Inilah Keunggulan Desa Conto Wonogiri Sebagai Desa Wisata Terbaik Jawa Tengah Tahun 2022 | desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Inilah Keunggulan Desa Conto Wonogiri Sebagai Desa Wisata Terbaik Jawa Tengah Tahun 2022 | desa wisata

Inilah keunggulan Desa Conto Wonogiri sebagai Desa Wisata Terbaik Jawa Tengah 2022

Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah 2022 kategori Sapta Pesona dan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan, Kelestarian atau CHSE.

Menurut promosi pada Minggu (27/11/2022), Desa Conto menjadi satu-satunya desa perwakilan Kabupaten Wonogiri yang mengikuti ajang Gelar Desa Wisata 2022. Pada tahap awal penjurian, Desa Wisata Conto mengirimkan video yang diunggah to YouTube Baca Juga: Conto Village diuntungkan dengan adanya sumber daya alam dan manusia yang mumpuni dalam pembangunan dan pengembangan desa wisata. Menurutnya, fokus dalam pengembangan Desa Wisata Conto bukan pada pengembangan melainkan memaksimalkan potensi yang ada di desa, termasuk potensi sumber daya manusia (SDM).

Lanjut membaca:
pos tunggal »

Pengungsi gempa Cianjur dengan gangguan jiwa dan mengamuk, dokter evakuasi!

Beberapa dokter dan perawat psikiatri menjemput residen tersebut untuk dibawa ke RS Sayang di Cianjur. Baca selengkapnya >>

Desa Conto Wonogiri menjadi desa wisata terbaik di Jawa Tengah tahun 2022 pada kategori ini Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri meraih penghargaan Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah 2022 kategori Sapta Pesona dan CHSE.

Hujan deras, tebing longsor di Conto Wonogiri menutup akses jalan desaTebing di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri jebol akibat dipicu hujan deras pada Jumat sore (25/11/2022).

Program PTSL, Lima Desa di Kabupaten Bandung Jadi ‘Desa Penuh’ – Pikiran-Rakyat.comProgram Pendaftaran Tanah Sistematis Penuh (PTSL) untuk tanah di wilayah Kabupaten Bandung terus berlanjut. .

Desa wisata bermunculan di Bogor seperti jamur, dan pada tahun 2022 akan ada total 55 desaJumlah desa wisata di Kabupaten Bogor, Jawa Barat semakin meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 2022 akan ada 55 desa wisata di kawasan ini. Apakah Parung Panjang merupakan desa wisata? Banyak Transformer 🤣

Senang! Desa di Banyumas ini berhasil menyabet predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik atau juara 1 Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) Tahun 2022.

Setelah tertutup material longsor, Jalan Lingkar Kota Wonogiri mulai terbukaRuas Jalan Lingkar Kota (JLK) Desa Wuryorejo di Kabupaten Wonogiri yang tertutup reruntuhan longsoran kini mulai dibuka.

.Banyumas.Longsor menyebabkan akses jalan desa ditutup BANDUNG – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tanah di wilayah Kabupaten Bandung terus berlanjut.

Desa Conto berhasil mengungguli 27 desa wisata lainnya di Jawa Tengah dalam kategori ini. Desa Conto mendapat predikat dalam Gelaran Gelar Desa Wisata Jateng 2022 di Gerbang Gajah, Desa Wisata Kambanglimus, Kabupaten Magelang, Sabtu (26/11/2022). Desa Wisata Klaten Sidowarno meraih juara pertama, disusul Desa Wisata Dawuhan Banjarnegara sebagai juara kedua dan Desa Wisata Somongari di Purworejo sebagai juara ketiga. Promosi Koordinator Desa Wisata Conto Asef Indrianto ke Solopos. Iklan Angkringan Omah Semar Solo: Tempat Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi Hujan deras menyebabkan tebing setinggi 12 meter di dekat rumah warga, kata longsor.com, Minggu (27/11/2022) Desa Conto menjadi satu-satunya Desa yang mewakili Kabupaten Wonogiri yang ikut serta dalam Gelaran Desa Wisata 2022.kemenparekraf. Pada tahap awal evaluasi, Desa Wisata Conto mengirimkan video yang diunggah ke YouTube. Kepala Kantor Pertanahan (Kantak) Kabupaten Bandung Julianto mengatakan, pemetaan dan pendaftaran tanah di wilayah Kabupaten Bandung sudah dimulai dengan program PTSL.

