Jalan-jalan sore ke Pura Ngempon, tempat di mana Anda bisa belajar dari para empu kuno - WisataHits
Jawa Tengah

Jalan-jalan sore ke Pura Ngempon, tempat di mana Anda bisa belajar dari para empu kuno

Rabu, 20 Juli 2022 – 15:33 WIB

Perjalanan VIVA – Candi Ngempon terletak di Desa Ngempon, Kecamatan Klepu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 30 kilometer arah selatan kota Semarang. Meskipun dekat dengan daerah pemukiman, itu terselip di lembah pohon yang dibatasi oleh sungai.

Meski terletak di Klepu, akses menuju Candi Nempon lebih mudah dari kabupaten Bawen. Karena jika Anda datang dari desa Nempon Klepu, Anda harus memarkir kendaraan di desa kemudian berjalan jauh menyusuri jalan setapak di tengah taman desa.

Jika Anda melalui Bawen, Anda dapat mencapainya melalui jalan di sebelah pasar Harjosari dengan jarak sekitar 3 kilometer. Mobil dan roda dua bisa parkir tepat di kawasan wisata Pemandian Air Panas Derekan. Dari sini, cukup berjalan melintasi jembatan dan mencapai Candi Ngempon.

Menurut juru kunci Paryanto (40) yang merawat Candi Ngempon, nama Candi Ngempon berasal dari kata empu. Jadi di sinilah tempat bagi mereka yang akan menjadi juara.

“Jadi pada zaman kerajaan banyak orang yang empu atau ngempon, dalam proses menjadi empu. Mereka berasal dari kasta Brahmana, terlatih dalam Kanuragan, sastra budaya dan spiritualitas. Makanya kawasan candi ini disebut Candi Ngempon,” jelasnya.

Kompleks Candi Ngempon menempati area seluas sekitar 1.000 meter persegi milik Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Di sekelilingnya adalah sawah dan ladang. Ketika ditemukan pada tahun 1952 karena ada seorang petani yang ingin mengolah tanahnya menjadi sawah. Tetapi ketika dia menggali, dia menemukan reruntuhan batu yang terkubur di dalam tanah.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button