Situ Wanayasa, objek wisata alam yang indah dan eksotis di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Situ Wanayasa, objek wisata alam yang indah dan eksotis di Purwakarta

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Apakah Anda berlibur ke Jawa Barat? Jika iya, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata Situ Wanayasa di Purwakarta. Dengan keindahan alam yang begitu indah, tempat ini menawarkan berbagai pesona yang membuat siapapun ketagihan untuk melihatnya. Pengunjung juga bisa menikmati aktivitas seru sambil menyantap makanan lezat di sekitar danau. Mari kita simak ulasannya lebih detail sebagai berikut.

Mengenal indahnya Danau Purwakarta

Mengenal indahnya Danau PurwakartaKredit Gambar: Gambar Instagram Deni

Saat berkunjung ke Jawa Barat, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata alam yang menawan. Situ Wanayasa adalah salah satu yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati liburan seru. Di tempat ini, Anda akan disuguhi sebuah danau yang membentang luas dan terletak di sebuah pulau.

Selain keunikan tersebut, ternyata Anda juga bisa menemukan hal menarik lainnya, yaitu kuburan tua. Konon di sana terdapat makam seorang pendekar legendaris, RA Suriawinata. Tokoh ini cukup terkenal menjadi salah satu orang yang ikut serta dalam berdirinya Purwakarta.

Selain menjadi salah satu pendiri kota Purwakarta, ternyata ia juga merupakan bupati kesembilan di Karawang. Setelah itu, beliau meninggal sekitar tahun 1827 dan dimakamkan di sekitar Situ Wanayasa. Untuk itu, selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga menjadi tempat ziarah.

Yang paling menarik, ada sedikit cerita tentang asal usul danau ini. Kata Situ Wanayasa diambil dari kata Wana yang berarti Leuweung atau Hutan. Sedangkan Yasa berasal dari bahasa sunda, soft didamel yang artinya membuat desa. Dengan demikian, arti Situ Wanayasa adalah hutan yang telah dialihfungsikan menjadi desa.

Tidak hanya itu, masih banyak cerita menarik lainnya tentang asal muasal situs ini yang diceritakan oleh beberapa warga sekitar. Namun, terlepas dari semua yang dikatakan banyak orang, tempat ini tidak pernah sepi dari penduduk lokal, bahkan wisatawan dari luar daerah menjadi tujuan liburan yang menarik.

Selain cerita-cerita tersebut, masih banyak cerita dan mitos misterius yang beredar tentang tempat ini. Tak jarang ada yang mengatakan bahwa kawasan wisata ini cukup angker dan penuh dengan cerita mistis. Alih-alih takut, pengunjung menjadikannya sebagai alasan untuk berkunjung dan mengagumi keindahannya.

Atraksi Situ Wanayasa

Tempat Wisata Situ WanayasaKredit gambar: Google Maps Adek Sutarto

Situ Wanayasa merupakan tempat yang paling cocok sebagai referensi liburan di Jawa Barat khususnya di wilayah Purwakarta yang menyenangkan. Lokasi tersebut memiliki sederet pesona yang sangat menawan dengan pemandangan yang indah karena di sekitar danau banyak terdapat pepohonan yang rindang.

Panoramanya pun semakin indah, karena terdapat danau yang cukup luas dengan latar belakang Gunung Bungarang yang megah. Tak berhenti sampai di situ, pulau ini juga ditumbuhi deretan pohon pinus. Hal tersebut membuat suasana di sekitar tempat tersebut menjadi lebih sejuk dan segar.

Destinasi ini semakin unik dengan adanya pulau di tengahnya tempat RA makan. Suriawinata. Ia menjadi pendiri Purwakarta sekaligus sosok Bupati Karawang yang wafat pada tahun 1827. Meski terdapat makam, namun suasana tempat ini jauh dari kata seram karena pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan.

Bukan hanya situs dan kuburan orang terkenal yang membuat tempat ini berkesan. Karena ada juga wahana air yang patut dicoba wahana mendebarkan di Purwakarta. Tempat tersebut memang sudah di perlengkapi oleh pengelola untuk menunjang aktivitas para pengunjung yang berkunjung ke sana.

Tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu tempat memancing terbaik bagi yang memiliki hobi memancing. Di danau Anda akan menemukan berbagai ikan yang bisa ditangkap. Belum lagi di kawasan sekitar Situ Wanayasa juga terdapat beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Cipurut dan Pemandian Air Panas Ciracas,

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat website WinayasaKredit Gambar: Instagram Purwakarta Endah

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Situ Wanayasa, Anda bisa mampir di Wanasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya mungkin tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk menempuh perjalanan. Selain itu, pengunjung juga dapat dengan mudah mengaksesnya menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Bagi Anda yang dari luar kota jangan khawatir tidak akan segera menemukannya. Karena tempat ini cukup terkenal dan tidak jauh dari pusat kota, sehingga Anda akan lebih mudah menemukannya. Jika Anda benar-benar tidak tahu petunjuk arah, Anda bisa mengandalkan bantuan Google Maps.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Situ WanayasangKredit gambar: Instagram rezaldattalla_07

Berbagai atraksi menakjubkan bisa dinikmati di Situ Wanayasa dengan pemandangan yang menawan. Untuk masuk ke kawasan wisata tidak perlu membayar karena gratis. Pengunjung yang hadir hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil.

