Kisah petani jamur Magelang yang mampu melakukan wisata edukasi setelah berkunjung ke Ganjar - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah petani jamur Magelang yang mampu melakukan wisata edukasi setelah berkunjung ke Ganjar

Puput mengatakan, dia awalnya hanya seorang petani jamur kecil. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2016, ia mulai membuat olahan jamur seperti keripik dan kerupuk dari jamur.

“Saat itu, bisnis ini belum terlalu dikenal masyarakat. Saya berjuang untuk mengembangkan lebih jauh, terutama dalam hal pemasaran,” kata Puput dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Jumat, 2 Desember 2022.

Namun, Puput pantang menyerah dan terus menggeluti usahanya hingga akhirnya keberuntungan datang. Kantor pendaftarannya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, dikunjungi Gubernur Ganjar. Sejak itu, bisnisnya terus berkembang. Turis datang dengan rajin.

“Tahun 2018 kami mulai merintis wisata edukasi. Saat itulah Pak Ganjar mengunjunginya dan langsung dikenal masyarakat luas. Kunjungan wisatawan semakin ramai,” lanjutnya.

Sosok Ganjar memiliki pengaruh besar untuk membuatnyamerek upaya ini. Juga, usahanya diunggah ke stan Ganjar.

“Waktu itu banyak yang datang ke sini. Ada turis dari Kalimantan yang sengaja datang ke sini karena mendapat informasi dari Lapak Ganjar bahkan minta foto dengan saya,” ujarnya sambil tertawa.

Selain itu, sekitar 200 pelancong datang dalam satu hari. Bahkan jika akhir pekan rata-rata hingga 1.000 wisatawan.

“Karena berkembang pesat, akhirnya saya bisa membangun Pendapa sebagai fasilitas bagi wisatawan yang datang,” ujarnya.

Pengunjung sekarang dapat dengan nyaman menikmati kursus jamurnya. Selain sarana prasarana, wisatawan juga dijaga oleh 16 pegawai.

“Dulu hanya empat orang, sekarang ada 16 orang,” kata Puput.

Menurutnya, Gubernur Ganjar sangat concern terhadap UMKM. Selain karakternya, Ganjar juga punya terobosan yang bisa diangkat UMKM.

Jamur Borobudur patut dikunjungi tidak hanya untuk semua orang yang ingin belajar lebih banyak tentang jamur. Namun Anda juga bisa menikmati olahan masakan jamur. Seperti keripik, kerupuk, sambal dan sebagainya.

“Anda juga bisa memesan olahan jamur di sini on line. Biasanya pengiriman mencapai Papua, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jakarta. Harapannya Warung Ganjar tetap eksis untuk membantu UMKM,” ujarnya. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button