Labengki Pulau Konawe, surga laut tersembunyi yang kaya akan pesona - WisataHits
wisatahits

Labengki Pulau Konawe, surga laut tersembunyi yang kaya akan pesona

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 1.000.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Labengi, Kec. Kepulauan Lasolo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Labengki merupakan gugusan pulau yang secara geografis termasuk dalam wilayah Sulawesi Tenggara. Kumpulan pulau-pulau yang menghadap ke hutan alam sekitarnya dan perairan biru yang indah membuatnya mirip dengan wisata Raja Ampat di Papua.

Alhasil, banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini karena lebih dekat dengan Jawa atau kota besar lainnya dan biaya menuju kesana juga lebih murah. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pulau ini, berikut adalah beberapa informasinya.

Akan ada informasi tentang apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Labengki, rute menuju pulau tersebut dan atraksi yang membuat pulau ini begitu menarik sebagai salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Sebelum bertualang ke sana, Anda harus membaca dulu informasinya.

Daya Tarik Pulau Labengki

Objek Wisata Pulau LabengkiKredit Gambar: Google Maps PODCAST TV Resmi

Banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di Pulau Labengki. Inilah mengapa pulau ini diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan Indonesia di tahun-tahun mendatang. Jika penasaran apa saja yang menarik di pulau ini, simak daftarnya di sini.

1. Mirip dengan Raja Ampat

Yang paling menarik dari pulau ini adalah kemiripannya dengan Raja Ampat, Papua. Ya, sekilas gugusan pulau di sini memang mirip dengan Raja Ampat. Namun, tidak perlu jauh-jauh ke Papua, wisatawan bisa lebih menghemat akomodasi dan biaya di sini.

2. Kehidupan laut yang beragam

Snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut adalah suatu keharusan di sini. Mengapa? Karena tempat ini memang merupakan biota laut yang luar biasa. Selain ikan dan terumbu karang yang eksotis, kita juga bisa melihat berbagai makhluk laut lainnya sambil snorkeling.

3. Masih Tergolong Tenang dan Cantik

Pulau ini tidak terlalu sering dikunjungi wisatawan dan masih cukup asri. Jika kita mengunjungi pulau ini bukan kapan musim ramai atau saat musim liburan, maka kita akan merasa seperti berada di pulau pribadi. Tempatnya selalu tenang, tenang dan tentunya pemandangan yang indah.

4. Dihuni oleh Suku Bajo

Atraksi Pulau LabengkiKredit gambar: Google Maps Mochammad Nur Hadi

Suku Bajo adalah penduduk lokal pulau ini. Kehidupan suku Bajo sangat menarik dan unik untuk dijelajahi. Mereka juga sangat menyukai wisatawan, sehingga mereka menyukai wisatawan untuk mengajak mereka berinteraksi atau berkunjung ke rumahnya.

5. Teluk Cinta Pulau Labengki

Salah satu yang paling menarik adalah keberadaan teluk berbentuk hati. Ya, berry ini sering disebut “love berry” karena bentuknya yang unik. Teluk Cinta sangat indah jika dinikmati dari ketinggian dan wisatawan biasanya harus mendaki bukit (trekking) untuk melihatnya.

Wisatawan juga bisa menggunakan drone untuk melihat teluk cinta dengan jelas. Teluk dengan bentuk yang unik ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi dan wajib dikunjungi di kawasan mini Raja Ampat ini.

6. Pantai Pasir Merah

Di pulau Labengki terdapat beberapa pantai, diantaranya adalah pantai pasir merah. Pantai ini dinamakan demikian karena jika dilihat sepintas atau dari kejauhan, pasir pantai ini terlihat berwarna kemerahan dan jingga. Tentunya sangat indah dan memanjakan mata.

7. Banyak gua dengan stalagmit

Bagi yang tertarik dengan aktivitas caving, ada banyak gua dengan stalagmit yang indah di berbagai sudut pulau ini. Gua-gua ini memiliki bentuk yang unik dan eksotis untuk dilihat. Ini harus dikunjungi setiap kali kita datang ke pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Lokasi Pulau LabengkiKredit Gambar: Google Maps PODCAST TV Resmi

Untuk jalan menuju pulau eksotis ini, kita bisa memulainya dari Kota Kendari. Dari Kota Kendari kita akan menuju Kabupaten Konawe melalui jalur darat. Jika lancar, perjalanan bisa diselesaikan dalam waktu satu jam.

Dari Kabupaten Konawe menuju Pulau Labengki, perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan kapal. Biasanya, perjalanan laut ini berlangsung sekitar tiga hingga empat jam. Tapi tenang saja, pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah dan tidak akan membosankan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau LabengkiKredit Gambar: Google Maps PODCAST TV Resmi

Biaya perjalanan ke pulau ini bervariasi tergantung jenis wisata yang kita ambil. Jika kita bepergian seperti backpacker, kita bisa meminimalkan biaya perjalanan. Namun jika kita melakukan perjalanan yang terorganisir, biasanya untuk wisata 2 hari 3 malam tentu saja harganya berbeda.

