Tugu Muda, monumen bersejarah untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang - WisataHits
wisatahits

Tugu Muda, monumen bersejarah untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam Alamat: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Tugu Muda adalah sebuah monumen batu di kota Semarang yang diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai simbol perjuangan para pemuda yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini dibangun untuk memperingati pertempuran 5 hari di Semarang melawan tentara Jepang pada masa transisi dari 15 Oktober hingga 20 Oktober 1945.

Monumen ini berbentuk seperti lilin sebagai filosofi semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah padam. Monumen ini memiliki tiga bagian yaitu kepala, badan dan pondasi yang semuanya terbuat dari batu. Pada sisi dasar tugu terdapat relief dengan sanggar bertiang lima. Sedangkan penampang tugu berbentuk segi empat.

Tidak hanya sebagai monumen bersejarah, Tugu Muda Semarang yang terletak di Sekayu juga memiliki keindahan yang menarik untuk dikunjungi jika Anda berada di Semarang. Daerah ini memiliki taman instragrammable yang indah. Tak heran jika Anda berada di Semarang, tugu ini sayang untuk dilewatkan.

Daya Tarik Tugu Muda

Daya Tarik Tugu Muda SemarangKredit gambar: Facebook VIVA.co.id

Ini bukan hanya sebuah monumen. Tugu Muda di Semarang juga memiliki pesona tersendiri. Oleh karena itu, kawasan ini selalu ramai dikunjungi banyak orang, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Berikut beberapa tempat wisata yang termasuk destinasi wajib di tengah kota Semarang ini.

1. Taman

Di sekitar monumen diletakkan taman yang cukup besar untuk digunakan oleh pengunjung rekreasi. Taman ini ditumbuhi berbagai jenis pohon dan bunga, sehingga asri dan segar. Taman ini juga menjadi salah satu daya tarik karena merupakan tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Taman ini juga memiliki spot foto yang menarik, salah satunya adalah taman berbentuk love. Dengan bentuknya yang unik, tempat ini menjadi favorit pengunjung yang datang untuk berfoto. Ada juga banyak pengunjung yang hanya duduk-duduk di sekitar taman.

2.Arsitektur

Tugu Muda memiliki arsitektur yang sangat unik, terdapat relief pada sisi-sisinya. Apalagi monumen ini tentunya memiliki filosofi yang sangat mendalam tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu. Bentuknya seperti nyala lilin, mengandung semangat pemuda yang terus berkobar membela bangsa Indonesia yang hingga kini masih belum bisa diwujudkan.

Bangunan batu ini memiliki 5 relief yang menopangnya. Masing-masing relief ini menceritakan perjuangan dari masa penjajahan hingga kemerdekaan Indonesia di Semarang. Sedangkan di atas relief ini merupakan lambang Pancasila.

3. Air Mancur

Hal yang Dapat Dilakukan di Tugu MudaKredit gambar: Google Maps Putri Isnayni Dewi

Air mancur adalah salah satu atraksi utama di daerah ini. pada malam hari, air mancur ini dipenuhi dengan lampu hias yang sangat indah, sehingga sangat cocok sebagai tempat kunjungan malam hari. Air mancur ini ditunggu-tunggu oleh pengunjung untuk melihat pertunjukannya. Ditambah dengan kolam yang mengelilinginya, terlihat sejuk dipandang mata.

Kolam air yang mengelilingi monumen ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan adanya kolam renang ini, suasana di sekitarnya terlihat segar dipandang mata. Jika air mancur bekerja di atas kolam ini, airnya yang lembut akan menerpa Anda.

4. Lawang Sewu

Siapa yang tidak mengenal Lawang Sewu? Bangunan ini sangat terkenal dan memiliki sejarah yang panjang.

Lokasinya yang sangat dekat dengan Tugu Muda, sehingga banyak pengunjung yang datang ke monumen ini juga singgah di depan gedung yang sudah ada sejak zaman Belanda ini. Jika Anda datang ke tugu, Anda juga bisa mencoba mengunjungi Lawang Sewu ini

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Muda SemarangKredit gambar: Google Maps Sutardi

Tugu Muda Semarang terletak di tengah kota Semarang. Jaraknya sekitar 15 menit dari Bandara Ahmad Yani. Rute yang bisa ditempuh adalah melalui Jl. Yos Sudarso menuju ke arah Bundaran Kalibanteng. Kemudian belok kiri di Jl Jenderal Sudirman. Ikuti saja jalan sekitar 4 kilometer untuk sampai ke sana.

Sedangkan jika Anda datang dari arah Yogyakarta, maka Anda harus mengarahkan kendaraan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr Kariadi tepatnya di Jl Dr Sutomo yang hanya berjarak 1 kilometer dari tugu. Selain menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti bus Trans Semarang dengan biaya Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja.

