Gubernur NTB Hadirkan Inovasi Unggulan di IGA Awards 2022 - ANTARA News Mataram - WisataHits
Jawa Tengah

Gubernur NTB Hadirkan Inovasi Unggulan di IGA Awards 2022 – ANTARA News Mataram

MATARAM (ANTARA) – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyebut sejumlah inovasi unggulan daerah masuk nominasi Innovative Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Mataram, Selasa, Zulkieflimansyah menjelaskan inovasi-inovasi yang menjadi sorotan daerah antara lain pengabdian kepada masyarakat NTB Care, NTB Mall, Mahadesa, JPS Gemilang sebagai solusi revitalisasi ekonomi di masa pandemi.

“Inovasi OPD dengan hadirnya Brida (STP yang diperluas), inovasi SMK menjadi Blud SMK dan Teaching Factory untuk mendorong industrialisasi, inovasi industri mesin, alat transportasi dan EBT melalui STP dan Lombok Sumbawa Fair sebagai bagian dari dampak Acara Gubernur NTB ke Jelaskan Inovasi Unggulan Regional untuk IGA Awards Kementerian Dalam Negeri

internasional WSBK 2022,” ujarnya kepada dewan juri.

Gubernur mengatakan, adanya sejumlah kegiatan internasional yang dilakukan di NTB berdampak positif bagi kemajuan pembangunan di daerah, seperti adanya bypass Bizam-Mandalika, pengembangan bandara internasional, pengembangan Bandara Internasional RSUP Berstandar Internasional dan Lombok Sumbawa International Standard Fair.

“Itu WSBK kemarin mengisi lapangan Mandalika internasional, tidak ada lagi produk dari Jawa Barat, dari China dan sebagainya. Semua dari provinsi kami,” kata Zulkieflimansyah.

Menurutnya, NTB terus melakukan inovasi, termasuk inovasi industrialisasi. Seperti Sate Rembiga yang kini dikemas dalam kemasan, ayam Taliwang yang sudah dikalengkan, hingga pembuatan quick antigen kit.

“Kita diberkati dengan kehadiran COVID-19. Ketika provinsi lain memutuskan untuk memberikan bantuan berupa uang tunai, NTB dengan berani tidak memberikan uang melainkan memberikan barang-barang lokal kepada masyarakat. Jemaat tidak bisa menolak karena hadiah. Jadi masker sorbet jahe, teh kelor, kopi, gula aren, beras, garam, ikan kering, minyak kelapa, semuanya kami buat sendiri,” jelasnya.

NTB Mall dan Mahadesa juga menjadi pusat membantu memasarkan produk-produk UMKM buatan masyarakat lokal melalui digital marketing. Inovasi NTB Mall telah membantu pemangku kepentingan UMKM untuk memasarkan produknya di booth digital. Sedangkan Mahadesa merupakan outlet BUMD BUMD, mengambil produk lokal yang siap menggebrak pasar dan campur tangan pemerintah.

Baca juga: Gubernur NTB minta biro perjalanan tingkatkan promosi wisata
Baca Juga : Gubernur-DPRD NTB Tandatangani KUA-PPAS 2023 Rp 5,964 Triliun

Inovasi di bidang mesin juga disampaikan Gubernur NTB, antara lain sepeda listrik yang didefinisikan NTB sebagai pariwisata hijau, pertunjukan listrik dan mesin industri pertanian. “Mesin ini kami buat sendiri, mungkin kualitasnya tidak sebaik yang dari China, kadang harganya lebih mahal, tapi ada”biaya belajar“Dan dalam mendukung semua petani kami, kami semua menggunakan mesin lokal,” ujarnya.

Diketahui, selain NTB, enam provinsi lain yang masuk nominasi IGA 2022 adalah Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, serta provinsi Jawa Barat dan Bali.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button