Indonesia akan segera memiliki kereta yang indah, perjalanan akan lebih menyenangkan - WisataHits
Jawa Timur

Indonesia akan segera memiliki kereta yang indah, perjalanan akan lebih menyenangkan

Surabaya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan kereta panorama. Kereta ini akan memanjakan mata penumpang dengan jendelanya yang lebar dan besar. Wah, pasti seru.

Dilaporkan oleh detikTravelKereta wisata pertama di Indonesia ini merupakan hasil modifikasi dari kereta api kelas eksekutif. Dilihat detikcom dari akun @balaipengujianka, Kamis (18/8/2022) Sepintas modifikasi terlihat melalui kaca dan atap kereta yang bisa dibuka sehingga pemandangan luar terlihat jelas.

“Kereta dilengkapi dengan sunroof dan kacanya lebih besar. Jadi Anda bisa memiliki pandangan yang lebih luas,” tulis akun tersebut.

Saat ini, KA tersebut masih melakukan uji coba pertama kali sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 15 Tahun 2011. Pihak yang melakukan uji coba adalah Tim Uji Sarana Perkeretaapian Balai Uji Perkeretaapian.

Pengujian dilakukan secara statis atau dinamis. Antara lain, uji desain, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji suhu penyimpanan dan uji kekencangan.

“Semuanya perlu diuji untuk memastikan kereta ini beroperasi, aman dan nyaman saat digunakan,” kata akun itu.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, kereta wisata ini diproduksi di Aula Gubeng Yasa. Namun, Luqman mengaku belum mengetahui detail kereta panorama tersebut.

“Diproduksi di Balai Yasa. Tapi detailnya kami belum tahu,” kata Luqman kepada detikJatim.

Luqman sendiri membenarkan kereta panoramik itu diujicobakan di jalur Surabaya-Lamongan. Namun, Luqman tidak mengetahui kapan tes itu berlangsung.

“Kalau tidak salah, dia mengujinya di jalur Surabaya-Lamongan (jalur). Nanti kalau sudah selesai direksinya akan meluncurkan (kereta panorama),” kata Luqman.

Konsep kereta panorama sebenarnya sudah ada di Eropa, salah satunya Swiss. Kereta ini menjadi objek wisata yang wajib dicoba saat liburan di Swiss.

Salah satu kereta yang paling banyak digunakan turis adalah Bernina Express. Kereta ini beroperasi sepanjang tahun sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan musim yang berbeda termasuk musim dingin dan musim semi.

Jalur yang dilalui juga menarik, mulai dari pegunungan, lembah, desa, danau hingga gletser. Objek yang paling ditunggu oleh wisatawan adalah ikon Swiss dari Pegunungan Alpen.

Saksikan Video PT KAI Kecam Aksi Pelemparan Batu di Kereta Api di Jakarta Timur
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button