HUT TNI ke-77, Kopassus Adakan Bakti Sosial di kawasan Nara Kupu, Jogja - WisataHits
Yogyakarta

HUT TNI ke-77, Kopassus Adakan Bakti Sosial di kawasan Nara Kupu, Jogja

HUT TNI ke-77, Kopassus Adakan Bakti Sosial di kawasan Nara Kupu, Jogja

tanpa judul

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya, Batalyon 23 Grup 2 Kopassus mengadakan kegiatan bakti sosial bersama Nara Kupu Jogya dengan tema “Kita Sehat, Indonesia Kuat” di daerah Pakem, Sleman, DIY.

Bakti sosial yang rutin digelar dalam rangkaian peringatan HUT TNI antara lain pembagian sembako kepada warga kurang mampu dan lansia, donor darah dan arisan.

Komandan Batalyon 23 Grup 2 Kopassus/Dhanuja Yudha, Mayjen Inf Arif Nofiyanto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan TNI dengan membantu PMI menutupi ketersediaan darah di wilayah Sleman.

“Reuni keluarga ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan moral prajurit dan mempererat tali silaturahmi antar prajurit serta silaturahim antara Yonif 23 dengan Nara Kupu Jogya,” kata Arif dalam keterangannya, Sabtu (17 September 2022).

Sebagai informasi, target penyaluran sembako adalah warga yang tinggal di kawasan Nara Kupu, Jogya. Sementara itu, prajurit Kopassus dan staf dari Nara Kupu Jogya berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, dan prajurit dari Batalyon 23 Kopassus Grup 2 mengadakan reuni keluarga.

Direktur Jenderal Nara Kupu Jogya Theresia Indra Cahaya mengatakan, kegiatan bersama Batalyon 23 Grup 2 Kopassus ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

“Ini juga menjadi tujuan kami, dimana Nara Kupu tidak hanya menjadi kawasan wisata edukasi, tetapi juga ikut serta dalam menciptakan masyarakat yang sehat. Tentu kami sangat berterima kasih kepada komandan batalyon beserta jajarannya atas kerjasama ini,” ujar Tere, panggilan akrab Theresia Indra Licht.

Selain itu, kata Tere, bersama Batalyon 23 Grup 2 Kopassus, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari pihak lain, mulai dari Palang Merah Indonesia (PMI) hingga Ikatan Alumni PPRA Lemhannas ke-49 (IKAL 49).

Harapannya, kata Tere, masyarakat di sekitar Nara Kupu Jogya, tepatnya di Kecamatan Hargobinangun, Kabupaten Sleman, bisa merasakan manfaat besar dari keberadaan perkebunan organik dan memelihara rusa dan ternak lainnya.

“Kami juga berterima kasih kepada PMI, GMT Property, Kamalaya TS’87, Sayur Kendal, MorningDew, Pecel 57, Ngombe Kamu, IKAL 49 dan lainnya yang telah membuat acara ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Kami tentu berharap masyarakat di sini benar-benar bisa merasakan manfaat dari kegiatan Nara Kupu Jogya. Tentunya selain donor darah ini, kami juga sangat terbuka untuk mengedukasi masyarakat tentang pengolahan sampah organik untuk berbagai kegunaan seperti kompos dan lain-lain,” lanjutnya.

Perlu diketahui bahwa Nara Kupu Jogya dijadwalkan akan mengadakan soft opening pada 20 Oktober 2022. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini juga sering menyelenggarakan seminar, workshop dan berbagai kegiatan edukasi lainnya bersama masyarakat dan mahasiswa.

Selain itu, sebagai kawasan penanaman sayuran organik dengan sistem urban digital farming, Nara Kupu Jogya juga berkomitmen untuk melestarikan lingkungan melalui pengolahan sampah organik dengan melibatkan pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button