Holiday Nataru, berikut prakiraan cuaca tempat wisata di Bandung dan daerah lain di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Timur

Holiday Nataru, berikut prakiraan cuaca tempat wisata di Bandung dan daerah lain di Jawa Barat

TEMPO.CO, bandung – Wisatawan yang merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru atau Liburan Naruto Di wilayah Jawa Barat, mereka diminta mengantisipasi cuaca dan kondisi alam di sekitar tempat wisata. Menurut Kepala Badan Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, wilayah laut di pesisir selatan Jawa Barat itu berpotensi menimbulkan gelombang setinggi empat meter.

“Sesuai dengan prediksi, diharapkan kewaspadaan sepanjang periode Nataru,” ujarnya, Rabu, 21 Desember 2022.

Berpotensi hujan lebat di wilayah Bandung

Sedangkan di kawasan pesisir utara Jawa Barat, gelombang laut tergolong rendah hingga sedang dengan ketinggian mencapai dua meter. Potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Jawa Barat bagian tengah. Hujan deras juga bisa terjadi di wilayah timur, terutama pada sore hingga sore hari dan larut malam.

Wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada sore hingga malam hari,” kata Rahayu.

Di wilayah metropolitan Bandung yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Bandung Barat tidak berpeluang mengalami kondisi waspada atau waspada selama periode 21-23 Desember 2022. Namun, pada 30 Desember berpeluang terjadi hujan sedang hingga lebat.

Lihat: Hanya wisatawan yang ingin ke pantai di Kota Batam yang menelepon dulu penjaganya

“Selain tanggal tersebut, sepanjang periode Nataru pada 21-31 Desember, wilayah metropolitan Bandung berpeluang mengalami hujan ringan hingga sedang,” ujarnya.

pemantauan BMKG

Hasil pemantauan BMKG terhadap kondisi dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia meningkat dan laporan dingin Asia menguat. Dampaknya secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan dan pertumbuhan awan hujan di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Faktor lain adalah bukti terbentuknya pusat tekanan rendah di perairan selatan Indonesia, yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif. Hal ini berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, dan peningkatan ketinggian gelombang di sekitarnya.

MAHASISWA ANWAR

Baca: Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Banten, Wisatawan Diminta Waspada

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button