Tugu ini merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Buka setiap hari selama 24 jam, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati indahnya suasana taman kota. Anda juga dapat bepergian dengan bebas di malam hari karena tersedia air mancur dan lampu warna-warni yang indah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tugu Muda

Kegiatan menarik di Tugu MudaKredit gambar: Google Maps raden agus suparman

Jika Anda datang ke Tugu Muda, Anda pasti tidak akan duduk diam. Ada kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Meski bukan area yang sangat luas, Anda tetap bisa leluasa melakukan beberapa aktivitas seperti berikut ini.

1. Santai

Jika anda bingung mencari tempat bersantai yang murah di Semarang, anda bisa datang ke wisata ini. Lokasinya yang nyaman dan asri menjadikan kawasan ini sangat kondusif untuk relaksasi. Area ini juga sering digunakan oleh anak muda sebagai tempat pertemuan. Ini adalah taman terbuka bagi Anda dan teman Anda untuk berbicara dan tertawa dengan bebas.

2. Ambil gambar

Kawasan monumen ini memiliki spot foto yang sangat menarik. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang mencari foto yang instagramable. Salah satu tempat yang paling sering digunakan adalah taman cinta. Namun, jika Anda kembali menelusuri taman di monumen ini, Anda akan menemukan spot lain yang tak kalah menarik.

3. Nikmati air mancurnya

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pertunjukan air mancur di Tugu Muda Semarang. Air mancur di kolam sekitar taman memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang datang untuk bisa melihat air mancur tersebut. Apalagi di malam hari, air mancur ini terlihat jauh lebih indah dengan lampu hias warna-warni.

4. Kunjungan malam

Buka 24 jam sehari, kawasan monumen ini sangat ideal untuk kunjungan malam hari. Selain itu, karena berada di tengah kota, lingkungan ini tidak pernah terasa sepi. Menariknya, area monumen yang dikelilingi kolam dengan air mancur ini dilengkapi dengan lampu hias yang semakin mempercantiknya di malam hari.

5. Sejarah Studi

Hal yang Dapat Dilakukan di Tugu MudaKredit gambar: Google Maps Bintangsemarang354

Sebagai monumen, kawasan ini menyimpan sejarah, khususnya tentang perjuangan para pemuda untuk meraih kemerdekaan. Detail arsitekturnya memiliki makna dan makna tersendiri untuk dipelajari agar tidak melupakan sejarah Indonesia di masa lalu, khususnya perang 5 hari yang pernah ada di Semarang untuk mengusir penjajah Jepang.

6. Keluar

Kawasan ini memang sangat cocok untuk bertemu anak muda. Terutama pada malam hari. Menjadi tempat yang santai, anak muda bisa berbincang dan melakukan berbagai aktivitas seru bersama. Terkadang ada juga pedagang kaki lima seperti bakso sehingga pengunjung juga bisa jajan sambil nongkrong di area ini.

7. Datang ke Lawang Sewu

Karena letaknya yang sangat dekat, hal menarik lainnya datang dari wisata Lawang Sewu. Bangunan yang sangat ikonik ini juga menyimpan berbagai cerita dan peristiwa dari masa lalu. Karena itu, banyak pengunjung yang penasaran dan datang sendiri. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin mengunjungi monumen tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi Lawang Sewu juga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Tugu Muda SemarangKredit gambar: Google Maps Youhua Nita

Tugu Muda memiliki fasilitas berupa taman yang asri. Ada spot foto kekinian, termasuk taman cinta. Seperti namanya, taman ini dipenuhi tanaman rambat berbentuk hati. Di bawah ini adalah jalan. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk berfoto.

Fasilitas lainnya meliputi rest area, kamar mandi dan tempat parkir kendaraan. Ada dua tempat untuk memarkir kendaraan yaitu di sebelah kanan Lawang Sewu atau bisa juga di halaman Museum Mandala. Taman kota dengan monumen bersejarah ini juga sangat bersih dari sampah yang berserakan, hal ini dikarenakan di beberapa sudut taman juga terdapat tempat sampah.

Monumen ini berada di tengah kota, sehingga juga dekat dengan tempat-tempat umum. Jika Anda dari luar kota, Anda tidak perlu bingung mencari penginapan. Tidak jauh dari monumen ini terdapat hostel yang nyaman dan terjangkau. Hostel terdekat hanya berjarak 450 meter dengan fasilitas yang memadai.

Tugu Muda adalah landmark ikonik di Semarang, Jawa Tengah. Sebagai kawasan yang bernilai sejarah, monumen ini juga memiliki taman dan air mancur yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, monumen ini juga sangat dekat dengan gedung Lawang Sewu yang sangat terkenal. Oleh karena itu, tugu ini menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke Semarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button