ITS Bumdes National Awards 2022 mendukung masyarakat berbasis inovasi teknologi - WisataHits
Jawa Timur

ITS Bumdes National Awards 2022 mendukung masyarakat berbasis inovasi teknologi

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pusat Studi Kebijakan Publik dan Bisnis Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKKPBI ITS) bertujuan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis teknologi dan berbasis inovasi.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang menjadi motor penggerak perekonomian desa. Kontribusi nyata ini akan diwujudkan melalui penyerahan Penghargaan Bumdes Nasional 2022.

Awads Bumdes Nasional 2022 merupakan kegiatan berkelanjutan yang dimulai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2020.

Ajang ini merupakan ajang kompetisi BUMDes se-Jawa dan Bali untuk menunjukkan kekuatan, prestasi, dan manfaat BUMDes kepada masyarakat sekitar. Ada enam kategori yang diperebutkan, antara lain Product Innovation Award, Profitable Achievement Award, Community Development and Engagement Award, Good Corporate Governance Award, ICT and Digitalization Award dan Special Local Champion Award.

Tidak hanya mendapatkan penghargaan, Bumdes yang meraih penghargaan juga berkesempatan membeli fasilitas Klinik Bumdes dan Millennium Home Center dari PKKPBI ITS.

Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketahanan BUMDes yang memiliki potensi utama di sektor agribisnis, industri kreatif dan wisata desa terkait ketahanan pangan, untuk mengembangkan dan memperkuat ketahanan ekonomi dari desa. Kegiatan untuk Hadiah Federal 2022 akan dilakukan dalam fase berikut:

– Registrasi

24 Juli – 20 Agustus 2022

– Seleksi pendaftaran

21-30 Agustus 2022

– Presentasi online

1 hingga 7 September 2022

– Melihat

8 September 2022

– Penghargaan

15 September 2022

Bumdes yang berminat dapat mendaftar melalui situs mengintip.in/BUMDESAWARDNASIONAL2022 dan panduan lengkap untuk kegiatan dapat ditemukan di intip.in/PANDUANBUKUBUMDESAWARDSNASIONAL2022.

Bumdes-Awards-2.jpg

Kegiatan ini melibatkan 4 tim non profit dosen ITS yang terdiri dari Windiani, Ipung Fitri Purwanti, Bieby Voyjant T., Z. Muhibbin. Selain itu, PKKPBI juga menjalin kerjasama dengan AITAA dan IDEA serta APEDI.

CPPBI juga telah menunjuk PIC sebagai jembatan informasi terkait Anugerah Bumdes Nasional 2022. Daftar di bawah ini adalah daftarnya

– Provinsi Jawa Timur (PIC: Arwi Yudi Koswara, ST., MT-ITS),

– Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (PIC: Dr. Murtinungrum, STP., M.Eng-UGM),

– Provinsi Jawa Tengah (PIC: Dr. Shoimahtul Fitria, SE., MM – UNDIP),

– Provinsi Banten dan Jawa Barat (PIC: Yudi Achmad Faisal – UNPAD) dan

– Provinsi Bali (PIC: Dr. Evi Triandi, SP., M.Eng).

Kegiatan ini juga mengikutsertakan 10 mahasiswa magang dan 10 mahasiswa ITS sebagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis produk dengan hasil wilayah binaan, kemitraan dan policy brief terkait Pengelolaan Bumdes dan Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Inovasi Teknologi.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabunglah. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button