Daftar 10 pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Daftar 10 pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia

Kota-kota besar di Indonesia identik dengan kemegahan gedung pencakar langit yang menjulang mulai dari gedung perkantoran hingga pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia tidak hanya ada di Jakarta, tetapi tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya tanpa mampir ke Mall. Apakah Anda ingin rekomendasi pusat perbelanjaan untuk dikunjungi? detikcom telah menyusun daftar mall terbesar di Indonesia mulai dari lokasi, fasilitas dan fiturnya. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Mal terbesar di Indonesia

Tidak hanya di Jakarta, berikut adalah pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia yang dinilai berdasarkan ketenaran, kelengkapan fasilitas dan hiburannya.

1. Pakuwon Shopping Mall Surabaya

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: facebook.com/pakuwonmallsby

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan di kawasan tersibuk Surabaya Barat, mal ini melayani pengunjung kelas atas. Meliputi area seluas 80.000 meter persegi, Pakuwon Mall Surabaya memiliki penyewa ritel, restoran, dan fasilitas hiburan keluarga yang terkenal.

Pakuwon Mall juga menawarkan pusat konvensi, ballroom, dan atrium multifungsi untuk berbagai acara seperti konser, pameran, atau rapat perusahaan.

  • Alamat: Jl. Puncak Indah Lontar No.2, Surabaya.
  • Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

2. Tunjungan Square

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: tunjunganplaza.com

Beroperasi sejak 1986, Tunjungan Plaza telah berkembang menjadi mal ikonik di Surabaya. Tunjungan Plaza memiliki luas lebih dari 175.000 meter persegi dengan lebih dari 600 tenant.

Dengan desain yang modern, Anda dapat menikmati sensasi berbelanja di retailer lokal dan internasional seperti Hugo Boss, Tory Burch, Matahari Department Store, Sogo, berbagai tenant food service dan entertainment. Selain itu, mall ini juga menawarkan convention center dan atrium untuk berbagai acara.

  • Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rachmat No. 8-12, Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya.
  • Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

3. Pusat Perbelanjaan Hartono

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: kukuwonjati.com

Pakuwon Mall merupakan salah satu mall terbesar di Yogyakarta. Sejak dibuka pada tahun 2015, mal ini telah memiliki lebih dari 270 pelanggan mulai dari bersantap hingga berbelanja hingga hiburan.

Seperti dilansir nailwonjati.com, Hartono Mall merupakan fasilitas serba guna yang terhubung langsung dengan Hotel Marriott. Terdapat atrium seluas 900 meter persegi di lantai dasar, yang bisa digunakan untuk berbagai acara.

  • Alamat : Jl. Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam Operasional: Setiap hari 10am-8pm WIB.

4. Summarecon Kelapa Gading Jakarta

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: facebook.com/MKGLaPlazza

Summarecon Kelapa Gading atau MKG adalah pusat perbelanjaan seluas 150.000 meter persegi yang melayani pengunjung kelas menengah dan atas. Mal ini memiliki konsep fashion-food-entertainment dan lebih dari 600 teman.

Selain itu, mall ini dekat dengan Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading dan POP! Hotel. Acara in-house seru berlangsung setiap bulan di mal ini, terutama di hari-hari besar. Sangat cocok jika ingin membawa keluarga ke mall ini!

  • Alamat : Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.
  • Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

5.Indonesia Hebat

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: facebook.com/grandindonesiaGI

Siapa yang tidak mengenal Grand Indonesia? Mal ini merupakan salah satu mal terbesar di Indonesia. Lokasi mall ini sangat strategis yaitu di kawasan Bundaran HI, dekat dengan Grand Hyatt dan Hotel Indonesia Kempinski. Grand Indonesia terdiri dari East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh skybridge dengan luas total 263.226 meter persegi.

West Mall dibuka untuk umum pada bulan April 2007, diikuti oleh East Mall pada bulan Agustus 2007. Grand Indonesia tidak hanya surganya para shopaholic, tetapi juga menawarkan banyak restoran, seperti Social House, Public Markette, Haidilao, Union Deli dan masih banyak lagi. lagi. .

  • Alamat: Jalan MH Thamrin No.1, Jakarta Pusat.
  • Jam operasional: Setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam WIB.

6. Kota Senayan

Didirikan pada tahun 2006, Senayan City adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Seperti dilansir senayancity.com, mall ini mampu menarik 24 juta pengunjung setiap tahunnya, dengan lebih dari 350 tenant brand lokal dan internasional.

