Wisata Situ Ciburuy dalam Kesegaran Telaga Hijau - WisataHits
wisatahits

Wisata Situ Ciburuy dalam Kesegaran Telaga Hijau

Wisata Situ Ciburuy dalam Kesegaran Telaga Hijau

Harga tiket masuk Situ Ciburuy: Gratis – Rp 30.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40553.

Bisa dikatakan wisata alam di Bandung sangat beragam. Dari pegunungan, tebing yang bergulung, hutan, danau. Salah satu wisata danau yang bisa menjadi pilihan rekreasi bisa didatangi Terletak Ciburuy. Keindahan alam di sini mampu membius wisatawan sehingga tidak betah berada di Indonesia.

Sebelumnya, kawasan wisata danau ini sering dijadikan tempat berkumpul dan diselenggarakannya acara-acara oleh masyarakat. Namun karena kurangnya perawatan, tempat ini mulai terbengkalai dan terkesan tidak terurus. Namun, pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bandung mulai menata ulang dan mempercantik kawasan Danau Ciburuy.

Harga tiket masuk Situ Ciburuy

Keindahan Situ Ciburuy bisa dinikmati dengan harga murah. Pengunjung yang ingin mencoba naik kapal bisa membayar Rp25.000-Rp. 30.000

Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan
Penyewaan perahu per orang Rp 25.000-Rp 30.000

Baca: Tiket Masuk SITU PATEGGANG dan Aneka Tempat Wisata

Jam buka

Tidak ada jam khusus untuk mengunjungi objek wisata ini. Namun, pengunjung disarankan untuk datang hanya dari pagi hingga sore hari. Agar anda selalu bisa menikmati keindahan alam dan wahana yang tersedia.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Nikmati eksotisme Situ Ciburuy

Keindahan Danau Situ CiburuyKeindahan danau ini memang bisa menyegarkan mata pengunjung. Pemandangan danau yang dibalut pepohonan hijau menjadi suguhan utama. Foto: Gmap/cep buddhi darma

Situ artinya danau, sedangkan Ciburuy adalah nama desanya. Awalnya, danau ini terdiri dari dua sungai kecil yang ujungnya bertemu di desa Ciburuy. Pada tahun 1918, tempat pertemuan kedua sungai itu dibendung dan airnya diatur untuk pengairan sawah.

Lambat laun, air dari bendungan naik dan menggenangi kawasan seluas 14 hektar ini. Karena bentuknya seperti danau, orang menamakannya Situ Ciburuy. Sedangkan dataran tertinggi di tengah danau tidak tergenang air dan membentuk pulau kecil.

Tempat wisata ini begitu indah, air danaunya jernih dan dikelilingi pepohonan. Menjadikannya indah dan sejuk dipandang, tentunya udara di sekitar juga sejuk. Kadang-kadang muncul bayang-bayang pepohonan di perairan yang seolah terpantul di air danau yang jernih.

Baca: Tiket Masuk DUSUN BAMBU Lembang dan 8 Kegiatannya

Berperahu di sekitar Situ Ciburuy

keliling danau dengan perahuWisatawan dapat menyewa perahu untuk berkeliling Danau Ciburuy. Foto: Gmap/HipReni Wiraatmadja

Menghabiskan waktu di Situ Ciburuy bisa dilakukan dengan berjalan-jalan. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang indah. Ambil foto dari waktu ke waktu untuk mengabadikan momen dengan latar belakang panorama yang indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling danau dengan perahu. Duduk santai di atas perahu, menikmati sejuknya angin berpadu dengan dinginnya air danau. Pemandangan yang ditampilkan akan jauh lebih indah.

Di tepi danau banyak yang menyewa perahu kayu untuk berkeliling. Harga yang ditawarkan bervariasi, namun rata-rata tetap cukup terjangkau. Pengunjung juga bisa bernegosiasi dengan pemilik perahu untuk harga sewa.

Baca: Tiket Masuk dan Aktifitas D’Dieuland Bandung

Cerita dibalik keindahan Situ Ciburuy

Selain indah, tempat wisata ini juga sarat nilai sejarah. Menurut cerita, Situ Ciburuy dulunya merupakan peninggalan Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi yang terkenal dengan kesaktian dan kesaktiannya macan putih.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai zona pertempuran para juara pulau Jawa. Yang terbentuk dari dua sungai yang ujungnya bertemu di desa Ciburuy. Dengan demikian, bisa dikatakan tempat ini berperan penting dalam perhelatan bergengsi pada masanya.

Tradisi lotere sejak 1942

untuk ikanOrang menangkap ikan di danau. Foto: Gmap/cep buddhi darma

Sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 1942, Situ Ciburuy sering dijadikan tempat penyelenggaraan acara. Acara yang digelar di dekat danau ini dimaksudkan sebagai upacara tolak bala. Biasanya upacara ini dipadukan dengan tradisi menangkap ikan yang disebut dengan “undian”.

Selain itu, pertunjukan ini sering kali dilengkapi dengan program dan pertunjukan hiburan. Pertunjukan yang diadakan adalah wayang golek, gendang dan ronggeng. Sayangnya, tradisi ini jarang dilestarikan.

Keistimewaan lainnya adalah ikan-ikan yang ada di danau ini. Dimana ketika masyarakat lokal sedang memancing atau mencari ikan maka akan mudah mendapatkan ikan. Sedangkan jika pendatang baru melakukan hal tersebut, akan sangat sulit mendapatkan ikan.

Nikmati masakan ikan khas Situ

Di sekitar danau terdapat warung makan yang menawarkan hidangan khas danau. Tentu saja sajian khas berupa ikan yang tertangkap di pinggir danau. Ikannya segar dan pengunjung dapat memilih hidangan yang rumit sesuai dengan keinginan mereka.

Lokasi Situ Ciburuy

Danau ini terletak di desa Pamalayan, kecamatan Bayongbong, Padalarang. Sekitar 25 km dari pusat kota Bandung. Atau sebagai landmark untuk memudahkan pencarian, lokasinya tidak jauh dari Terminal Damri.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button