Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Kota Surakarta - WisataHits
Jawa Timur

Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Kota Surakarta

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, dan Mohammed Bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab, meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Kota Surakarta, Jawa Tengah pagi ini, Senin (14/11/2022).

Sebelum peresmian, Jokowi dan Mohammed Bin Zayed menggelar salat sunah Masjid Tahiyatul.

Kedua kepala negara kemudian menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Masjid Agung Sheikh Zayed.

Setelah itu, Jokowi dan Mohammed Bin Zayed bersama-sama melihat arsitektur dan fasilitas masjid.

Pada kesempatan tersebut, sebagai tanda persahabatan, Presiden RI dan Presiden Uni Emirat Arab bersama-sama menanam pohon sala di pelataran Alun-Alun Utara Masjid Agung Sheikh Zayed.

Di penghujung rangkaian acara, Jokowi dan Mohammed bin Zayed berfoto bersama para tamu dan delegasi dari kedua negara.

Secara terpisah, DR. H. Adib, Direktur Pengembangan Agama Islam dan Syariah Kementerian Agama RI, menyatakan Masjid Sheikh Zayed merupakan miniatur Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas tiga hektar dan mampu menampung sekitar 10.000 jamaah.

Menurutnya, tempat ibadah tersebut merupakan pemberian atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab kepada Presiden Republik Indonesia.

“Ini merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab kepada Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia,” katanya, Senin (14/11/2022).

Nantinya, masjid tersebut dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Agung Syekh Zayed Solo yang dibentuk oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan melapor langsung kepada Menteri Agama.

Adib berharap Masjid Agung Sheikh Zayed dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kota Solo dan seluruh umat Islam di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama meramaikan masjid dan keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi icon baru khususnya di Solo, tidak hanya sebagai pusat syiar agama tetapi terutama sebagai pusat destinasi wisata religi baru di Solo dan Jawa Tengah. .”secara umum,” ujarnya. (rid)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button