Kontribusi untuk pariwisata olahraga sangat meningkatkan pariwisata do-it-yourself - WisataHits
Yogyakarta

Kontribusi untuk pariwisata olahraga sangat meningkatkan pariwisata do-it-yourself

IHRAM.CO.ID, YOGYAKARTA – Wisata olahraga diyakini dapat membantu mendongkrak pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke sektor DIY. Bahkan, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan kenaikan tersebut cukup signifikan.

Singgih mengatakan potensi wisata olahraga di DIY juga sangat besar. Saat ini sudah banyak event olahraga yang diadakan untuk meningkatkan potensi wisata olahraga.

“Luar biasa (potensi bersepeda, lari dan kegiatan olahraga lainnya luar biasa. Apalagi lari dan sepeda cukup banyak acaranya,” kata Singgih belum lama ini.

Singgih mengatakan, wisata olahraga do-it-yourself memiliki multiplier effect. Karena wisata olahraga juga mempengaruhi perekonomian masyarakat DIY.

“Yang jelas dari sisi akomodasi pasti (terpengaruh), transportasi aman, kemudian dari sisi kuliner juga akan sangat penting. Jadi itu kontribusi yang sangat bagus,” kata Singgih.

Menurutnya, setiap daerah DIY memiliki potensi wisata olahraga yang berbeda-beda. Namun, jika event wisata olahraga diadakan di satu daerah di DIY, maka akan mempengaruhi daerah lain.

“Kalau kita bicara acara di Prambanan pasti daerah Sleman di sisi timur atau satu lajur, pasti penuh dulu, lalu menyebar ke kota Yogyakarta. Kalau eventnya diadakan di kota Yogyakarta, pasti kota Yogya dan sekitarnya akan ramai dulu,” jelasnya.

Namun, event sport tourism tidak terkonsentrasi di satu tempat saja. Namun juga di daerah DIY lainnya agar dapat mengimbangi pengembangan potensi wisata di seluruh wilayah DIY.

“Kami juga mendistribusikan agar acara tidak berkumpul di satu tempat. Misalnya kita bekerja di sana dengan biro iklan atau dengan Dispars, itu bagian dari bagaimana kita mendistribusikan dampak pariwisata agar seimbang di DIY,” tambah Singgih.

Source: ihram.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button