Jangan selalu ke mall saat liburan akhir pekan, simak 4 tempat wisata kreatif berikut ini - WisataHits
Jawa Barat

Jangan selalu ke mall saat liburan akhir pekan, simak 4 tempat wisata kreatif berikut ini

TEMPO.CO, jakarta – Liburan akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang tidak bisa dilakukan selama bekerja. Pergi ke mall atau nongkrong di kedai kopi bisa jadi hal yang biasa. Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, ada aktivitas menyenangkan yang bisa Anda coba, yaitu kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dapat menghilangkan rasa lelah sekaligus menambah wawasan dan kreativitas. Berikut empat tempat yang direkomendasikan untuk mengeksplorasi kreativitas untuk dikunjungi di Jakarta:

1. MoPaint & RoJabyMoJA Pantjoran PIK

Museum Moja baru saja membuka cabang di Pantjoran PIK. Sebelumnya, ada cabang lain di Mall of Indonesia dan kawasan Gelora Bung Karno. MoPaint dan RoJabyMoJA yang resmi dibuka pada 8 Oktober 2022 berlokasi di Jalan Pantjoran Pantai Indah Kapuk.

Jika Anda ingin mencoba melukis, pengunjung dapat membeli tiket MoPaint. Tiket tersebut sudah termasuk jas hujan agar baju tidak terkena cat, kanvas dan cat yang warnanya sama sekali berbeda. Setelah pengecatan, lukisan bisa menyala di ruangan gelap karena cat khusus yang digunakan.

Selain melukis, pengunjung bisa bermain sepatu roda dengan membeli tiket RoJabyMoJA. Pengunjung bisa berseluncur dan berfoto di antara spot-spot foto yang instagrammable. Kisaran harga untuk masuk ke tempat seni ini adalah Rp 110.000.

2. Studio Cat Tufting & Bearbrick

Studio rumbai pertama di Jakarta berlokasi di Kopi Dari Hati, Lantai 3, Ruko Beach View Golf Island, Pantai Indah Kapuk. Tempat ini mulai bekerja dari pukul 10 pagi hingga 10 malam WIB.

Tufting adalah jenis manufaktur tekstil yang digunakan untuk membuat pakaian hangat, sarung tangan, atau bahkan permadani. Pelatihan Tufting menyediakan desain dan alat.

Selain rumbai, studio ini menawarkan lukisan campuran warna yang dituangkan ke boneka beruang untuk dijadikan pajangan. Harga Bearbrick Paint tergantung dari ukuran beruang yang Anda pilih mulai dari Rp 99.000 per orang. Tufting juga tergantung ukuran yang dipilih dan mulai dari Rp 388.000 per orang.

3. Bengkel tembikar di kota tua

Workshop tembikar ditawarkan di Museum Seni Rupa dan Keramik di Jalan Pos Kota No. 2, Jakarta Barat. Tempat ini beroperasi Selasa hingga Minggu dari pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

Workshop ini berbiaya Rp 50.000 per orang dengan durasi pelatihan sekitar 30 hingga 45 menit menggunakan teknik spinning wheel tanpa proses burning. pemesanan online hanya dapat dilakukan dari Selasa hingga Jumat dengan minimal 4 peserta. Berlaku hanya di hari Sabtu dan Minggu pemesanan di lokasi dan segera.

Tiket masuk ke museum tidak termasuk dalam harga kursus pelatihan tembikar. Biaya masuk museum ini sangat terjangkau, Rp 5.000 untuk pengunjung umum dan Rp 3.000 untuk pelajar.

4. Batik di Museum Tekstil

Jika Anda ingin mengetahui cara pembuatan tie-dye dan mencoba membuat kain tie-dye dengan desain Anda sendiri, kunjungi Museum Tekstil di 2-4 Jalan Aipda KS Tubun, Jakarta Barat. Tiket masuk museum dibanderol Rp 5.000 untuk umum, Rp 3.000 untuk pelajar, dan Rp 2.000 untuk pelajar.

Biaya tie dye Rp 40.000 karena biaya kain dan canting. Tempat ini buka dari hari Selasa hingga Minggu dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Selain edukasi membatik, pengunjung museum dapat melihat berbagai kain dengan motif berbeda dari nusantara. Liburan akhir pekan bisa bermanfaat dan sekaligus memperluas pengetahuan.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Ide Wisata Lengkap Liburan Akhir Pekan ke Bandung 3 Hari 2 Malam

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button