Borobudur Marathon 2022 Kendarai Olah Raga, Ekonomi dan Wisata Budaya di Magelang, Wow! - WisataHits
Yogyakarta

Borobudur Marathon 2022 Kendarai Olah Raga, Ekonomi dan Wisata Budaya di Magelang, Wow!

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng sukses digelar mulai Sabtu (12/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022). Lomba lari ini bertujuan untuk menjadi lokomotif penggerak laju pariwisata, ekonomi lokal dan pertukaran budaya. Wow!

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/11/2022), Borobudur Marathon diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon. Acara ini didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

Lomba tersebut terdiri dari tiga kategori yaitu Borobudur Marathon Elite Race, Bank Jateng Young Talent dan Bank Jateng View Temples. Borobudur Marathon Elite Race merupakan kompetisi lari bagi para atlet nasional dengan jarak lari 42,195 kilometer (km). Ada 37 atlet nasional yang mengikuti ajang ini, dengan rincian 26 atlet putra dan 11 atlet putri.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, General Manager Bank Jateng Supriyatno, Deputy General Manager Harian Kompas Budiman Tanuredjo dan Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono dalam jumpa pers di Magelang (11/11/2022). (Foto: Doc Borobudur Marathon 2022)

Kemudian Bank Jateng Young Talent mengikuti lomba lari 10 km yang diikuti oleh 30 pelari muda. Ajang ini merupakan wadah bagi talenta muda berusia 15-18 tahun dan regenerasi pelari jarak jauh.

Sedangkan Kelenteng Bank Jateng View menyusul dengan jarak lari 21.097 km dari pelari umum. Kategori ini menggunakan sistem voting dan diikuti oleh 4.552 orang. Start dan finish Borobudur Marathon 2022 berlokasi di Taman Lumbini, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Acara ini menampilkan rute yang menantang di pedesaan sekitar kawasan Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Borobudur Marathon 2022 merupakan ajang unjuk prestasi. “Kami berharap (event) ini bisa menjadi inspirasi bagi para atlet atau calon atlet untuk menjadi yang terbaik,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, Borobudur Marathon 2022 bukan sekadar lomba lari, tapi juga ajang jalan-jalan, belanja produk usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), serta menonton pentas seni.

Seri Borobudur Marathon 2022

Borobudur Marathon dirancang untuk menyenangkan bagi semua kalangan, baik pelari maupun non-pelari, penduduk setempat, dan pengunjung. Sejumlah acara turut memeriahkan acara ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo dan Bazar Buku. Pasar Harmoni merupakan bazaar kerajinan dan kuliner karya UMKM Magelang yang tergabung dalam Pawone Group. Grup ini diinisiasi Harian Kompas sejak 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 UKM, dengan informasi 13 UKM di bidang kuliner dan 9 UKM di bidang kerajinan. Kemudian Race Expo merupakan pameran publik yang merupakan penyambutan bagi para pelari sekaligus sebagai showcase budaya Jawa Tengah. Terdapat terowongan khusus yang menampilkan secara visual catatan lintasan para pelari elite Borobudur Marathon 2017-2021.

Sedangkan Race Expo merupakan wadah bagi peserta Bank Jateng untuk berkeliling pura dan mengambil perlengkapan balap (racepack). Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pawai budaya dan jenis hiburan lainnya di sini. Bazaar Buku akan diselenggarakan mulai 11 hingga 14 November 2022 di Bentara Budaya Yogyakarta dan mulai 11 hingga 13 November 2022 di Kompas Lounge di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Bazar buku ini menawarkan diskon buku hingga 50 persen.

Kepala Eksekutif Bank Jateng Supriyatno meyakini Borobudur marathon 2022 dapat mendongkrak sport tourism serta pariwisata dan budaya di Magelang. Menurutnya, acara ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Kota Magelang dan sekitarnya. “(Karena) perekonomian masyarakat bisa terdongkrak dengan banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Supriyatno.

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon 2022 juga akan meningkatkan okupansi hotel, wisma, dan jenis akomodasi lainnya untuk mendongkrak pendapatan usaha. Sementara itu, Bazar Kuliner dan Kerajinan Magelang menjadi penggerak perekonomian dengan para UMKM yang dikurasi hadir dalam acara tersebut.

Semangat Borobudur Marathon 2022 dituangkan dalam slogan “Stronger to Victory”. Wakil Manajer Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, isu tersebut sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai daerah pascapandemi Covid-19. “Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, kali ini para peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak untuk bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan diri untuk menantikan kemenangan. secara umum,” kata Budiman.

Sebagai informasi: Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng dengan motto “Stronger to Victory” juga didukung oleh Isoplus sebagai official isotonic partner dan Aqua sebagai official water partner.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button