Jaran Mas menghidupkan kembali Ebeg Mendem Masal dengan Curug Gomblang yang bergetar dari tahun 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Jaran Mas menghidupkan kembali Ebeg Mendem Masal dengan Curug Gomblang yang bergetar dari tahun 2023

Jaran Mas menghidupkan kembali Ebeg Mendem Masal dengan Curug Gomblang yang bergetar dari tahun 2023

Jaran Mas menghidupkan kembali Ebeg Mendem Masal dengan Curug Gomblang yang bergetar dari tahun 2023 Dengarkan artikel ini

Diterbitkan Senin 2 Januari 2023 oleh NKRIPOST

VIDEO: Jaran Mas Kembali Menghidupkan Ebeg Mendem Fair di Getars Curug Gomblang Mulai Tahun 2023

NKRI POS JAWA TENGAH – Perss Jateng melalui JARANMAS menggelar Ebeg Mendem Fair awal tahun 2023 pada Minggu 1/1/2023 di Curug Gomblang windu Sari, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas.

“Curug Gomblang memiliki panorama alam yang sangat indah, yang sangat digemari wisatawan. Di awal tahun 2023 akan terjadi banjir pengunjung dan getaran dengan suara musik gamelan yang sangat menyatu dengan suasana alam sebagai wahana wisata rohani,” ujar Kusnanto, juru kunci Terowongan Curug-Gomblang.

Penampilan massa Mendem/Wuru menampilkan kelompok Wahyu Turonggo yang dipimpin oleh dalang ebeg mbah Wage, dan kelompok ebeg Pager jaya, dalang ebeg mbah Sardi. Hadir rombongan Ebeg Sekar Arum Mugi yang melestarikan Kali Salak, rombongan Ebeg Turonggo, Seto, Aji sejati Dawuhan Wetan. Ribuan penikmat Ebeg Banyumasan hadir, tergila-gila dengan lagu misterius Banyumasan Eling Eling yang dinyanyikan sebagai lagu wajib dalam pagelaran EBEG, ujar H. Sabar Santoso, Ketua Dewan Pembina PERSS Jateng.

H. dengan sabar menyampaikan dalam sambutannya bahwa budaya Ebeg harus terus berkembang agar selalu terjaga dan tidak punah, karena ini merupakan warisan budaya leluhur khususnya di Banyumas Raya yang masih sangat menyukai hiburan rakyat terbukti setiap kali ada pertunjukan Ebeg , para pengunjung akan luar biasa.

Curug Gomblang di awal tahun 2023 ini sudah menjadi saksi dan bukti, meski tempatnya jauh, pengunjung tetap bersemangat untuk melihat dan mengikuti wuru masal dari berbagai kelompok ebeg yang hadir, boneka ebeng buatan masing-masing didampingi perintis ebeg.

Pers Jawa Tengah terus memberikan pembinaan kepada anggota seniman yang tergabung dalam Persatuan Seniman Satria Jawa Tengah untuk dapat membawakan gelar budaya bagi anggotanya. diciptakan oleh seniman Ageng Kiwi Komando.

“Saya mohon doanya untuk para seniman agar bisa menggunakan venue ini untuk pagelaran seni untuk mengundang pengunjung ke Curug Gomblang,” tegasnya.

Jaran Mas menghidupkan kembali Ebeg Mendem Masal dengan Curug Gomblang yang bergetar dari tahun 2023

BACA JUGA:

Sanggar Seni Putro Wahyu Kencono menyelenggarakan pertunjukan tari Ebeg dan melestarikan budaya melalui kesenian daerah

Srikandy Heppy merayakan Hari Ibu bersama para ibu di Kebaya di Warung Perahu

Peresmian Badan Kebudayaan Nasdem Jateng dimeriahkan oleh H. Sabar Santoso dengan Ebeg Cahaya Budaya

Ketua Panitia Wayang Waluyo Sunar mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa, tokoh masyarakat desa Kalisalak dan Windujaya, serta seniman Ebeg yang hadir memeriahkan acara ini dan Slamet Sudarso, Ketua JARAN MAS, yang telah mendukung acara budaya air terjun Gomlang ini.

“Dengan suksesnya acara ini, kami akan melanjutkan gelar budaya yang dinantikan. (Ryan)

VIDEO YANG DIREKOMENDASIKAN:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button