5 Masjid Tertua di Indonesia yang Menyimpan Sejarah - WisataHits
Jawa Tengah

5 Masjid Tertua di Indonesia yang Menyimpan Sejarah

5 Masjid Tertua di Indonesia yang Menyimpan Sejarah

Liputan6.com, Yogyakarta – Keberadaan masjid di Indonesia menjadi salah satu hal yang menarik untuk dikaji. Apalagi jika menyangkut penelusuran sejarah Islam di Indonesia.

Saat ini, masjid di Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, tetapi juga sebagai kegiatan sosial untuk wisata religi. Masjid ini juga merupakan tanda otentik kedatangan Islam di berbagai pelosok tanah air.

Beberapa masjid di Indonesia sudah ada sejak lama dan memiliki sejarah tersendiri. Kutipan oleh uici.ac.idberikut adalah lima masjid tertua di Indonesia:

1. Masjid Agung Demak

Masjid Raya Demak terletak di kota Demak, Jawa Tengah. Masjid ini memang sangat populer sebagai tempat pertemuan para Wali Songo.

Masjid ini dibangun pada tahun 1474 dengan gaya khas Majapahit dan ciri khas budaya Bali. Kedua gaya tersebut berpadu serasi dengan gaya rumah tradisional Jawa Tengah.

Arsitektur Masjid Agung Demak dengan bangunan Majapahit dapat dikenali dari bentuk atapnya. Masjid ini memiliki bentuk kubah yang diadopsi dari bangunan tempat ibadah umat Hindu.

2. Masjid Agung Sang Ciptarasa

Masjid Agung Sang Ciptarasa didirikan pada tahun 1480 oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga. Masjid ini terletak di Kesepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dilihat dari bentuk kubahnya, masjid ini memiliki tampilan masjid pada umumnya. Namun jika masuk ke dalam, masjid ini memiliki gaya arsitektur China yang berwarna merah.

3. Masjid Lampu Lalu Lintas Sunan Agung

Masjid Raya Sunan Traffic Light terletak di Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1421 oleh Raden Achmad Rachmatulloh atau Sunan Ampel. Masjid ini memiliki gaya arsitektur khas Jawa Kuno dan Arab Islam.

4. Masjid Tua Bayan Beleq

Masjid kuno Bayan Beleq terletak di desa Bayan, Lombok Barat. Bangunan ini dibangun sekitar abad ke-16 pada masa awal perkembangan Islam di pulau Lombok.

Nama Beleq berarti “makam besar”. Hal ini sesuai dengan kondisi sekitar masjid yang banyak terdapat makam. Makam-makam tersebut adalah makam Plawangan, Karang Salah, Anyar, Reak, Titi Mas Penghulu, Sesait, tokoh agama Islam lainnya dan orang-orang yang membantu pembangunan dan pengelolaan masjid sejak awal pembangunannya.

5. Masjid Saka Tunggal Banyumas

Masjid Saka Tunggal Banyumas merupakan masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1288 M, era Mataram kuno.

Masjid tertua di Indonesia ini terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Uniknya, bangunan masjid ini hanya ditopang oleh satu pilar atau penyangga.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Masjid Luar Batang merupakan masjid tertua di wilayah Jakarta sejak abad ke-17. Didirikan pada tahun 1739, masjid ini menampung makam cendekiawan Islam terkenal Habib Husein, yang meninggal pada tahun 1756.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button