Bang Faiz Siapkan Kabupaten Cibogo Menjadi Ekowisata Berbasis Masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

Bang Faiz Siapkan Kabupaten Cibogo Menjadi Ekowisata Berbasis Masyarakat –

Kabarsukabumi.com – Subang, Kabupaten Cibogo tidak masuk dalam Daftar Destinasi Wisata (ODTW), sebagian besar wilayahnya merupakan pabrik industri, namun potensi pengembangan destinasi wisata di setiap daerah ada.

Seperti beberapa waktu lalu, Yayasan Gerakan Pemberdayaan Bangsa Indonesia bersama Klinik Madani menggelar sosialisasi pada Selasa (22/02) untuk percepatan pengembangan ECO pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Cibogo yang terletak di Desa Majasari. Balai Perkantoran, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Cibogo, Subang, kawasan masing-masing desa berpotensi menjadi eco wisata.

Menurut Abdurrahman Faiz As’ad atau biasa disapa Bang Faiz, Ketua Yayasan Gerakan Pemberdayaan Bangsa Indonesia Kabupaten Subang dalam sambutannya mengatakan: “Saya melihat potensi Kabupaten Cibogo, padahal banyak tempat wisata yang serius digarap. dikelola, apakah keterlibatan sangat penting bagi masyarakat dan pemerintah, seperti Situ Chinangsi, desa Chinangsi yang ada sekarang tetapi tidak berdampak pada masyarakat, semoga dengan acara kami kali ini dapat menjadi tempat wisata yang berkelanjutan dan berdampak ekonomi pada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Memang menurut pendapat Bang Faiz, kami telah didukung oleh kawasan yang strategis di tengah kota, dengan infrastruktur jalan yang baik dan dapat diakses dari mana-mana, “jadi kalau orang bisa beraktivitas, keberadaan tempat wisata di daerah kami untuk mengenali konsep ECO-tourism berbasis pemberdayaan masyarakat: “Saya percaya bahwa masyarakat akan berkembang, orang dapat mendirikan bisnis di sana seperti seni kuliner, suvenir dan pengelolaan tempat parkir, semua melibatkan masyarakat”.

Acara dihadiri oleh Camat Cibogo, Lurah dan perwakilan dari sembilan desa di Kecamatan Cibogo, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Subang, Dinas Promosi Masyarakat Desa Kecamatan Subang dan perwakilan dari Pemuda Olahraga Kabupaten Subang. dan Dinas Pariwisata.

Camat Cibogo, Sri Novia juga mengatakan hal yang sama dalam sambutannya, bahkan Sri sempat bersama staf Camat Cibogo untuk melakukan studi banding di daerah Semarang, ada desa yang tidak memiliki wisata alam, tetapi ada budaya tari mereka telah berkembang sedemikian rupa sehingga telah menjadi tujuan wisata dan orang-orang ingin pindah.

“Setelah mendengar pemaparan dari para nara sumber, ternyata banyak sekali potensi yang ada di Kecamatan Cibogo yang akan disulap menjadi cikal bakal desa wisata yang berkelanjutan, salah satunya adalah mendorong masyarakat untuk produktif. kegiatan untuk mencapai hal tersebut guna menunjang pendapatan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, Pemkab Cibogo bertekad untuk membangun kawasan wisata yang sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Cibogo dan sebagai penerapan Dokumen RPJMD Kabupaten Cibogo, Program Bupati Subang tentang Desa Wisata Lestari, Program Gubernur Barat Provinsi Jawa, Program Presiden dan Sustainable Development Goals (SDGs),” ujarnya.

Source: kabarsukabumi.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button