INDI UGM dan Gapoktan Sembada Gambarejo berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas tanaman Indigofera - WisataHits
Yogyakarta

INDI UGM dan Gapoktan Sembada Gambarejo berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas tanaman Indigofera

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Institut Pewarna Alam Indonesia (INDI) UGM bekerja sama dengan Sembada Gapoktan dari Desa Paddyjo, Semanu, Gunung Kidul untuk mengembangkan potensi dan pemanfaatan tanaman Indigofera untuk menghasilkan pewarna alami.

Kegiatan ini diwujudkan melalui program Pengabdian Masyarakat Berbasis Desa Binaan UGM 2022.

Program dan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim INDI UGM yang terdiri dari Supriadianto, SS, MA selaku Ketua Pengabdian Desa Binaan 2022, Prof.DR.Ir. Edia Rahayuningsih, MS, dan Prof.DR.Kumala Dewi,Sc,St yang didampingi oleh Ketua Gapoktan dan PPL Sembada di Desa Papadejo.

Program Desa Binaan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi untuk keberlanjutan kesejahteraan masyarakat di Desa Pacar Gunungkidul.

Kegiatan tahun kedua ini dilakukan atas dasar penilaian tahun sebelumnya, sehingga kegiatan tahun 2022 difokuskan pada beberapa hal, antara lain praktek tata cara penaburan untuk menghasilkan bibit tanaman Indigofera yang diperlukan dari luas lahan yang tersedia, yang tidak diimplementasikan dengan benar.

Selain itu juga dioptimalkan dari segi pemahaman Gapoktan tentang waktu tanam, jarak tanam, pemupukan dan waktu panen yang masih belum dipahami dan dilaksanakan dengan baik.

Seperti yang tertuang dalam proposal awal, kegiatan desa binaan di Paddyjo diperlukan secara bertahap dan selama beberapa tahun agar pengembangan sistem pasokan bahan baku dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan budaya masyarakat.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Desa 2022 di Desa Paddyjo telah melaksanakan beberapa kegiatan yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Diantaranya membangun komitmen untuk meningkatkan lahan, mensosialisasikan peningkatan produksi benih, dan mensosialisasikan pengembangan pola tanam untuk tanaman Indigofera.

Dalam membangun komitmen peningkatan luas perkebunan Indigofera bersama Gabungan Kelompok Tani Semada Desa Papadejo, tim INDI UGM melalui Ketua INDI UGM Prof. SS, MA memberikan jaminan ketersediaan lahan di Desa Paddyjo untuk penanaman Indigofera Tinctoria L.

Melalui konsep simbiosis mutualisme, hasil panen dari daun tanaman Indigofera ini akan dibeli langsung dari INDI UGM untuk membujuk Gabungan Petani Sembada Pacarejo agar kembali bermanfaat bagi masyarakat sebagai bagian dari keberlanjutan Desa Binaan UGM program.

Selain itu, tim Desbin INDI UGM 2022 juga mensosialisasikan bagaimana bibit tanaman Indigofera dapat diperbanyak melalui sistem pembibitan lokal oleh petani kearifan di desa Papadejo, yaitu dengan menabur benih di lahan langsung.

Hal itu juga disampaikan melalui matriks penanaman tanaman Indigofera di lahan tersebut.

Usai diskusi bersama, Ketua Gapoktan Sembada Papadejo, Watino bersama Ketua Kelompok Tani lainnya menyatakan dan meyakinkan Tim Desbin UGM 2022 bahwa Gapoktan telah menyisihkan sekitar tiga hektar lahan untuk penanaman Indigofera Tinctoria L , yang terletak di bekas kawasan wisata Bendungan Jowintang Dusun Serpeng Lor.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button