Anda dapat memiliki pengalaman berbelanja, bersantap, dan hiburan yang luar biasa di mal ini. Senayan City juga kerap menggelar event-event seru setiap bulannya. Berkunjung ke pusat perbelanjaan ini dijamin tidak akan membosankan!

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
  • Jam Operasional: Setiap hari 10am-10pm WIB.

7. Mal Perbelanjaan Taman Anggrek

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: facebook.com/mta.jakarta

Mall Taman Anggrek atau yang biasa dikenal dengan MTA merupakan salah satu mall terbesar di Indonesia dengan luas 360.000 meter persegi. Dilansir taman-anggrek-mall.com, mall ini adalah surganya para shopaholic. Mal ini memiliki lebih dari 400 tenant mulai dari merek lokal hingga internasional

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari berbelanja di tenant-tenant ternama, bersantap di resto western, hingga menikmati berbagai fasilitas hiburan keluarga. Mal ini juga biasanya menyelenggarakan acara-acara menarik selama liburan seperti Idul Fitri, Imlek, Natal, dan Tahun Baru.

  • Alamat: Jl. Letnan Jendral. S.Parman Cav. 21, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.
  • Jam Operasional: Setiap hari 10am-10pm WIB.

8. Taman Pusat Jakarta

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: centralparkjakarta.com

Seperti dilansir dari centralparkjakarta.com, mall 4 lantai ini diresmikan pada 9 September 2009 dengan luas 188.077 meter persegi (tanpa parkir). Hebatnya lagi, Central Park mendapatkan penghargaan dari Asia Pacific Property Awards 2011.

Central Park lebih banyak melayani konsumen kelas menengah ke atas dengan melayani tenant-tenant seperti Celebrity Fitness, Fun World, Furla, Hugo Boss, H&M, Zara, Tommy Hilfiger, Bershka, dan berbagai tenant kuliner.

  • Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.kav.28, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.
  • Jam Operasional: Setiap hari 10am-10pm WIB.

9. Pusat Perbelanjaan Paris Van Java

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: instagram.com/pvjofficial

Nama Paris van Java bukan sekedar nama panggilan. Kota Bandung juga memiliki pusat perbelanjaan terbesar bernama Paris van Java. Mal 4 lantai ini resmi dibuka pada tahun 2006 dengan luas 4.700 meter persegi.

Terdapat area indoor dan semi outdoor di Paris van Java Mall. Arsitektur mal ini mengusung konsep pusat gaya hidup ruang terbuka dan memang unik, dipenuhi tanaman hias dan bangku taman. Hingga saat ini mall ini memiliki sekitar 200 tenant mulai dari pakaian hingga kosmetik hingga kafe dan restoran. Bedanya, Anda akan merasakan suasana unik seolah berbelanja di toko Eropa.

Salah satu atraksi paling populer di mall ini adalah Gardenice Ice Rink yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu, ada Lactasari Mini Farm, sebuah peternakan kecil dengan ternak seperti kambing dan kelinci.

  • Alamat : Jl. Sukajadi No. 131-139, Cipedes, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Jam operasional: Setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam WIB.

10. Pusat Perbelanjaan Beachwalk

Potret pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.Foto: beachwalkbali.com

Beachwalk Shopping Center merupakan salah satu mall terbesar dan terpopuler di Bali. Mal ini terletak di dekat Pantai Kuta. Jadi saat Anda berkunjung ke Pantai Kuta, Anda hanya perlu menyeberang untuk sampai ke Beachwalk Shopping Center.

Lokasi mall ini sangat strategis karena diapit oleh dua hotel besar yaitu Sheraton dan Grand Istana Rama. Cocok untuk anda yang hanya ingin berwisata ke daerah Kuta dan Legian.

Konsep mall ini hijau dan asri. Ada juga spot favorit seperti kolam ikan dan rooftop. Uniknya, Anda bisa melihat sunset di Pantai Kuta dari area ini. Oleh karena itu, area atap biasanya dipenuhi pengunjung setiap sore hari.

Sama seperti mal lainnya, Beachwalk Shopping Center menawarkan banyak restoran mulai dari menu barat hingga tradisional. Selain itu, ada toko fashion, toko kosmetik bahkan toko buku. Dibandingkan mall lain di Bali, Beachwalk bisa menjadi pilihan tepat untuk berbelanja barang branded.

  • Alamat : Jl. Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.
  • Jam Operasional: Setiap hari 10am-10pm WITA.

Nah saat anda berkunjung ke kota besar, anda tidak perlu bingung lagi mall mana yang harus dikunjungi, datang saja ke salah satu mall di atas. Sempurna untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan!

Tonton video Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Keraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button