Investor menjajaki potensi pengembangan PLTB Trenggalek - WisataHits
Jawa Timur

Investor menjajaki potensi pengembangan PLTB Trenggalek

Investor menjajaki potensi pengembangan PLTB Trenggalek

Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) – Investor swasta sedang menjajaki potensi pembangunan turbin angin di pesisir Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur, yang dinilai memiliki angin kencang berdasarkan riset LAPAN.

“Ada yang menandatangani MoU (memorandum of understanding) atau nota kesepahaman. Namun, tahapan saat ini masih sebatas kajian dan penelitian,” kata Pj. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Trenggalek, Edi Santoso di Trenggalek. Sabtu.

Meski masih penelitian pendahuluan, Edi mengaku optimistis proyek ini akan berjalan.

Hal ini dilatarbelakangi oleh penelitian dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang dikutip laman setkab.go.id, bahwa dari 166 lokasi yang diteliti, 35 lokasi memiliki potensi angin yang baik dengan kecepatan angin di atas lima meter per detik pada ketinggian 50 meter. .

Kecepatan angin yang baik tersebut meliputi NTB, NTT, Pesisir Selatan Sulawesi dan Pesisir Selatan Jawa.

“Di Trenggalek, lokasi yang dipilih dan dieksplorasi adalah di Kecamatan Munjungan. Energi hijau ini sejalan dengan pemerintah daerah. Jika hasil penelitian sesuai dengan yang diharapkan, maka studi kelayakan memenuhi aspek ekonomi dan proyek dapat diupayakan. Ini akan menjadi waktu yang lama,” katanya.

Mengenai rencana investasi swasta dalam proyek PLTB ini, Yusuf Widharto, Camat Munjungan Plt, mengaku memiliki harapan lebih.

Menurutnya, keberadaan PLTB diyakini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat Trenggalek, khususnya warga Munjungan.

Efek yang dimaksud antara lain perbaikan infrastruktur jalan yang berdampak pada ekonomi warga sehingga berpotensi menjadi lokasi utama populer di pesisir selatan.

“Untuk menggerakkan komponen PLTB diperlukan jalan dengan spesifikasi khusus, sehingga ada peningkatan infrastruktur jalan. Informasinya kincir angin bisa sampai 100 meter, tidak tahu nanti jalur laut atau darat, infrastrukturnya juga harus aman, kemudian seperti yang sudah ada di Sulawesi Selatan (PLTB Sidrap) berpotensi menjadi objek wisata. efek penggandakata Yusuf.

Yusuf mengatakan pihak PT sudah melakukan kontak dengan warga. Dalam sosialisasi, kata Yusuf, warga menyambutnya dengan antusias.

“Keberadaan PLTB nantinya akan berdampak positif, dimulai dengan infrastruktur jalan yang lebih baik, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan masuknya tenaga kerja lokal dalam potensi wisata,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Investor menjajaki potensi pengembangan PLTB Trenggalek

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button