Kota Padang mempercantik Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya - WisataHits
Yogyakarta

Kota Padang mempercantik Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya

PADANG (ANTARA) – Pemerintah Kota Padang memperindah kota tua dan Jembatan Siti Nurbaya yang menjadi salah satu tempat wisata di daerah itu dengan mengecat ulang bekerjasama dengan produsen cat dalam negeri.

“Kawasan Kota Tua di Kabupaten Padang Selatan merupakan salah satu destinasi wisata dengan cita rasa masa lalu. Kami mempercantik kawasan dengan mengecat ulang gedung-gedung di kawasan itu agar lebih cerah,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Kamis. .

Menurutnya, pengecatan dimulai dari Kelenteng Sie Hien Kiong menuju Jembatan Siti Nurbaya berupa gedung, rumah dan pertokoan hingga Jembatan Siti Nururbaya.

“Ini juga sebagai upaya melestarikan cagar budaya, sehingga kunjungan wisatawan ke Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya semakin meningkat,” ujarnya.

Ia memastikan jika keindahan kota tua tetap terjaga, para wisatawan akan antusias datang berkunjung, yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang menyusun konsep untuk mempercantik kawasan kota tua dengan mencari miniatur rel kereta api tua untuk dijadikan pakaian adat.

“Jadi saat berkunjung ke daerah itu, auranya seperti tahun 1800-an,” ujarnya.

Wali Kota juga mengatakan, pihaknya saat ini fokus membersihkan Sungai Batang Arau yang juga berada di Kota Tua Padang.

“Pekan ini pengerukan sedimen lumpur akan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Wilayah Sungai Sumatera V,” ujarnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan bahwa kawasan Kota Tua juga merupakan simbol keberagaman dan toleransi di Kota Padang karena tidak hanya dihuni oleh warga Minang tetapi juga warga Tionghoa keturunan India.

Sementara itu, Gunawan Tedysukianto, ketua komunitas Tionghoa Padang, optimistis kawasan di sekitar jembatan Kota Tua dan Siti Nurbaya akan lebih ramai dikunjungi masyarakat setelahnya.

“Kedua tempat tersebut merupakan ikon wisata kota Padang, yang akan menarik lebih banyak pengunjung,” ujarnya.

Pengecatan kawasan Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya menghabiskan biaya 5.000 liter cat, yang didukung oleh produsen cat di Indonesia.

Sementara itu, Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia atau Akzonobel Decorative Paints Indonesia, mengatakan pengecatan ulang Jembatan Kota Tua dan Siti Nurbaya ini merupakan bagian dari inisiatif Lets Color untuk menambah warna kehidupan masyarakat.

“Kami percaya pada kekuatan warna untuk mengubah kehidupan dengan meningkatkan kehidupan masyarakat dan membuat lingkungan lebih indah dan menyenangkan,” katanya.

Pihaknya tidak hanya membantu seni lukis, tetapi juga mengadakan kelas melukis yang diikuti puluhan komunitas seni lukis Padang.

Pengecatan Kota Tua dan Jembatan Siti-Nurbaya merupakan salah satu program Lets Color yang berjalan sejak tahun 2016 dan telah dilakukan di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga dan Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button