Memperkenalkan Kahuripan Kampung Tajur melalui Road to Urban Village Festival - WisataHits
Jawa Barat

Memperkenalkan Kahuripan Kampung Tajur melalui Road to Urban Village Festival

INDOPOS.CO.ID – Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi (Prodi) Universitas Telekom menyelenggarakan Road to Urban Village Festival, pre-event to the “Urban Village” yang berlangsung pada 7 Januari 2023 di Universitas Telekom.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan Desa Wisata Budaya Jawa Barat (Jabar) kepada khalayak luas khususnya masyarakat Jawa Barat. Road to Urban Village Festival menghadirkan delapan desa wisata budaya dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Salah satu desa wisata yang akan diperkenalkan kepada masyarakat adalah Kampung Wisata Kampung Tajur dengan branding Nusaena Tajur, menggelar “Road to Urban Village Festival” pada Minggu, 4 Desember 2022 di Centrum Music Park, Kota Bandung.

Kampung Wisata Kampung Tajur yang terletak di Desa Pasanggrahan Kabupaten Purwakarta berpotensi menjadi desa wisata budaya karena keindahannya dan masih sarat dengan adat dan budaya. Beberapa hal tradisional yang masih menjadi keistimewaan desa ini yaitu adanya budaya Tuuntungan dan pelestarian rumah adat “Julang Ngapak”.

Keunikan desa ini dapat dinikmati oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke desa tersebut. Nuansa alam dan rumah khas hitam putih Julang Ngapak menjadi daya tarik Kampung Tajur karena semua rumah di kampung ini memiliki bentuk dan warna yang sama.

Nusaena Tajur mengikuti Road to Urban Village Festival yang diadakan untuk memperkenalkan kehidupan di Desa Tajur dan menghadirkan booth bertemakan kehidupan desa di Tajur dengan berbagai dekorasi tradisional khas Desa Tajur.

Pada festival ini, Nusaena Tajur ikut pawai dengan menggunakan atribut khas Kampung Tajur seperti rumah Julang Ngapak dan membawa peralatan rumah tangga sebagai bentuk kampanye Tajur Bebersih.

Rute pawai dimulai dari SMAN 5 Bandung, melewati SMAN 3, Kodam, Taman Maluku, Gor Samawa, TNI AD dan berakhir di tempat diselenggarakannya acara yaitu Taman Musik. Tak hanya itu, Nusaena Tajur juga menyuguhkan drama musikal yang berisi pesan-pesan tentang rumah khas Kampung Tajur.

Selain mahasiswa yang mengikuti rangkaian acara, Road to Urban Village juga dihadiri oleh dosen dari jurusan Ilmu Komunikasi, Telkom University dan beberapa Pentahelix, salah satu Pentahelix yang turut mendukung dan meramaikan booth Nusaena Tajur adalah Mojang Jajaka, Kota Bandung.

Para pemandu dan Mojang Jajaka turut mendukung dan menghidupkan booth Nusaena Tajur, termasuk berfoto bersama dengan bingkai rumah khas desa Tajur, yaitu Julang Ngapak. (aro)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button