Tiket dan Atraksi HODA STONE BEACH - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi HODA STONE BEACH

Tiket dan Atraksi HODA STONE BEACH

Harga tiket masuk pantai Batu Hoda : Rp 20.000. Jam buka: 09:30 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Desa, Cinta Dame, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, 22395.

Pulau Samosir sepertinya tidak pernah berhenti memanjakan wisatawan dengan keindahannya. Selain melihat keindahan Danau Toba, Samosir memiliki beberapa pantai tepi danau yang memukau. salah satunya adalah Pantai Batu Hoda.

Pantai ini terletak di tepi Danau Toba. Sejauh mata memandang, pengunjung akan menemukan keindahan tebing Danau Toba berpadu dengan birunya air danau. Pepohonan tumbuh berjejer rapi seolah bermain di pulau pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Hoda Batu

Saat memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harganya cukup terjangkau. Bagi yang ingin berkemah, akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya masuk
Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp 20.000

Baca: TELE Samosir TOWER VIEWS Tiket Masuk dan Atraksi Terbaik

Jam operasional

Pengunjung bisa pergi ke pantai setiap hari dari pagi hingga sore hari. Meski demikian, pengunjung tetap bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam sambil berkemah.

Jam operasional
Senin minggu 09.30 – 18.00

Objek Wisata Pantai Batu Hoda

Tak kalah menarik dari Pantai Pasir Putih Parbaba, Batu Hoda juga memiliki pesona tersendiri. Pantai yang terletak di ujung utara Pulau Samosir ini kerap menjadi tujuan wisata keluarga bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca: Tiket Masuk PANTAI PARBABA dan Aktivitas Serunya

Tempat wisata ramah anak

Meeting point dan lokasi persewaan pelampung di Pantai Batu HodaMeeting point dan pintu masuk ke Pantai Batu Hoda -Foto: Googlemaps/ Merlin Hutagalung

Salah satu poin penting dalam memilih wisata alam adalah lokasi wisata yang ramah anak. Pantai Batu Hoda menawarkan banyak permainan untuk anak-anak tercinta. Permainan air seperti pelampung, perahu pisang, sepeda air atau permainan darat seperti rumah pohon dan taman bermain anak juga tersedia.

Sambil menunggu anak-anak berenang di pantai, para orang tua bisa bersantai di gazebo-gazebo yang disediakan. Para ayah bisa menghabiskan waktunya dengan memancing atau bermain sepak bola dan voli pantai.

Baca: PULAU SAMOSIR: 4 Tempat Wisata Terbaik

Hoda Stone sebagai simbol kesetiaan

Batu Hoda atau patung kuda sebagai ikon pantai Batu Hoda.  Simbol kesetiaan dan cinta abadiBatu Hoda atau patung kuda sebagai ikon pantai Batu Hoda. Simbol kesetiaan dan cinta abadi – Foto: googlemaps/ Lenny Romauli

Batu Hoda atau Batu Kuda adalah patung berbentuk kuda yang sering disimbolkan sebagai lambang kesetiaan. Hal ini tak luput dari mitos yang berkembang seputar keberadaan Batu Kuda di pantai yang berbatasan dengan Toba.

Pantai ini konon memiliki mitos tentang cinta dan harapan abadi, dengan waktu dan alam. Mitos tersebut menceritakan tentang seekor kuda betina yang menyeberangi danau untuk menunggu kuda jantan menjadi pasangannya.

Dia menunggu di tepi benua tetapi tidak pernah datang. Sang betina tetap menunggu meskipun penduduk setempat telah memintanya untuk pergi. Waktu berlalu, kuda betina itu masih menunggu hingga akhirnya berubah menjadi batu.

Baca: Tiket Masuk HILL HOLBUNG Samosir dan Kegiatannya

Batu kuda ini dikatakan sebagai simbol cinta dan kesetiaan tanpa batas. Mitos ini tentu saja menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. Banyak pengunjung datang hanya untuk mengabadikan foto dengan simbol cinta abadi. Tak sedikit pengunjung yang telah mengikat janji setia di sana.

Kecantikan yang Terjaga

Pengunjung dapat bersantai di kursi berjemur yang disediakan pengelolaPengunjung bisa bersantai di kursi geladak yang disediakan pengelola -Foto: googlemaps/Pantai Batuhoda

Keindahan objek wisata pantai ini memang sangat terjaga. Sang pawang melakukan perawatan rutin agar tetap asri dan menyatu dengan alam. Untuk itu, meski menawarkan banyak fasilitas penunjang wisata, namun pengelola dengan lihai menata fasilitas tersebut agar tidak mengganggu pemandangan dan keindahan pantai.

Pepohonan di sekitar pantai tidak ditebang namun tetap dipelihara dan ditata sesuai adat setempat. Penggunaan kain yang dililitkan pada batang pohon dengan warna putih, merah dan hitam merupakan warna khas masyarakat Batak.

Baca: Tiket Masuk EFRATA WATERFALL dan Berbagai Kegiatannya

Kemudahan

Tugu Hati dan Tugu adalah beberapa spot selfie di Pantai Batu HodaTugu hati dan menara adalah beberapa spot selfie – Foto: googlemaps /Pantai Batuhoda

Pengunjung tak perlu khawatir soal fasilitas. Meski baru dibuka untuk umum pada September 2018 lalu, pihak pengelola menggandeng masyarakat sekitar untuk menghadirkan berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut antara lain tempat bermain anak, tempat pemancingan, wisata makanan halal, rumah pohon, olahraga baharigazebo, cafe, mushola, kamar mandi, tempat penginapan tempat perkemahan.

Lokasi dan rute

Pantai Batu Hoda terletak di tepi Danau Toba, tepatnya di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Akses menuju pantai ini cukup mudah, Anda bisa melalui Pelabuhan Tomok atau Tuktuk kemudian ambil kanan ikuti jalan menuju lingkar Samosir. Selain itu, Pantai Batu Hoda juga sangat mudah diakses dari Pelabuhan Simanindo. Jarak tempuh dari kota Medan ke lokasi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button