Upacara di tengah hutan, cara unik untuk mempromosikan alam dan warisan di desa Tritik - WisataHits
Jawa Tengah

Upacara di tengah hutan, cara unik untuk mempromosikan alam dan warisan di desa Tritik

Nganjuk, zeitungsmemo.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022, Komunitas Pencinta Sejarah Nganjuk (Kotasejuk) menggelar upacara bendera di tengah hutan, Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Upacara dihadiri oleh warga sekitar, petani porang, petugas Perhutani, kelompok perguruan silat, aparat pemerintah desa Tritik dan mahasiswa KKN UINSA Surabaya.

Menariknya, para peserta upacara petani porang mengenakan pakaian apa adanya. Beberapa peserta mengenakan pakaian petani dengan topi. Beberapa memakai jarit dan kebaya dan sandal jepit.

Kelompok silat menampilkan gambar pahlawan nasional selama upacara. Setidaknya ada 10 gambar pahlawan yang menunjukkannya.

Baca Juga: Bupati Kediri Berpakaian Khas Pimpin Upacara HUT RI ke-77 di Stadion Chanda Bhirawa Pare

Sulami, 43, petani porang setempat, mengaku baru pertama kali menghadiri upacara peringatan HUT RI. Selain itu, upacara berlangsung di tengah hutan, bersama mahasiswa, masyarakat, dan pejabat lainnya.

“Ini pertama kalinya teman-teman dan petani porang lainnya menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Dulu saya hanya menghadiri upacara ketika masih sekolah,” katanya.

Yang menarik, menurutnya, ada peserta upacara yang menampilkan gambar para pahlawan yang sebelumnya terlupakan. Dia melihat momen ini sebagai pengingat atau pengingat akan jasa dan kepribadian para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan.

“Dulu ada peserta upacara dari perguruan silat yang membawakan kembali gambar para pahlawan. Itu membuat saya ingat nama-nama pahlawan yang melawan penjajah sebelumnya,” tambahnya.

Baca Juga: Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan di Situs Soekarno Persada Mudah

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button