Inilah 5 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Termasuk Gunung Pangrango? - WisataHits
Jawa Barat

Inilah 5 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Termasuk Gunung Pangrango?

TEMPO.CO, jakarta – Jawa Barat merupakan provinsi yang terkenal memiliki banyak gunung tertinggi. Tak heran jika kemudian Jawa Barat menjadi salah satu tujuan para pendaki gunung setelah Jawa Tengah. Banyak pendaki yang ingin mendaki tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta. Apa saja gunung tertinggi di Jawa Barat?

Gunung tertinggi di Jawa Barat

Jawa Barat yang terkenal dengan pemandangan alamnya juga memiliki gunung tertinggi yang memanjakan pemandangan indah bagi para pendaki. Wisatawan kepada pecinta alam. Para pendaki akan sangat tertantang untuk mendaki gunung tertinggi di Jawa Barat ini mulai dari ketinggian 2.000 hingga 3.000 mdpl.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut jajaran gunung tertinggi di Jawa Barat yang perlu diketahui pendaki:

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 3.078 m. Gunung ini terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Ada tiga jalur untuk menuju puncak Ciremai yaitu jalur Palutungan, jalur Linggarjati di Kabupaten Kuningan dan jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Gunung Ciremai memiliki kawah ganda, yaitu kawah barat dan kawah timur. Ada titik pelarian di lereng selatan yang disebut Walet Gowa. Gunung Ciremai memiliki panorama yang indah dimana pendaki dapat melihat deretan pegunungan di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Pangrango memiliki ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masih terdapat di tiga wilayah yaitu kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Pangrango sendiri terletak di sebelah Gunung Gede dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Panorama Gunung Gede dan Pangrango. Wikipedia/oleh Fahri Rizki Hamdani

Dari beberapa data yang dilansir dari akun @ayoketamannasional yang dikelola oleh Direktorat Pemanfaatan Hutan Lindung Lingkungan KLHK, diketahui bahwa Taman Nasional Gede Pangrango menempati urutan pertama dari 10 taman nasional yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2020. Di sini pendaki bisa menikmati keindahan bunga edelweis saat berkunjung ke Lembah Mandalawangi.

3. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan gunung ketiga di Jawa Barat yang terletak di antara dua kabupaten yaitu Sukabumi dan Cianjur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga termasuk dalam Taman Nasional (TN) Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari 5 taman nasional yang pertama kali diumumkan oleh Indonesia pada tahun 1980. Gunung Gede memiliki keindahan yang memanjakan mata dengan lautan awan di puncaknya.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.821 mdpl ini terletak di Kabupaten Garut tepatnya di Dayeuhmanggung.

Pendaki di Gunung Cikuray, Jawa Barat. instagram.com

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki gunung dari ibu kota. Gunung ini terletak hanya beberapa kilometer dari ibu kota Jakarta. Saat mendaki ke puncak Cikuray, Anda akan dimanjakan dengan lautan awan yang menghiasi Kabupaten Garut.

5. Gunung Papadayan

Gunung Papandayan merupakan gunung tertinggi terakhir di Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Bagi pendaki pemula, ketinggian gunung ini tidak terjal dan bentuknya tidak terlalu mengerucut sehingga memudahkan untuk mendaki hingga ke puncak.

Meski bersahabat bagi pendaki pemula, Gunung Papandayan terbukti menjadi salah satu gunung api aktif saat meletus pada tahun 1772, 1923, 1942 dan terakhir pada tahun 2002. Oleh karena itu, para pendaki perlu lebih waspada dan mencari informasi tentang gunung ini sebelum melakukan pendakian. Meski merupakan gunung berapi, Papandayan memiliki keindahan bunga edelweis, kawah gunung dan Blok Pondok Saladah.

ADI HANYA VIANTO

Baca juga: Sering dianggap sepele, inilah 5 perlengkapan yang perlu dibawa oleh pendaki gunung pemula

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button