Informasi Wisata Situ Ciburuy - WisataHits
Jawa Barat

Informasi Wisata Situ Ciburuy

Informasi Wisata Situ Ciburuy

Bandung tidak pernah bosan menawarkan berbagai wisata alam yang begitu menyejukkan mata. Situ Ciburuy adalah salah satunya.

Situ Ciburuy merupakan destinasi wisata berupa danau dengan air yang jernih. Udara terasa begitu sejuk karena pepohonan yang mengelilinginya. Selain itu, keindahan alamnya mampu memukau wisatawan dan membuat mereka serasa berada di rumah sendiri.

Bisa dijadikan tempat menyegarkan pikiran beserta informasi lengkap tentang Situ Ciburuy di Bandung.

1. Lokasi, jam buka dan tiket masuk

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi dan sejarah yang unikSitu Ciburuy (instagram.com/cimahidrone)

Lokasi: Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat

Waktu aktif: 24 jam

Tiket masuk: Gratis – Rp 30.000

2. Kisah dibalik berdirinya Situ Ciburuy

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi dan sejarah yang unikSitu Ciburuy (instagram.com/aduy.bro)

Destinasi wisata ini tidak hanya memiliki pesona yang mempesona tetapi juga nilai sejarah. Menurut sejarah, Situ Ciburuy merupakan peninggalan Prabu Siliwangi. Ia terkenal dengan kesaktiannya dan kesaktian macan putih.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai medan pertempuran para juara di pulau Jawa yang terbentuk karena dua sungai bertemu di ujung desa Ciburuy. Sehingga bisa dikatakan tempat ini berperan penting dalam ajang bergengsi pada masanya.

Baca Juga: Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Informasi Lokasi, Harga dan Legenda

3. Tradisi togel sejak 1942

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi dan sejarah yang unikSitu Ciburuy (instagram.com/liya86_)

Sebelum Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1942, Situ Ciburuy kerap menjadi ajang peristiwa. Acara di dekat lokasi ini bertujuan untuk mengusir bala bantuan. Pada umumnya upacara ini dipadukan dengan tradisi memancing yang disebut dengan “undian”.

Tak hanya itu, ada juga acara dan pertunjukan hiburan seperti wayang golek, gendang pencak dan ronggeng. Selain itu, keunikan juga menghiasi saat digelarnya acara tersebut, dimana warga sekitar dapat dengan mudah mendapatkan ikan saat memancing atau mancing. Namun, hal itu tidak berlaku bagi pendatang yang sangat sulit mendapatkan ikan.

4. Kegiatan yang menarik

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi dan sejarah yang unikSitu Ciburuy (instagram.com/fdwii_eye)

Ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur di sini. Salah satu caranya adalah menikmati keindahan danau dengan bersantai di tepiannya. Pesonanya bisa berupa air jernih dan pepohonan rindang yang terlihat asri.

Wisatawan juga bisa mengelilingi danau dengan perahu. Anda bisa duduk santai di atas perahu dan merasakan angin sejuk.

Agar liburan semakin lengkap, tidak ada salahnya mencoba berbagai makanan khas telaga berupa ikan segar yang bisa diolah sesuai keinginan pengunjung di beberapa stand terdekat.

5. Fasilitas Penunjang

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi dan sejarah yang unikSitu Ciburuy (instagram.com/aduy.bro)

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata sudah lengkap karena sudah dikelola dengan baik. Wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang luas dan tentunya aman karena ada petugas yang berjaga.

Tidak berhenti sampai di situ, ada juga toilet yang dibangun khusus untuk pengunjung yang ingin buang air. Bagi umat muslim terdapat mushola yang bisa ditemukan tidak jauh dari tempat objek wisata tersebut.

Informasi lengkap destinasi wisata Situ Ciburuy di atas bisa menjadi penentu Anda saat berwisata ke sana. Saat bepergian ingat untuk selalu berhati-hati dan ikuti protokol kesehatan ya!

Baca Juga: 10 Potret Cicalengka Dreamland, Wisata Berkonsep Religius di Bandung

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button