Di Bango Snack Festival 2022, 90 pengusaha kuliner memamerkan masakan Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Di Bango Snack Festival 2022, 90 pengusaha kuliner memamerkan masakan Indonesia

TEMPO.CO, jakarta – Bango Snack Festival 2022 menarik 90 pengusaha kuliner Indonesia. Acara yang diproduseri oleh Bango Unilever Indonesia ini mengambil tema “Know the Taste of Indonesia” pada acara tahun ini. Kegiatan yang berlangsung di pelataran parkir Plaza Timur dan Timur Gelora Bung Karno ini berlangsung pada 28-30 Oktober 2022. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Festival Jajan Bango mengajak masyarakat untuk mengenal, mencintai dan melestarikan berbagai jajanan asli Indonesia di #PejuangRasanyaIndonesia

Kekayaan keanekaragaman kuliner tanah air menjadikan Indonesia salah satu negara dengan tradisi kuliner terkaya di dunia. Namun sayang, dari 3.259 ragam kuliner ragam kuliner otentik yang terpantau hingga saat ini, hanya segelintir yang dikenal oleh masyarakat luas.

Di tengah keakraban kita dengan kuliner ikonik seperti nasi goreng, sate, soto dan sambal, masih banyak orang yang belum tahu bahwa negara kita memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 jenis sate, lebih dari 100 jenis soto, hingga 322 jenis sambal. Begitu juga dengan pengetahuan tentang makanan khas daerah. Misalnya masakan Minang yang hanya dikenal dengan Rendang, masakan Palembang dengan Pempek, masakan Yogyakarta dengan Gudeg, dan lain-lain. Bahkan tercatat ada 220 jenis masakan khas Minangkabau. Ada juga 200 jenis makanan khas Palembang serta 192 jenis makanan khas Yogyakarta. Kurangnya pengenalan ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi upaya pelestarian kuliner.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Bango Snack Festival turut memperkuat program Indonesia Spice Up the World dengan memperluas pemasaran produk rempah-rempah Indonesia. Dalam hal ini kecap merupakan salah satu bumbu khas yang menyatukan keragaman masakan Indonesia. Tema “Know the Taste of Indonesia” yang diusung pada Bango Snack Festival kali ini bertujuan untuk merepresentasikan kekayaan keragaman kuliner tanah air, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner terkaya di dunia. Riset kekayaan kuliner Indonesia harus terus mendorong kontribusi UMKM sektor kuliner agar bisa berkontribusi bagi perekonomian negara. “Saya mengapresiasi penyelenggaraan Bango Snack Festival tahunan sebagai wahana yang efektif untuk memperkenalkan berbagai kuliner autentik serta pengusaha kuliner tradisional UMKM legendaris kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Pembukaan Bango Snack Festival 2022/Unilever

Direktur Nutrisi PT Unilever Indonesia Tbk Amaryllis Esti Wijono mengatakan kelezatan berbagai masakan Indonesia memang identik dengan penggunaan kecap yang berkualitas. Melalui kecap bango, pihaknya terus mendukung dan melestarikan masakan asli Indonesia. “Tujuan ini kami wujudkan sejak tahun 2005, antara lain melalui Festival Jajan Bango (FJB) sebagai katalisator untuk menginisiasi komitmen bersama dalam pelestarian kuliner Indonesia. Selaras dengan makna Hari Sumpah Pemuda, tema “Kenali Cita Rasa Indonesia” yang kami angkat tahun ini menjadi simbol semangat “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Rasa, Rasa Indonesia” mempersatukan seluruh masyarakat untuk mengenal, merayakan dan melestarikan berbagai kelezatan masakan Indonesia,” kata Amaryllis.

Sebagai bagian dari rangkaian penyelenggaraan FYB 2022, Bango meluncurkan gerakan #PejuangRasanyaIndonesia sebagai inisiatif untuk membangkitkan rasa ingin tahu, kebanggaan, dan rasa memiliki masyarakat serta berperan dalam pelestarian keanekaragaman kuliner Indonesia. Sejak September, Bango telah mengadakan aktivasi digital besar-besaran, menarik semua orang di #PejuangRasanyaIndonesia untuk mengeksplorasi dan berbagi kekayaan kuliner bangsa. Gerakan ini diawali dengan podcast yang menampilkan Raditya Dika dan pakar kuliner Indonesia William Wongso. Diskusi ini menimbulkan urgensi untuk menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda sebagai pengikut upaya pelestarian kuliner.

Membaca: Hidangan yang menggugah selera di Bango Snack Festival

William Wongso menjelaskan, masih banyak masyarakat khususnya generasi muda yang belum mengetahui keunikan masakan Indonesia. Contoh masakan rendang yang sederhana, banyak yang belum tahu bahwa ada 900 nagari atau desa di Sumatera Barat yang memiliki komposisi bahan dan bumbu yang berbeda untuk mengolah rendang. “Pengetahuan seperti ini perlu disebarluaskan agar kita dapat mengenal, menghargai, dan pada akhirnya melestarikan keragaman rasa dan bahan otentik, kearifan lokal dan perpaduan budaya yang terintegrasi menjadi kekayaan kuliner kita,” katanya.

Untuk semakin membuka cakrawala para pecinta kuliner, FJB 2022 menghadirkan beragam kuliner autentik dari Sabang hingga Merauke yang dengan bangga disuguhkan oleh 90 vendor kuliner legendaris dari berbagai daerah nusantara. 10 di antaranya merupakan vendor kuliner yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui gerakan #PejuangRasanyaIndonesia dan 3 vendor kuliner yang bermitra dengan Tokopedia sebagai mitra pelaksana FJB 2022.

Salah satu yang paling populer adalah Sate Kuah Pontianak Bang Anek. Berbeda dengan sate yang biasanya menggunakan saus kacang atau kecap, sate ini disajikan dengan saus pedas. Bang Anek yang membuka warungnya pada 2010, mengatakan sate kuah merupakan makanan khas Pontianak yang biasa disantap untuk sarapan. “Selain kuah kaldu sapi, kaldu ayam, dan aneka bumbu, keunikan sate ini terletak pada sate sapi atau ayamnya, yang dibumbui dari sehari sebelumnya hingga meresap, kemudian dipanggang dan disajikan dengan irisan ketimun, kacang tanah. sambal, remah-remah, bawang goreng, daun bawang dan gerimis kuah,” katanya.

Selain aneka kuliner khas Indonesia, Bango Gallery yang menjadi trademark FJB juga hadir untuk mengajak pengunjung mengamati proses pembuatan kecap yang berkualitas, mulai dari pembibitan kedelai hitam hingga produksi terbaru. teknik dan keragaman masakan Indonesia, hingga berbagai memorabilia yang unik. Selain itu, sejumlah acara menarik juga telah disiapkan, antara lain pertunjukan musik penuh warna tradisional, demo masak dan masih banyak lagi.

Amarylis berharap Bango Snack Festival 2022 dapat menjadi wadah untuk memuaskan hasrat puluhan ribu orang akan berbagai kelezatan kuliner asli Indonesia. “Semoga FYB 2022 juga dapat menginspirasi seluruh pecinta kuliner untuk lebih mendalami, mencicipi dan menyajikan masakan Indonesia untuk melestarikan masakan nusantara secara turun temurun,” ujar Amaryllis.

Membaca: 3 potret generasi pelestari kuliner di Bango Snack Festival

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button