Sandiaga optimis perhelatan olahraga internasional semakin meningkat... - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga optimis perhelatan olahraga internasional semakin meningkat…

Sandiaga optimis perhelatan olahraga internasional semakin meningkat…

LANGIT7.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik berbagai event olahraga kelas dunia di Indonesia. Sandiaga yakin upaya tersebut akan meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Tanah Air.

“Tahun ini targetnya 7,4 juta wisman. Jadi, salah satu strateginya adalah adopsi acara Kelas dunia di tingkat internasional,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan persnya, Kamis (26/1/2023).

Salah satu event yang digelar adalah F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara. Sandi menekankan acara yang akan berlangsung pada akhir Februari, akan meningkatkan jumlah wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah.

Baca juga: Solo Safari dianggap sebagai ikon wisata baru di Surakarta

“Tentu saja ini sudah disiapkan. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan menarik 25.000 wisatawan yang akan mendongkrak ekonomi lokal di negara Toba,” ujarnya.

Selain Powerboat F1, Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA ​​2023 (FIBA World Cup 2023). Kompetisi yang diikuti 8 negara itu akan digelar di Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

acara yang lainnya adalah Piala Dunia U-20 FIFA. Sandiaga berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia dapat membawa manfaat bagi sepak bola Indonesia dan perekonomian nasional. “Tentu juga peningkatan citra Indonesia sebagai negara yang bisatuan rumah turnamen internasional.

Baca juga: Wisatawan asal Tiongkok merupakan target pasar terbesar pariwisata Indonesia

Terkait target wisman menggelar Piala Dunia U-20, Sandi mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masih menghitung dengan matang semua persiapan, anggaran yang dikeluarkan, dan target perolehan devisa. “Jadi kami akan menghitungnya dengan sangat hati-hati agar anggaran itu tepat sasaran dan dibelanjakan dengan manfaat yang tepat,” katanya.

Selanjutnya ada ANOC World Beach Games yang akan diadakan di Bali pada bulan Agustus mendatang. ANOC World Beach Games akan mengundang 205 negara dari seluruh dunia dan bertujuan untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan industri kreatif.

Sandi memperkirakan penyelenggaraan sport tourism akan menarik 100-120 ribu wisatawan. Namun, angka tersebut akan terus berfluktuasi tergantung dari jumlah permainan yang akan dimainkan.

“Total devisa yang diterima diperkirakan US$5,9 miliar wisata olahraga Target kami adalah mendapatkan hingga $500 juta,” kata Sandi.

Baca juga:

2 juta wisatawan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Pasuruan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 7,4 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023

(bahkan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button