Kabupaten Bandung akan memiliki 100 desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Bandung akan memiliki 100 desa wisata

Rancangan program pengembangan 100 desa wisata di Kabupaten Bandung kini telah dibicarakan, seperti yang diumumkan belum lama ini oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.

Rencana pengembangan 100 desa wisata ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bandung untuk memanfaatkan potensi alam dan budaya yang ada serta memperkuat potensi masyarakat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang lebih merata di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

Wawan Ahmad Ridwan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, mengatakan hingga 50 dari 100 desa wisata yang diserang kini telah resmi ditetapkan sebagai desa percontohan.

Saat ini terdapat sekitar 10 desa wisata yang ditetapkan sebagai desa wisata oleh Bupati Bandung, semuanya berdasarkan SK Bupati Bandung No. 556,42/Kop72-Dispopar/2011. Diantaranya Desa Rawabogo, Desa Laksana, Desa Cibolerang, Desa Cinunuk, Desa Ciburial, Desa Lamajang, Desa Jelekong, Desa Lebak Muncang, Desa Panundaan, Desa Gambung dan Desa Alam Endah.

Kepala Disparbud Kabupaten Bandung berharap wacana desa wisata ini segera direalisasikan, dan menurut dia, pengembangan desa wisata dapat menjadi stimulus perekonomian yang semakin berkembang bagi masyarakat sekitar.

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banudng Aten Sonadi mengatakan desa yang tidak memiliki potensi alam akan dikembangkan menjadi desa wisata buatan, dan tentunya dengan tetap mengedepankan kearifan budaya lokal yang ada di dalam Desa. Seperti potensi wisata kuliner, seni budaya dan beberapa aspek lain yang memiliki potensi di desa tersebut.

Terlepas dari semua itu, Aten mengatakan penting untuk meningkatkan kesadaran tentang fondasi pariwisata berkelanjutan dalam tahap pengembangan desa peristirahatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button