai wilayah Indonesia bahkan mancanegara. Hal ini dimungkinkan karena letaknya yang berada di tengah Selat Makassar yang memudahkan proses pelayaran ke berbagai lokasi.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Bontang Lestari, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

11. Teluk Kaba

Teluk KabaFoto oleh Linda Rizki di Google Maps

Destinasi wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai, jadi kalian semua bisa datang ke sini jika sudah berada di TNK. Ada berbagai fasilitas outdoor seperti snorkeling, camping, penjelajahan hutan dan tracking.

Tempat ini akan sangat cocok bagi wisatawan yang sangat mencintai alam dan memiliki jiwa petualang yang kuat. Karena Anda harus berusaha lebih keras untuk sampai ke tempat ini. Namun jangan khawatir, karena jerih payah Anda akan terbayar dengan keindahan Teluk Kaba.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur.

12. Pulau Gusung

Pulau GusungGambar oleh Ra di Twitter

Pulau ini bisa menjadi tempat wisata alternatif bagi anda yang ingin berkunjung atau menginap untuk menikmati indahnya malam. Anda membutuhkan waktu maksimal 30 menit dengan kapal dari pelabuhan Tanjung Limau Bontang.

Melewatinya, Anda bisa melihat pabrik pengolahan yang merupakan salah satu pusat mata pencaharian penduduk setempat. Namun, waktu terbaik adalah saat malam tiba. Karena kamu bisa menikmati keindahan langit malam, kelap-kelip lampu pabrik dan lain-lain di malam hari.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Guntung, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

13. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK)Foto oleh Serlina Sombo di Google Maps

Sebagai taman nasional, Anda bisa menemukan berbagai tumbuhan dan hewan di sini. Tempat ini juga digunakan sebagai pusat penelitian flora dan fauna, area berkemah bagi pramuka dan mapala serta area pendidikan alam bagi pengunjung.

Taman nasional ini memiliki luas sekitar 200 ha, sehingga Anda bisa melihat berbagai jenis hutan di tempat ini. Anda bisa menemukan berbagai tanaman dan pohon seperti anggrek hutan, meranti, bakau, bunga bangkai dan lain-lain. Sebagian besar penghuni taman ini adalah orangutan, monyet ekor panjang, bekantan dan lain-lain.

Harga tiket: Rp1.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Awang Long No.33, Bontang Baru, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Nah itulah 13 destinasi wisata di Bontang yang bisa dijadikan pilihan saat berlibur ke kota ini. Semua tempat wisata ini memiliki kekhasan dan keindahannya masing-masing dan sudah pasti anda akan betah disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button