Biaya rata-rata ditetapkan sekitar 1 hingga 2 juta rupee. Harga ini umumnya harga perjalanan gratis atau kunjungan grup animasi. Baik untuk private trip atau perjalanan intim bersama keluarga atau pasangan, harganya menjadi jauh lebih mahal, sekitar 5 jutaan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Labengki

Aktivitas di Pulau LabengkiKredit gambar: Google Maps Djai Yen

Bagi wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan atau bertamasya ke Pulau Labengki, jangan lupa untuk mencantumkan daftar kegiatan di bawah ini. Semua hal menarik tersebut bisa dilakukan di pulau ini dan pastinya akan membuat liburan Anda di pulau ini semakin tak terlupakan. Berikut daftarnya:

1. Snorkeling

Snorkeling bisa dibilang salah satu hal wajib bagi wisatawan yang datang ke pulau ini. Kapan kita bisa menikmati pemandangan bawah laut jika tidak snorkeling disini. Biota lautnya lengkap dan arus ombaknya tidak terlalu kuat sehingga aman untuk para amatir.

2. Berenang bersama lumba-lumba

Jika kita beruntung, saat kita menjelajahi perairan pulau ini, kita mungkin akan menjumpai sekawanan lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Ya, perairan pulau ini sering dilintasi kawanan lumba-lumba, yang tentunya akan menjadikannya salah satu situs yang paling menarik dan tak terlupakan.

3. Mendaki

Aktivitas seru di Pulau LabengkiKredit Gambar: Google Maps Jelajahi Sulawesi Tenggara

Apakah Anda suka kegiatan di luar ruangan? Jika demikian, kitab Yesus banyak membahas tentang pulau ini, salah satunya adalah trekking. Mendaki bukit di sini adalah suatu keharusan karena pemandangan sekitarnya sangat indah dan kita akan dihadiahi dengan pemandangan yang menakjubkan ketika kita mencapai puncak bukit.

4. Kunjungan bersejarah

Di pulau Labengki terdapat sebuah mercusuar yang sangat terkenal dan menjadi titik yang banyak dikunjungi wisatawan. Mercusuar ini sudah ada sejak zaman Belanda dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Lokasinya juga sangat menarik untuk difoto.

5. Kunjungi Konservasi Kerang Kima

Di pulau ini terdapat kawasan konservasi berbagai jenis kerang, termasuk kerang yang tergolong langka. Inilah mengapa wisata konservasi juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan di sini. Bagi yang memang tertarik untuk melestarikan hewan langka dan ingin mengenal lebih jauh tentang Kerang Kima, ada banyak fasilitas yang bisa memenuhi keinginan tersebut.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di Pulau LabengkiKredit gambar: Google Maps Irene Kuntjoro

Akomodasi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika kita akan mengunjungi pulau eksotis ini. Untungnya, ada banyak resor, kabin, hotel, homestay, dan segala macam akomodasi lainnya di sini. Beberapa yang terdekat adalah:

1. Pondok Pantai Labengki

Untuk backpacker atau mereka yang mengunjungi pulau ini dengan sedikit uang, pilihlah hostel kecil yang eksotis, termasuk Labengki Beach Hut. Hostel tepi laut ini sangat unik dan harganya juga murah, hanya berkisar 400-500.000 per malam.

2. Pondok & Vila di Laguna Kimaboe

Salah satu penginapan paling terkenal di pulau ini adalah Kimaboe Lagoon Cottage and Villa. Lokasi cukup strategis dan fasilitas lengkap. Dari hostel ini kita bisa melihat pemandangan indah langsung dari setiap kamar.

3. Resor Labengki Nirwana

Bagi yang ingin bersantai dan melepas lelah di pulau ini, jangan khawatir, di kawasan ini banyak terdapat resort, termasuk Labengki Nirwana Resort salah satunya. Fasilitasnya lengkap dan mewah. Cocok untuk pasangan yang sedang berbulan madu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau LabengkiKredit gambar: Google Maps Thomas Tjhong

Pulau Labengki memang sudah diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, khususnya di Indonesia bagian timur. Karena itu juga banyak fasilitas di pulau ini, antara lain berbagai jenis akomodasi dan juga fasilitas umum seperti toilet umum.

Suku Bajo sebagai penduduk lokal pulau ini juga beralih ke wisatawan. Mereka membuka rumah untuk kunjungan wisatawan dan membuat berbagai cinderamata dan kenang-kenangan yang dijual di berbagai pelosok pulau.

Jadi intinya tidak perlu takut kekurangan fasilitas karena di pulau ini sudah tersedia fasilitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Hal ini tentu menjadi poin positif untuk membuat pulau eksotis ini semakin populer di kancah wisata Indonesia.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui oleh wisatawan yang akan berwisata ke pulau cantik ini. Pulau ini unik dan menarik, sangat cocok sebagai tujuan wisata saat liburan panjang atau saat ingin bersantai. Keindahan Pulau Labengki memang tiada tara.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button