18.855 personel gabungan dikerahkan untuk operasi Semeru-Lilin 2022 - WisataHits
Jawa Timur

18.855 personel gabungan dikerahkan untuk operasi Semeru-Lilin 2022

JawaPos.com– Selama Operasi Semeru Lilin 2022, sebanyak 18.855 personel gabungan dari Pemprov Jatim, Polri, TNI dan elemen masyarakat dikerahkan untuk mengamankan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Berdasarkan data Polda Jatim, total 18.855 personel gabungan dari berbagai elemen akan dikerahkan kali ini,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seperti dikutip Di antara dalam Rapat Koordinasi Antarsektoral Operasi Lilin Semeru Semeru 2022 di Mapolda Jatim di Surabaya, Rabu (21/12).

Secara spesifik, staf tersebut terdiri dari 3.797 pegawai Pemprov Jatim, 11.186 pegawai Polri, 1.825 pegawai TNI dan 2.047 orang dari berbagai lapisan masyarakat. Kalian semua pasti akan bersinergi untuk memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 2023.

Selain kesiapan personel, Pemprov Jatim juga menyoroti kesiapan armada angkutan umum. Sebanyak 5.444 bus, 130 kereta api, 214 penerbangan, dan 101 kapal laut telah disiapkan sebagai angkutan umum untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023.

Khofifah menekankan kepada semua pihak bahwa penyelenggaraan Natal dan Tahun Baru kali ini sangat berbeda dengan tahun 2020 dan 2021. Karena itu, dia meminta semua pihak mengharapkan pelayanan yang berbeda dibandingkan tahun lalu.

Khofifah mencontohkan, semua fasilitas mulai dari rumah sakit daerah dan swasta hingga puskesmas harus siaga 24 jam sehari. Untuk itu ia meminta fasilitas di rumah sakit dan puskesmas di semua titik yang bisa diharapkan, semuanya dalam posisi yang berdekatan.

“Saya yakin tahun ini tidak akan berhasil dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, karena peningkatan mobilitas masyarakat sangat kuat. Sehingga membangun komitmen menyambut Natal dan Tahun Baru saat ini tidak bisa dibandingkan dengan tahun 2021 dan 2020,” ujar Khofifah.

Selain kesiapan pelayanan kesehatan di titik-titik strategis, Gubernur Khofifah juga berpesan agar Pertamina dan PLN bersiap. Dengan meningkatnya mobilitas dan kesiapsiagaan terhadap bencana hidrometeorologi di Jawa Timur, inovasi kesiapsiagaan perlu dilakukan. Salah satunya dengan menyediakan SPBU dan Gardu Bergerak bagi masyarakat.

“Kami juga belum menghadapi kemungkinan tornado menghantam pohon tumbang dan menyebabkan pemadaman listrik. Oleh karena itu, gardu bergerak penting untuk menjaga stabilitas pasokan listrik di tempat ibadah,” kata Khofifah.

“Jangan sampai tempat ibadah mati listrik. Jangan sampai ada tempat ibadah yang terganggu kekhusyukan ibadahnya,” imbuhnya.

Gubernur meminta keseriusan dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat. Hal ini penting karena keselamatan dan keamanan selama Natal dan Tahun Baru selalu menjadi tanggung jawab dan tugas bersama.

“Saya meminta Anda untuk menjelaskan hal-hal seperti itu secara rinci. Kami menyiapkan makro, kami menyiapkan mic dan rincian rencanakami juga mempersiapkan untuk itu. Yang tidak kalah penting adalah memastikan distribusi pangan cukup dan adil,” kata Khofifah.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyatakan penyelenggaraan Rakor Persiapan Operasi Lilin Semeru 2022 merupakan langkah ke depan aparat untuk mewujudkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman bagi masyarakat. “Jika nanti ada kendala teknis, kami sudah mengantisipasinya berdasarkan rekomendasi yang disampaikan sebelumnya,” kata Khofifah.

Kapolda menegaskan, kegiatan akan terus berlanjut di bidang teknis dan detail seperti tes urine bagi pengemudi angkutan umum selama Natal dan Tahun Baru. Untuk pengamanan Natal, personel akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan berlapis dan sterilisasi di 2.820 gereja di seluruh Jawa Timur.

Sementara untuk perayaan malam tahun baru 2023, berdasarkan hasil rekapitulasi, terdapat 3.951 titik kegiatan yang akan menjadi fokus operasi lilin untuk mengantisipasi kerumunan massa, kata Toni Harmanto.

Sementara itu, merujuk pada mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, Toni Harmanto memastikan akan memberikan perhatian khusus pada tempat-tempat wisata yang akan ramai dikunjungi saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Penerbit : Latu Ratri Mubyarsah

Wartawan: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button