Unitomo bersedia mendukung pengembangan pariwisata di Kotabaru - WisataHits
Jawa Timur

Unitomo bersedia mendukung pengembangan pariwisata di Kotabaru

Unitomo bersedia mendukung pengembangan pariwisata di Kotabaru

SURABAYONLINE.CO, Surabaya – 15 delegasi dari Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya di bawah arahan Ketua Pelaksana Yayasan Pendidikan Cendekiawan Utama, Dr. Bachrul Amiq, SH, MH dan Rektor Dr. Siti Marwiyah, SH, MH berkunjung ke Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan pada 8-12 Januari 2023.

Kedatangan Unitomo Surabaya Group di Kabupaten Kotabaru ini diprakarsai dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru, menanggapi ajakan Bupati H. Sayed Jafar Alaydrus, HH Kotabaru, terkait monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Kotabaru.

Selain Ketua Pelaksana Yayasan Pendidikan Cendekia Utama dan Rektor Unitomo, delegasi Unitomo juga terdiri dari Dekan tiga fakultas yang akan terlibat langsung dalam pemantauan dan evaluasi perkembangan pariwisata Kotabaru, masing-masing Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi dan Dekan Fakultas Hukum yang diwakili oleh Pembantu Dekan I.

Pada masa pemerintahan Bupati Sayed Jafar Alaydrus, Kabupaten Kotabaru berupaya mendongkrak citranya sebagai destinasi wisata nasional dan internasional. Langkah itu diambil Bupati Sayed Jafar Alaydrus sejak menjabat pertama kali pada 2015.

Bupati Sayed Jafar Alaydrus menyampaikan harapannya dapat bekerja sama dengan Unitomo Surabaya untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor pariwisata Kabupaten Kotabaru. Bupati SJA sapaan akrab Sayed Jafar Alaydrus mengajak seluruh rombongan Unitomo untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Kabupaten Kotabaru antara lain Pantai Gedambaan, Makam Raja Cantung dan Raja Sigam, Gua Lowo, Hutan Wisata Meranti, Pantai Teluk Gosong, Wisata Jet Ski, Bukit Mamake dan tempat wisata lainnya.

Sementara itu, Rektor Unitomo, Dr. Siti Marwiyah, SH, MH mengaku takjub dengan keindahan alam dan pesona wisata di Kabupaten Kotabaru. DR Siti Marwiyah, SH, MH menyampaikan bahwa potensi wisata di Kabupaten Kotabaru tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia yang gencar dipromosikan hingga saat ini.

Dalam diskusi potensi wisata Kabupaten Kotabaru yang menghadirkan narasumber Rektor Unitomo Dr. Siti Marwiyah, SH, MH, Sekda Kabupaten Kotabaru, Drs Said Akhmad, MM dan Plt. Direktur Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, Risa Ahyani, SE, M.Si., di kawasan Hutan Wisata Meranti dengan peserta sejumlah perwakilan Masyarakat Desa Wisata Kabupaten Kotabaru, sejumlah Kontribusi Die dari tim Unitomo Surabaya menjadi catatan Disparpora Kabupaten Kotabaru untuk pengembangan potensi wisata daerah.

Kunjungan tim Unitomo Surabaya ke Kabupaten Kotabaru diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unitomo Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang ditandatangani oleh Rektor Unitomo, Dr. Siti Marwiyah, SH, MH dan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH MoU yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi antara lain tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Kotabaru berupa pemantauan dan evaluasi pengembangan pariwisata Kabupaten Kotabaru; Pengiriman mahasiswa Kabupaten Kotabaru ke Unitomo Surabaya untuk studi S1, S2 dan S3; serta peningkatan keterampilan dan kompetensi aparatur Pemerintah Kotabaru (ASN).

Selain itu, Fakultas Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya akan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Disparpora dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan rencana kegiatan literasi digital, pelatihan penyiaran dan pelaksanaan uji kompetensi wartawan (FM). (Ent)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button