Kisah Wilbert Positif Covid-19 Sebelum Juara Olimpiade Jerman - WisataHits
Jawa Timur

Kisah Wilbert Positif Covid-19 Sebelum Juara Olimpiade Jerman

TEMPO.CO, jakarta – Wilbert Thamrin, siswa SMA Santo Petrus Kelapa Gading Jakarta, meraih Juara 2 International German Language Olympiad 2022 tingkat bahasa B2 (level lanjutan), yang diselenggarakan 25-5 Agustus 2022 di Hamburg, Jerman, berlangsung.

107 siswa sekolah menengah atas berusia 14 hingga 17 tahun dari 56 negara ambil bagian dalam Olimpiade dua tahunan itu. Tiga level bahasa Jerman, yaitu A2, B1 dan B2, dipertandingkan dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut bekerjasama dengan International Association of German Language Teachers.

Selain pengetahuan bahasa Jerman, para peserta juga diuji kompetensinya dalam komunikasi antarbudaya dan kerjasama tim di tingkat internasional, kreativitas dan kemampuan berimprovisasi. Dua dari tiga tugas dalam kompetisi ini dilakukan dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau empat orang.

Positif Covid-19 sebelum kompetisi

Wilbert mengatakan dia tiba di Hamburg pada 3 Juli 2022 dan mengikuti kursus bahasa Jerman di Goethe-Institut Hamburg selama tiga minggu. Pada 26 Juli, setelah menghadiri salah satu lokakarya untuk Olimpiade Bahasa Jerman Internasional, ia dinyatakan positif Covid-19 dan hanya dinyatakan negatif satu hari sebelum kompetisi dimulai.

Akibatnya, mahasiswa berusia 16 tahun ini terpaksa mengisolasi diri di hotel dan melewatkan beberapa workshop pra-kompetisi, termasuk tidak diberikan kelompok untuk bagian presentasi kompetisi.

“Presentasi di Internationale Deutsche Spracholympiade dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari tiga sampai empat orang selama 7-10 menit, namun karena saya tidak tergabung dalam kelompok manapun, maka saya harus presentasi sendiri selama kurang lebih 10 menit,” ujarnya dalam rilis yang diterima. tempo.

Berkonsentrasi untuk menang

Dalam presentasi tunggalnya, Wilbert mengangkat tema The Future yang menitikberatkan pada citra kota-kota dari berbagai negara yang terancam tenggelam, termasuk potret situasi di Jakarta. Meski harus mengasingkan diri dan tidak mengikuti rangkaian workshop International German Language Olympiad, XII ini. Masih siap untuk mengikuti kompetisi.

Karena sebelum berangkat ke Jerman, ia pernah mengikuti kursus tiga minggu di Goethe Institute di Hamburg dan kursus persiapan lima hari di Goethe Institute di Jakarta.

Selama rangkaian Internationale Deutscholympiade 2022, Sekretaris Jenderal Goethe-Institut Johannes Ebert mengatakan acara tersebut dapat menciptakan kepercayaan pribadi, hubungan dan persahabatan lintas batas. “Ini salah satu kontribusi penting untuk masa depan,” katanya.

Sebelumnya, Wilbert dinobatkan sebagai juara pertama Olimpiade Bahasa Jerman Nasional 2022 yang diselenggarakan secara online oleh Goethe-Institut Indonesia pada 24-25 Januari 2022. Selain Wilbert, Condoleezza Grace Tanabi (SMA Negeri 28 Jakarta) yang terpilih sebagai juara kedua Olimpiade Bahasa Jerman Nasional 2022 juga mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman Internasional tingkat B1 tahun ini.

Selama mengikuti Olimpiade di Hamburg, keduanya didampingi guru bahasa Jerman dari SMA Negeri 28 Jakarta, Sugiarti Sugeng Budiono. Tempat pertama pada level ini adalah Teodora Smîntanc-Strugariu dari Rumania dan tempat ketiga adalah Tekla Mkheidze dari Georgia.

Baca juga:

Bikin Yoghurt Khas Sumatera Barat, Mahasiswa Indonesia Juara Lomba Makanan di AS

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button