HUT PDI Perjuangan, PAC Jetis PDI Perjuangan menanam pohon dan membersihkan sungai - WisataHits
Yogyakarta

HUT PDI Perjuangan, PAC Jetis PDI Perjuangan menanam pohon dan membersihkan sungai

HUT PDI Perjuangan, PAC Jetis PDI Perjuangan menanam pohon dan membersihkan sungai

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Upaya peduli lingkungan dan ekosistem sungai di wilayah metropolitan Yogyakarta terus dilakukan kader PDI Perjuangan.

Gerakan menjaga kebersihan bantaran sungai menjadi pilihan nyata aksi dalam memperingati 50 tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Yogyakarta.

“Gerakan bersih sungai dan menjaga lingkungan di bantaran sungai ini mengisi peringatan 50 tahun PDI Perjuangan. Ini juga merupakan bagian dari peringatan HUT ke-76 Ibu Megawati Soekarnoputri. Kader partai bergotong royong melakukan pembersihan dan pensucian sungai,” kata Suryani, Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Sabtu (28/1/2023).

Bagi kader PDI Perjuangan, langkah gerakan penghijauan di bantaran sungai dan pensucian sungai dikatakan sangat signifikan, karena sungai adalah jalan peradaban, air adalah sumber kehidupan.

Suryani, Ketua Badan Pemberdayaan & Perlindungan Perempuan DPC PDI Perjuangan Yogyakarta, menambahkan penghijauan anak tangga di bantaran sungai serta pemeliharaan sumber air diperlukan karena akar pohon menyimpan air.

“Gotong-royong, Aksi Bersih Sungai Selain mencegah banjir, hasilnya air mengalir lancar tanpa terhalang sampah. Kalau sungainya bersih bisa jadi destinasi wisata di sepanjang sungai kalau sungainya bersih dari sampah,” kata Suryani, Direktur Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Perempuan dan Anak DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Jenis pohon yang ditanam di tepi sungai adalah bibit durian Musang King. Lokasi penanaman dan pengambilan sampel Sungai Code adalah Jetis Pasiraman RW 8 Kel. Cokrodiningratan Kec. Jeti Yogyakarta.

Antusiasme warga untuk mengikuti gladi bersih dan penanaman pohon khususnya kelompok ibu-ibu atau ibu-ibu seperti Ibu Anik RW 8, serta ketua RW 11 Ibu Sutiyem dan pengurus Pokdarwis Ibu Sutanti bersama masyarakat terlihat maju untuk aktif menanam dan berpartisipasi dalam latihan aliran kode.

Enggar, Ketua PDI Perjuangan PAC Jetis Yogyakarta menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada Ketua Megawati Soekarnoputri yang sangat mencintai tumbuhan sebagai pionir bagi seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan agar hidup sehat dapat terwujud.

“Ini merupakan bentuk kecintaan kami terhadap kelestarian lingkungan, menjaga dan mengolah sungai, sebagai wujud perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT ke-76 Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Enggar, Ketua Umum PDI Perjuangan PAC Jetis.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta mengatakan, langkah konkrit dalam gerakan penghijauan, pemeliharaan ekosistem sungai dan pemulihan sungai akan terus dilakukan dan lestari.

“Mari kita terus melestarikan lingkungan perkotaan, termasuk menjaga ekosistem sungai di perkotaan. Lingkungannya bersih, sehat, tanaman dan bibit buah yang diharapkan kedepannya dapat tumbuh dengan baik, dan buahnya dapat memberikan tambahan vitamin bagi warga sekitar,” ujar Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button