Gubernur Khofifah meminta masyarakat menjaga kelestarian Taman Nasional Baluran - WisataHits
Jawa Barat

Gubernur Khofifah meminta masyarakat menjaga kelestarian Taman Nasional Baluran

Gubernur Khofifah meminta masyarakat menjaga kelestarian Taman Nasional Baluran

Senin, 9 Januari 2023 | 16:14 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Surabaya, InfoPublik – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap dengan peresmian Jalan Merak Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo sepanjang 10 Km ini dapat mengingatkan masyarakat untuk menjaga ekosistem Taman Nasional Baluran.

“Jalan Merak Baluran membelah taman nasional, semoga bisa membawa manfaat bagi masyarakat. Mari bersama-sama menjaga daya dukung alam, daya dukung lingkungan dan ekosistem Taman Nasional Baluran,” harap Gubernur Khofifah, Senin (1/9/2023). ).

Gubernur melanjutkan, pemerintah daerah dan provinsi sedang meningkatkan konektivitas masyarakat, namun proses membangun akses bukanlah hal yang sederhana.

Pasalnya, untuk membelah taman nasional, Bupati Situbondo Karna Suswandi harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Izin pengaspalan sudah keluar, tinggal pembiayaannya saja yang kurang. Kalau lebar jalan tujuh meter itu terserah Pemprov, tapi jalan Merak-Baluran lebarnya hanya tiga meter, jadi milik Pemda. wilayah kabupaten.

Menurut Gubernur, Pembangunan Jalan Kabupaten dapat memanfaatkan Bantuan Keuangan (BK) yang dikelola oleh Pemkab sendiri.

“Apakah jalan ini diserahkan ke negara atau BK dilakukan oleh kabupaten sendiri, jadi ada mekanisme, SOP dan aturan anggaran yang perlu kita diskusikan agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaannya,” ujar gubernur.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan dengan akses jalan tersebut potensi wisata di wilayah Kabupaten Banyuputih dapat dikembangkan.

Ojek wisata pantai seperti Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pulau Kakapa, Pantai Kajang, Batu Hitam-Tour, Pantai Lempuyang, Pantai Sirondo, Pantai Balanan dan Pantai Bama siap menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ia mengatakan, tujuan pembangunan jalan sepanjang 10 km tersebut bukan untuk pendapatan asli daerah (PAD) melainkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar yang berjumlah sekitar 1.000 jiwa.

“Dengan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat meningkat, otomatis PAD akan mengikuti,” ujarnya.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button