Apalagi, pengunjung bisa melihat danau indah ini kapan saja, karena jam bukanya bisa sampai 24 jam. Alhasil, wisatawan dari luar kota tidak melewatkan kunjungan berharga ini saat berkunjung ke Purwakarta. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa danau ini sering tidak pernah sepi pengunjung, meski hanya mampir sebentar.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Situ Wanayasa

Kegiatan Situ WanayasaKredit gambar: Google Maps Muhammad Ibn Sabil

1. Nikmati keindahan di sekitar danau

Seperti diketahui, keunggulan Situ Wanayasa terletak pada keindahan dan keindahan pemandangannya, tak ayal banyak orang yang datang untuk bersantai setelah bekerja keras dari kehidupan yang padat. Dengan pemandangan hamparan air yang cukup luas dengan pepohonan hijau yang rimbun, membuat udara di sekitar lokasi danau menjadi sejuk.

2. Berburu Foto

Buat kamu yang suka mengabadikan momen-momen terbaik dalam sebuah screenshot, akan sulit untuk dilewatkan. Karena ada banyak sekali tempat menarik untuk difoto. Salah satu tempat yang paling populer adalah jembatan bambu dengan pemandangan yang cukup jernih.

Foto-foto akan jauh lebih menawan di waktu tertentu, yaitu menjelang matahari terbenam. Saat senja, langit memiliki warna yang cenderung ke jingga untuk membiaskan cahayanya di air danau yang sangat besar. Belum lagi ada pemandangan di sekitar Situ Wanayasa yang mengelompok yang membuat tangkapan layarnya cukup menarik.

3. Perkemahan

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di kawasan wisata alam yang indah ini, Anda bisa mencoba aktivitas seru ini. Pengunjung bisa menghabiskan waktu berkemah di sekitar danau. Untuk mencoba aktivitas ini, ada baiknya menyiapkan berbagai jenis perlengkapan sebelum tiba di lokasi.

4. Cobalah wahana air

Kegiatan menarik di Situ WanayasaKredit gambar: Instagram Patlot Hideung

Danau yang menjadi destinasi wisata akuatik ini tentunya menawarkan sederet aktivitas seru untuk dinikmati bersama orang tersayang. Untuk itu, pihak pengelola menawarkan berbagai wahana menarik, seperti perahu bebek yang bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling danau lebih dekat. Korsel ini dilengkapi dengan penutup kepala untuk melindungi dari sinar matahari.

5. Memancing di danau

Mengingat lokasi Situ Wanayasa adalah sebuah danau, tidak jarang banyak orang yang datang untuk memancing. Pasalnya, danau ini memiliki berbagai jenis ikan yang cukup melimpah. Jadi pemancing bisa duduk dengan nyaman di sekitar danau sambil menunggu ikan ditangkap.

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa datang dan mencoba aktivitas seru ini. Tapi ingat, jangan lupa untuk membawa kail dengan umpan saat ingin melakukannya. Jika salah satunya dibiarkan, kemungkinan Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas memancing yang seru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tempat wisata Situ WanayasaKredit gambar: Instagram Viiiiii____

Guna menunjang berbagai aktivitas di kawasan wisata Situ Wanayasa, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai. Salah satu hal yang bisa dinikmati adalah adanya lahan parkir yang cukup luas membuat pengunjung merasa nyaman. Sehingga mampu menampung banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Selain itu, ada juga fasilitas berupa toilet bersih bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu seharian di kawasan danau ini. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas berupa mushola dengan tempat wudhu untuk menunjang wisatawan muslim.

Setelah seharian mengelilingi danau, pengunjung bisa memanjakan lidah di ruang makan yang tersedia. Sambil menikmati indahnya pemandangan danau, pengunjung bisa melengkapinya dengan santapan khas Purwakarta yang lezat. Hidangan yang disajikan juga sangat bervariasi, mulai dari snack, makanan berat, hingga minuman.

Ulasan Situ Wanayasa ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Purwakarta yang indah dan ekonomis. Sebagai pemandu, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada pagi hari karena udara masih segar dan terasa lebih sejuk. Matahari bisa dibilang tidak terlalu terik jika ingin melakukan berbagai aktivitas seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button