7 Destinasi Wisata Halal di Indonesia, dari Aceh hingga Lombok - WisataHits
Jawa Barat

7 Destinasi Wisata Halal di Indonesia, dari Aceh hingga Lombok

7 Destinasi Wisata Halal di Indonesia, dari Aceh hingga Lombok

Jakarta, CNNIndonesia

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata halal yang tersebar di berbagai daerah. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara luar negeri.

Selain itu, Indonesia baru-baru ini menduduki peringkat kedua tujuan wisata paling populer setelah Malaysia pariwisata halal populer di dunia versi Global Muslim Travel Index 2022.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Cukup banyak kawasan yang mendukung wisata Halal di Indonesia bahkan diketahui berada di sejumlah kota besar di Indonesia.

Wisata halal ini menawarkan berbagai fasilitas yang ramah bagi wisatawan muslim mulai dari akses, pelayanan, jenis kegiatan hingga pengolahan dan penyajian makanan.

Tujuannya tak lain untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi wisatawan muslim yang sedang berlibur.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, tidak ada salahnya mengunjungi kota-kota wisata halal berikut ini. Jangan khawatir karena tempat wisata halal ini tidak hanya untuk pengunjung muslim saja tetapi juga bisa dikunjungi oleh wisatawan non muslim.

1.Lombok

Desa Setanggor di Kecamatan Praya Barat termasuk Lombok Halal Tourism. Ada atraksi bercocok tanam, beternak, berkebun, berkesenian dan belajar membaca Al Quran.

Lombok juga dikenal sebagai pulau seribu masjid. Salah satu masjid megah yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini telah ditetapkan sebagai ikon wisata religi oleh pemerintah setempat dan tidak pernah sepi pengunjung.

2.Aceh





Museum Tsunami Banda AcehDestinasi Wisata Halal di Indonesia, Museum Tsunami Aceh (Saifulmulia/Pixabay)

Liburan di Aceh belum lengkap tanpa mampir ke Masjid Raya Baiturrahman yang didirikan pada masa Kesultanan Aceh dan dirancang oleh arsitek Belanda.

Tak jauh dari masjid, Anda bisa mengunjungi Museum Tsunami Aceh yang berfungsi sebagai pusat pendidikan sekaligus tugu peringatan korban tsunami 2004.

Ingin bersantai sambil menikmati kopi Aceh? Silahkan mampir ke Kedai Kopi Solong Ulee Kareng yang sudah melegenda sejak tahun 1974.

3.Riau

Wisata halal di Indonesia, lalu Riau. Pengunjung yang datang ke Bumi Lancang Kuning tidak perlu khawatir karena tersedia banyak tempat ibadah dan makanan halal di sini.

Salah satu objek wisata terkenal yang wajib dikunjungi adalah Istana Siak Sri Indrapura di Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau.

Gaya arsitektur Istana Siak konon merupakan perpaduan budaya Arab, Malaysia, dan Eropa. Hingga saat ini, kawasan tersebut masih terbuka untuk umum.

4. DKIJakarta

DKI Jakarta memiliki banyak tempat wisata dan restoran halal yang bersertifikat MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tempat wisata ramah muslim tersebar luas, ada Masjid Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sarinah Mall, Thamrin City, Kota Tua, Pulau Seribu dan masih banyak lagi.

Untuk wisata keluarga, ada Dufan yang masih satu kawasan dengan Taman Impian Jaya Ancol, di kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

5. Sumatera Barat





Museum Adityawarman PadangDestinasi Wisata Halal di Indonesia, Museum Adityawarman Padang, Sumatera Barat (museumadityawarman.org)

Tidak ada pilihan tempat wisata Halal di Sumatera Barat yang tidak kalah banyaknya. Di Kota Padang terdapat Pantai Bungus, Museum Adityawarman, wisata air Lubuk Minturun dan lain-lain.

Sedangkan Pariaman memiliki berbagai wisata kuliner Halal antara lain Sala Lauak, ikan goreng, serta aneka kuliner khas Sumatera Barat.

Beranjak ke kawasan Mentawai, Anda bisa menjelajahi wisata laut atau bermain ombak laut karena kawasan ini sering disebut-sebut wisatawan mancanegara.

6. Jawa Barat

Kota Bandung, Jawa Barat mengutamakan gastronomi bersertifikat halal, fashion dan tempat ibadah untuk wisata religi.

Beberapa masjid terkenal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Masjid Raya Bandung di Jalan Asia Afrika, Masjid Al Jabar di Gede Bage Bandung dan Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan.

Selain Bandung, ada juga berbagai destinasi wisata Halal di daerah lain yang masih termasuk Jawa Barat, salah satunya Keraton Kesepuhan di Cirebon.

7.DIY

Suasana Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih sangat dipengaruhi adat dan budaya Jawa dari zaman nenek moyangnya. Wisata halal di Indonesia memiliki banyak bangunan bersejarah dari kerajaan Islam, salah satunya Kesultanan Yogyakarta.

Anda juga bisa berwisata ke Desa Wisata Kauman yang menjadi saksi sejarah penyebaran agama Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button