Dari tahapan tersebut diambil 10 desa terbaik, Desa Wisata Conto yang terletak di Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Itu hanya mencakup jalan desa,” kata Aiptu. Setelah tahap penilaian video, tim dari Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah melakukan penilaian langsung ke 10 desa tersebut. “Alhamdulillah kami berhasil menjadi Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah 2022 kategori Sapta Pesona dan CHSE. Baca Juga: Keren! Desa Conto Wonogiri Raih Juara 2 Desa Wisata Terbaik Jawa Tengah Desa ini memiliki berbagai peluang wisata mulai dari panorama alam di lereng Gunung Lawu hingga potensi seni dan budaya. Mudah-mudahan penilaian ini bukan obat tidur bagi kami, melainkan insentif untuk meningkatkan kualitas desa liburan di Conto Village,” ujar Asef. Rencananya, warga setempat, relawan, polisi, dan TNI akan menghilangkan longsoran salju pada Sabtu pagi (26/11/2022). Baca Juga: Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah Tahun 2022 untuk kategori ini Diakui Desa Conto tidak memiliki tips dan persiapan khusus untuk mengikuti ajang tersebut. Cukup Rp 99. “Sejauh ini sudah ada 47 pengukuran offline untuk Peta Bidang Pertanahan (PBT).

Apa yang ada dan sudah berjalan menjadi bahan penilaian juri. Dengan begitu, kata dia, ketika ada kekurangan dalam menjalankan desa wisata, juga menjadi penilaian bagi desa tersebut. Daftar Espos Plus. Ia menambahkan, hujan lebat yang berkepanjangan berpotensi memicu longsor di Wonogiri. Conto Village memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang mumpuni dalam pembangunan dan pengembangan desa wisata. Menurutnya, fokus dalam pengembangan Desa Wisata Conto bukan pada pengembangan melainkan memaksimalkan potensi yang ada di desa, termasuk potensi sumber daya manusia (SDM). Obyek Wisata Desa Conto Asef menyampaikan pengelolaan Desa Wisata Conto tidak hanya mengandalkan sumber daya alam yang ditawarkan sebagai wisata. Oleh karena itu, kami menghimbau warga untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam menghadapi kondisi seperti itu,” ujarnya. Hal ini untuk memberikan kepastian hukum khususnya bagi masyarakat.

Pengelola juga menawarkan paket edukasi tentang alam dan budaya, seperti B. proses pembuatan kopi dan teh secara tradisional, bermain dengan alat tradisional dan membuat kerajinan dari akar wangi. “Kami sudah memiliki pandangan yang baik. Oleh karena itu, pengembangan lebih lanjut yang konstan tidak diperlukan. Yang kami maksimalkan adalah kegiatan masyarakat yang kami tawarkan sebagai kegiatan wisata,” ujarnya. Obyek wisata alam di Desa Wisata Conto antara lain Kolam Renang Soko Langit, Gua Resi, kebun sayur, hutan pinus, dan bumi perkemahan.

Diakui Asep, mengelola desa wisata bukanlah tugas yang mudah. Menurutnya, banyak desa liburan yang sulit berkembang karena keterbatasan manajemen staf. Baca juga: Wah! Conto Wonogiri gabung 300 desa wisata se Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif “Komunikasi adalah kunci terpenting agar desa wisata tetap lestari. Nyatanya, banyak desa liburan yang sulit dikembangkan. Biasanya karena manajer jarang bertemu, berbicara, atau berkomunikasi, sehingga anggota manajemen tidak memiliki visi yang sama,” kata Asep.

Kepala Desa Conto Rudi Cahyono mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri yang telah menunjuk mereka sebagai perwakilan untuk menghadiri acara tersebut. Gelar juara ini menurutnya tidak akan membuat Desa Wisata Conto menonjol. Inilah langkah awal untuk lebih mengembangkan desa wisata yang berkualitas. “Sebenarnya acara ini ditawarkan ke desa wisata lain di Wonogiri. Tapi kebetulan kami mungkin satu-satunya yang siap.

Dan alhamdulillah kami menjuarai kategori Sapta Pesona dan CHSE,” ujarnya. Ia menambahkan, Conto Village ditetapkan sebagai desa wisata pada 2020. Dalam dua tahun pertama setelah dibuka, jelasnya, kegiatan wisata justru dilakukan warga Malaysia di Conto Village. karena pandemi Covid-19, maka pariwisata akan kembali bangkit mulai tahun 2022. “Tahun 2022 [Pendapatan Asli Desa] PAD dari kegiatan wisata ini sudah mencapai hampir 150 juta rupiah,” kata Rudi.

Baca juga: .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button