Presiden Uni Emirat Arab meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed seorang diri - WisataHits
Jawa Tengah

Presiden Uni Emirat Arab meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed seorang diri

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengumumkan bahwa Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), akan meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pertengahan November 2022.

Ma’ruf Amin mengatakan MBZ menyampaikan rencana tersebut saat keduanya menggelar pertemuan bilateral di Istana Al Shatie di Abu Dhabi, Rabu (11/2/2022).

“Saya juga menyampaikan apresiasi karena selain KTT, beliau juga akan meresmikan Masjid Agung Syekh Zayed di Solo dan sebelumnya mengatakan, ‘Saya akan shalat di sana bersama Presiden Joko Widodo dan umat Islam di sana,’” kata Ma’ruf dalam keterangan videonya.

Ma’ruf kemudian menyampaikan apresiasinya kepada MBZ yang telah mendukung Kepresidenan Indonesia di G20 dan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca Juga: Wapres Terbang ke Timur Tengah dan Temui Presiden UEA Hadiri KTT Perubahan Iklim

“Saya berharap dia akan terus mendukungnya sampai KTT selesai, untuk mengambil keputusan, untuk menghasilkan komunikasi yang juga dapat menghasilkan bentuk-bentuk kerja sama konkrit yang bermanfaat bagi dunia,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf Amin berharap kerja sama Indonesia dan UEA dalam mempromosikan Islam moderat dapat ditingkatkan.

Salah satunya dengan mengirimkan imam-imam dari Indonesia untuk berdakwah di masjid-masjid UEA.

“Saat ini Indonesia telah mengirimkan 70 imam dari Indonesia ke PEA. Saya yakin dengan (dukungan Yang Mulia) target pengiriman 200 imam akan lebih mudah tercapai,” ujarnya.

Ma’ruf Amin juga berterima kasih kepada Pemerintah UEA yang telah mendukung pembangunan KBRI Abu Dhabi dan Wisma Duta Indonesia yang baru.

Baca Juga: Masjid Agung Sheikh Zayed Solo Hadiah Pangeran UEA Diresmikan 17 November

Sedangkan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA. Dengan demikian, konstruksi dirancang sesuai dengan aslinya.

Masjid ini adalah hadiah MBZ untuk Jokowi. Hingga akhir Oktober, pembangunan masjid sudah 90 persen selesai dan bisa diresmikan.

Masjid ini konon terbesar di kota Solo.

Baca Juga: Temui Masjid Agung Sheikh Zayed, Hadiah Jokowi dari Pangeran Uni Emirat Arab

Selain itu, keberadaannya dapat berkontribusi dalam daftar tempat wisata, khususnya wisata religi di kota berjuluk “The Spirit of Java”.

Ada sejumlah fasilitas di Masjid Agung Sheikh Zayed Solo. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, nantinya akan memiliki perpustakaan yang dapat digunakan untuk menambah fasilitas pendidikan bagi masyarakat.

Sebuah pusat Islam akan dibangun di sekitar kompleks masjid. Nantinya tempat itu bisa menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam.

Di Islamic Center akan ada TPA, Tafsir Alquran, madrasah dan wadah pengembangan ekonomi syariah dengan produk pasar halal.

Baca Juga: Temui Masjid Sheikh Zayed di Solo, Simbol Persahabatan Indonesia dan Uni Emirat Arab, Bisa Ditampung 10.000 Jamaah

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button