Upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen Halal dunia - WisataHits
Yogyakarta

Upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen Halal dunia

Tangerang, MINA – Untuk menjadikan Indonesia sebagai hub produsen halal dunia pada tahun 2024, Lima Event menggelar Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) pada 26-28 Agustus 2022.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Eksekutif, Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Taufik Hidayat, di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD) di Tangerang.

“KNEKS mendukung inisiatif KPMI untuk menyelenggarakan acara ini. Selain membantu memutar roda usaha pelaku usaha industri halal, juga dapat mendukung upaya peningkatan ekspor produk halal Indonesia ke luar negeri sebagai bagian dari upaya menjadi Indonesia pada tahun 2024 sebagai pusat produsen produk halal,” kata Putu Rahwidhiyasa, Direktur Utama Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Manajemen Eksekutif KNEKS, Jumat (26/8).

Berdasarkan data OKI Economic Outlook 2020, Indonesia merupakan eksportir terbesar kelima di antara negara-negara anggota OKI dengan pangsa 9,3 persen.

Dengan sumber daya yang ada, Putu optimistis Indonesia bisa menjadi pusat produsen halal dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, Indonesia saat ini memiliki Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 yang mencakup empat strategi utama.

Pertama, penguatan rantai nilai halal yang terdiri dari industri makanan dan minuman halal, industri pariwisata halal, industri busana muslim, industri media dan rekreasi halal, industri farmasi dan kosmetik halal, serta industri energi terbarukan.

“Kedua, penguatan sektor keuangan syariah. Ketiga, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah. Keempat, pemanfaatan dan penguatan ekonomi digital,” imbuhnya.

Muslim Life Fest kali ini juga menghadirkan Muslim Life Trade, kawasan khusus ekspor produk Halal dari sejumlah negara. Pameran ini juga merupakan bagian dari acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022.

Turut hadir 21 duta besar dan perwakilan negara sahabat antara lain Sudan, Tunisia, Suriah, Sri Lanka, Iran, Bahrain, Arab Saudi, Azerbaijan, Qatar, Singapura, Kuwait, Jepang, Lebanon, Libya, Somalia, Mozambik, Pakistan, Mesir, Yaman , Malaysia dan Nigeria.

Muslim Life Fest 2022 merupakan acara Muslim terbesar yang diikuti oleh sekitar 300 peserta pameran dari 12 kategori baik dari Jabodetabek maupun daerah lainnya. Dengan luas 10.000 m2, ratusan tenant ini siap menampilkan berbagai kebutuhan produk Halal dan Islami mulai dari Fashion Sederhana, Edukasi Islami, Hobi dan Komunitas, Buku dan Penerbitan Islami, Wisata Halal, Herbal Thibbun Nabawi dan Kaya Kecantikan & Farmasi menjadi Kawasan Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS).

Muslim Life Fest juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan kegiatan menarik, sehingga pengunjung yang datang dapat belajar mengenal bisnis syariah dan perkembangan trendnya sekaligus, dan menjadi salah satu family time tour. Diantaranya adalah workshop untuk orang tua, job fair, lomba MTQ untuk anak, lomba programming untuk anak, Talaqqi Bersanad, kids corner, storytelling, pony riding, Wahana Andong, robot lesson dan masih banyak lagi aktivitas family fun yang bisa didapatkan di pameran ini.

Sebelumnya, Indonesia Muslim Life Fair, jalan menuju Muslim Life Fest, digelar di Istora GBK, Senayan, Jakarta pada 25-27 Maret 2022. Kemudian kegiatan pameran serupa kembali digelar di Yogyakarta. Bertempat di Jogja Expo Center (JEC) yang akan diselenggarakan pada 3-5 Juni 2022. (L/R11/P2)

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Source: minanews.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button