Jember dan Bondowoso segera mengembangkan wisata udara - WisataHits
Jawa Timur

Jember dan Bondowoso segera mengembangkan wisata udara

Jember dan Bondowoso segera mengembangkan wisata udara

Jember (Beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember dan Bondowoso bersinergi mengembangkan penerbangan atau wisata udara. Nantinya tour ini akan menetapkan Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember sebagai titik keberangkatan.

“Wisata udara kelas menengah ke atas. Orang yang kekurangan waktu tapi ingin jalan-jalan,” kata Bupati Hendy Siswanto, ditulis Kamis (2/2/2023).

Tidak hanya Pemkab Jember dan Bondowoso saja yang terlibat, tetapi juga Universitas Muhammadiyah Malang dan PT Amaya yang sudah aktif di Jember. “Bandata Notohadinegoro Jember digunakan untuk take off, landing, dan parking pesawat,” kata Hendy.

Selain itu, Jember juga memiliki destinasi wisata yang indah seperti Bande Alit dan Gunung Argopuro yang dilihat dari udara. Bondowoso mengandalkan kawah Wurung.

“Harapannya, jika Kawah Wurung memiliki landasan yang mudah 500 meter, mereka (pesawat) berani mendarat. Ini titik awal pengenalan kearifan lokal di Bondowoso,” kata Hendy.

Dari ketinggian, Anda bisa melihat sederet titik di Kawah Wurung yang bisa digunakan sebagai landasan pacu pesawat terbang. Pemkab Jember sendiri siap memperbaiki infrastruktur di pantai Bande Alit agar bisa didarati. “Hanya perubahan kecil. Kalau turun ke Bandealit cantik banget,” kata Hendy.

Hendy menjajaki kemungkinan potensi wisata udara tersebut dengan baru terbang dari Bandara Notohadinegoro menuju Kawah Wurung.

“Pemandangan Kawah Wurung sangat indah. Sayangnya kami tidak bisa melihat Bande Alit karena awannya cukup tebal,” katanya.

Rencananya, penerbangan ini juga harus diarahkan ke Gunung Bromo. “Mudah-mudahan rutenya seperti ini: dari Jember ke Kawah Wurung, lalu ke Bande Alit, Puncak Piramida Bondowoso dan keliling ke Bromo. Dia mengatakan itu mungkin mendarat. Diperkirakan terbang mengitari lokasi tersebut akan memakan waktu satu jam hingga satu setengah jam,” kata Hendy.

Kecuali ada perubahan jadwal, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno dan Menko PMK Muhadjir Effendy akan berangkat ke Jember pada pertengahan Februari 2023.

“Nanti mereka akan melakukan perjalanan pesawat bersama dengan Gubernur, Bupati Jember dan Bupati Bondowoso,” kata Hendy.

Diskusi dilakukan dengan Pemprov Jatim mengenai model kerjasama antar daerah dalam pengembangan wisata udara. “Itu perintah gubernur. Pak Gubernur tertarik dengan wisata udara untuk melihat keindahan Jawa Timur,” kata Hendy. [wir/beq]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button