Pariwisata di daerah bencana berkontribusi terhadap kemacetan hingga yang pertama menjadi yang terbaik - WisataHits
Jawa Tengah

Pariwisata di daerah bencana berkontribusi terhadap kemacetan hingga yang pertama menjadi yang terbaik

Suara.com – Melalui laman media sosial, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunggah potret atas nama akun pribadi Blue Tick yang sudah terverifikasi. Dia mengendarai sepeda motor trail. Jenis kendaraan roda dua yang menjadi pilihan utama untuk proses evakuasi dan pengiriman kebutuhan logistik bagi korban gempa Cianjur.

Namun mencermati potret Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menarik perhatian pada tingkah laku orang-orang di dalam kendaraan logistik yang tengah wefie. Tepat di sebelah Ridwan Kamil. Mungkin mereka ingin mengabadikan momen di antara mereka, mungkin ingin Gubernur Jabar masuk dalam bingkai.

“Jangan wisata bencana atau mau lihat-lihat,” demikian caption unggahan Kang Emil melalui akun @ridwankamil di situs media sosial tersebut. Instagram seperti dikutip Suara.com.

Ridwan Kamil berbagi momen bermain bersama anak-anak korban gempa Cianjur. [Instagram @ridwankamil]Saat menghibur anak-anak di tenda pengungsian, Ridwan Kamil menanyakan siapa di antara anak-anak tersebut yang bisa menirukan suara binatang dan bernyanyi. Anda bisa memenangkan cokelat dan kue [Instagram @ridwankamil]

Bantuan atau logistik yang dikirim ke daerah gempa Cianjur, menurutnya, bisa diangkut dengan mobil. Namun, kendaraan pengiriman di belakang bisa terdiri dari enam sampai delapan mobil.

Baca juga: Asuransi Astra bagikan pelajaran keselamatan berkendara lewat Estafet Peduli Bumi di Makassar

“Itu salah satu yang menyebabkan jalan-jalan desa di kawasan bencana yang sempit, rata-rata 4-6 meter, setiap pagi sampai sore selalu macet total. Belum lagi tempat parkir pinggir jalan yang sudah sempit,” lanjut bapak tiga anak ini.

Situasi ini seringkali mempersulit proses evakuasi korban dan distribusi bantuan kepada para pengungsi dan berlangsung sangat lama.

“Mereka diimbau agar efisien dan tertib. Mobil pendukung cukup untuk kebutuhan tim perwakilan. Atau serahkan pada organisasi relawan resmi,” lanjut suami Atalia Praratya itu.

Pernyataan Ridwan Kamil juga menggarisbawahi bahwa mengunjungi daerah bencana sangat tidak baik untuk pariwisata.

“Perjalanan Mah ke Taman Safari atau mantan akun IG terindah untuk wisata masa lalu,” godanya tanpa menghilangkan konteks candaan khas Kang Emil.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil, Pendukung Acara Daihatsu dan Pemprov Jabar Soroti Ekonomi Kreatif 120 Unit GranMax Moko

“Semoga dengan hati yang empati, pikiran yang bijak, dan pikiran yang jernih, imbauan ini dapat dipahami. Terimakasih banyak,” pungkasnya.

Ah, itu Tuan. Harapannya, lalu lintas jalan di sekitar lokasi bencana lancar, bantuan tersalurkan sebagaimana mestinya, dan evakuasi lebih cepat. Nuh banget.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button