10 Wisata Kuningan Hits dan Populer di Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi! - WisataHits
Jawa Tengah

10 Wisata Kuningan Hits dan Populer di Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi!

Perjalanan VIVA – Wisata Kuningan di Jawa Barat memiliki pesona luar biasa yang tak kalah menarik dengan wisata di daerah lain. Berikut kami rangkum beberapa wisata Kuningan menarik yang cocok sebagai tempat liburan seru.

Kuningan adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat bagian timur, terletak di jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan daerah Priangan Timur dan menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah sebagai alternatif jalur tengah.

Wisata Kuningan yang Direkomendasikan dan Populer

1. Danau Biru Cicerem

Danau Biru Cicerem

Kuningan memiliki tempat wisata yang sangat santai dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur. Salah satu wisata Kuningan tersebut adalah Telaga Biru Cicerem. Danau ini memiliki air kebiruan yang sangat jernih.

Telaga Biru Cicerem memiliki kedalaman 4-5 meter. Anda akan terkagum-kagum saat melihat secara langsung apa yang dihiasi dengan berbagai jenis ikan yang sangat berbeda.

Tertarik untuk mengunjungi wisata Kuningan ini? Lokasi Telaga Biru Cicerem berada di sebelah utara Gunung Ciremai. Jika berangkat dari Kuningan, waktu tempuh menuju lokasi sekitar 1 jam atau jarak tempuhnya sekitar 32 km.

2. Kebun Raya Kuningan

Kebun raya kuningan

Wisata Kuningan yang menarik selanjutnya adalah Kebun Raya Kuningan. Lokasinya berada di sekitar sisi utara Gunung Ciremai. Kebun raya Kuningan ini memiliki banyak flora dan fauna yang bisa menjadi pilihan tepat untuk wisata alam menghabiskan akhir pekan.

Kebun Raya Kuningan memiliki luas lahan 176 hektar. Nah, pengunjung bisa jalan-jalan dan melihat pemandangan alam yang indah sambil jalan-jalan bersama keluarga, kerabat atau pacar. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke sini, Anda harus datang ke desa Padabeunghar dengan tiket masuk hanya Rp 10.000. Cukup terjangkau bukan?

3. Air Terjun Putri Palutangan

Air Terjun Putri Palutangan

Air Terjun Putri Palutangan

Foto:

  • disparbud.jabarprov.go,id

Rekomendasi lain untuk wisata Kuningan adalah Air Terjun Putri-Palutan. Air Terjun Putri Palutungan berada di jalur pendakian Gunung Ciremai. Maka tak heran jika banyak pendaki sudah mengetahui air terjun yang satu ini.

Saat anda menuju ke lokasi air terjun ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat menenangkan dan menyejukkan. Rasa lelah dalam perjalanan akan langsung hilang ketika melihat air terjun yang dingin dan menyegarkan dengan bebatuan bertingkat yang indah.

Tiket masuk Air Terjun Putri Palutungan cukup murah. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 12.500 dan biaya parkir.

4. Danau Kerang

Air Terjun Putri Palutangan

Wisata alam menakjubkan lainnya adalah Danau Remis. Danau ini wajib kamu kunjungi karena tempatnya yang sejuk dan terletak di desa Kaduela di lereng gunung Ciremai.

Selain suasana danau yang menenangkan, Anda juga akan disuguhi pesona hijaunya hutan yang terpantul di danau, membuat air tampak lebih hijau dan asri. Tempat ini juga menyewakan wisata pedal boat bagi anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar danau.

5. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Alam Linggarjati

Taman Alam Linggarjati

Foto:

  • Direktori perjalanan Indonesia

Rekomendasi wisata menarik lainnya untuk Kuningan adalah Taman Wisata Alam Linggarjati. Jika Anda datang ke sini, Anda bisa menikmati beberapa fasilitas dan wahana yang menarik.

Fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati antara lain kolam renang, tempat outbond, perahu dayung, menunggang kuda dan biliar.

Tiket masuknya sangat terjangkau, pengunjung hanya membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000. Lokasi tempat wisata ini berada di Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

6. Waduk Darma

Waduk Darma

Waduk Darma terletak di Kuningan Barat, tak jauh dari Ring Road Waduk Darma, Jagara, Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waduk ini berfungsi sebagai bendungan untuk pengairan masyarakat sekitar. Diketahui jika luasnya akan mencapai 425 hektare.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan fasilitas yang lengkap seperti rumah ibadah, taman bermain anak, miniatur kereta api, flying fox, tempat perkemahan, warung makan dan toko suvenir.

Jam buka buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiketnya sangat murah dan pas di kantong. Pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.

7. Pendaratan Curug

Air Terjun Pendaratan

Rekomendasi wisata Kuningan selanjutnya adalah Curug Landing. Air terjun ini sangat populer dan merupakan salah satu tempat wisata Kuningan yang banyak dikunjungi wisatawan.

Curug Landing berada di kaki Gunung Ciremai, sehingga udaranya masih sangat sejuk dan segar. Sangat cocok sebagai tempat wisata untuk bersantai dan melepas penat.

Tempat ini memiliki spot foto yang instagramable seperti spot foto berupa sarang, bunga dan juga ayunan foto. Lokasi air terjun ini berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini buka 24 jam sehari.

8. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari

Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan pemandangan unik berupa bebatuan purba. Batu-batu ini terletak di taman hijau yang tertata rapi, melingkar, bertingkat dan berjajar.

Anda tidak hanya bisa menikmati bebatuan dari zaman dahulu, tetapi Anda juga bisa belajar tentang kehidupan manusia di zaman prasejarah. Lokasi Taman Purbakala Cipari tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tenang, untuk liburan di tempat ini Anda tidak akan mengeluarkan biaya atau pengeluaran apapun.

9. Galeri ruang terbuka

Galeri ruang terbuka

Rekomendasi lain untuk wisata Kuningan adalah Open Space Gallery. Ini adalah tempat wisata gratis yang bisa digunakan untuk berolahraga atau sekedar bersantai dengan merasakan terapi ikan dari kolam taman yang ada. Lokasi tempat ini hanya berjarak sekitar 1,5 km dari gedung perundingan Linggarjati.

10. Pemandian Sangkanhurip

Pemandian Sangkanhurip

Rekomendasi terakhir untuk wisata Kuningan adalah Pemandian Sangkanhurip. Di tempat wisata ini, Anda bisa merilekskan tubuh sekaligus menghaluskan kulit. Hal ini karena air panas mengandung belerang yang dapat membunuh kuman dan penyakit pada kulit.

Tertarik untuk berkunjung? Pemandian ini dikenakan biaya sebesar Rp 9.000 untuk kolam renang luar ruangan. Jika Anda ingin kamar eksekutif tertutup, Anda akan dikenakan biaya Rp 30.000.
Pemandian ini terletak di Desa Sangkanhurip, sekitar 14 km sebelah utara dari pusat kota Kuningan.

Seperti throwback ke hits dan wisata Kuningan yang populer. Rekomendasi wisata Kuningan ini sangat cocok untuk menikmati waktu liburan dan menenangkan pikiran yang lelah.

Pastikan Anda mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Terapkan protokol kesehatan dan jaga lingkungan agar pengunjung lain merasa nyaman saat berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Hari Raya.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button