Hampir 4 juta, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon pada tahun 2022 akan meningkat 100 persen - WisataHits
Jawa Barat

Hampir 4 juta, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon pada tahun 2022 akan meningkat 100 persen

Hampir 4 juta, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon pada tahun 2022 akan meningkat 100 persen

CIREBON, KOMPAS.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, menemukan jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Kota Cirebon pada tahun 2022 mencapai hampir 4 juta orang, tepatnya 3.947.500 kunjungan.

“Jumlah kunjungan tahun 2022 sebanyak 3.947.500 juta kunjungan, dari target sekitar 2,3 juta orang. Rangkuman data jumlah kunjungan ini diperoleh setelah libur panjang, natal, tahun baru dan liburan sekolah,” kata Eha Suhati, Fungsional Pariwisata Adyatama dan Pengrajin Muda Disbudpar Kota Cirebon, kepada Kompas.com di kantornya.

Peningkatan jumlah pengunjung tersebut berasal dari wisatawan mancanegara maupun lokal.

Baca Juga: PT KAI Daop III Cirebon Resmikan KA Lori Dresin Untuk Siaga Siaga Bencana

Berdasarkan data, mereka menggunakan berbagai fasilitas di bidang pariwisata yang sudah tersedia, antara lain hotel berbintang, hotel non bintang, rumah makan (restaurant), tempat wisata dan event.

Eha mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung di atas 100 persen diprediksi karena banyaknya sajian wisata di Kota Cirebon, khususnya wisata kuliner.

Cukup banyak wisatawan yang datang untuk menikmati kuliner legendaris khas Cirebon.

Baca Juga: Bandung Sebut Kota Gotham, Ridwan Kamil: Itu PR Biasa

Selain itu, Kota Cirebon juga sangat mudah dijangkau dari ibu kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui Tol Cipali dan kereta menuju Bandara Internasional Kertajati.

“Cirebon lebih dikenal dengan wisata kulinernya, sehingga tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Cirebon berburu makanan khas seperti empal gentong, nasi jamblang, nasi lingko dan lain-lain. Anda juga sangat mudah untuk sampai ke Cirebon. 3 sampai 4 jam untuk tiba di Cirebon dengan mobil via Cipali, kereta dan lain-lain,” tambah Eha.

Kenaikan pesat ini juga diramalkan karena tidak ada pembatasan seperti tahun 2020 dan 2021 akibat Covid-19. Sehingga masyarakat bisa berwisata.

Meski demikian, Pemerintah Kota Cirebon dan pihak terkait tetap mengajak dan mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button