Dengan adanya bank sampah, Kampung Cibunut Bandung menjadi wisata menarik di tengah kota - WisataHits
Jawa Tengah

Dengan adanya bank sampah, Kampung Cibunut Bandung menjadi wisata menarik di tengah kota

Dengan adanya bank sampah, Kampung Cibunut Bandung menjadi wisata menarik di tengah kota

Dengan adanya bank sampah, Kampung Cibunut Bandung menjadi wisata menarik di tengah kota
Kacang cibu terbaik, bandung. © 2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Merdeka.com – Terletak di Desa Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Desa Cibunut merupakan salah satu destinasi wisata menarik di pusat kota. Ada banyak mural warna-warni di desa ini dengan kondisi lingkungan yang bersih dan asri. Penduduk setempat menyebut tempat ini sebagai Cibunut Finest.

Keindahan pesona desa wisata Denda Cibunut tidak lepas dari upaya gotong royong masyarakat dalam membersihkan sampah. Untuk itu, masyarakat setempat mengelola bank sampah untuk menjaga lingkungan.

Artikel media taboola

“Ban sampah dengan berbagai jenis bisa dimanfaatkan hingga 700 kg dalam sebulan,” kata Direktur Bank Sampah Cibunut Finest Agus, mengutip situs Pemkot Bandung, Senin (12/9).

2 dari 3 halaman

Warga berhasil mengelola sampah

Bandung memang terbaik

© 2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Dijelaskan Agus, keberhasilan warga membangun desa wisata ini tak lepas dari sistem pengelolaan sampah yang baik. Sampah diangkut tiga kali seminggu, yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

Selain itu, melalui kerjasama antar warga, kawasan ini berhasil mengurangi jumlah sampah sebanyak 3 ton dalam kurun waktu 1 bulan.

Warga sekitar yang berkunjung juga dapat melihat kegiatan pengumpulan sampah organik, yang kemudian diolah menjadi kompos oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (KSM).

Menjadi desa yang penuh warna

Bandung memang terbaik

© 2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Sebagai kawasan wisata visual, Cibunut Finest memiliki keunikan, seperti B. Mural yang berbeda di setiap RW. Tentu saja, mural tidak hanya berwarna-warni, tetapi juga membawa pesan khusus.

Beberapa pesan yang disampaikan antara lain ajakan untuk melestarikan budak Kaulinan (permainan tradisional anak), sejarah, dan pesan edukasi kepada masyarakat.

Ada juga perkebunan Jagd Sae di lokasi yang dikelola oleh penduduk setempat. Biasanya, pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto selfie di area yang dilukis dengan mural.

3 dari 3 halaman

Menjadi perjalanan pendidikan

Bandung memang terbaik

© 2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Warga Cibunut Finest tetap berkomitmen menjaga lingkungan dengan memanfaatkannya dengan bijak.

Salah satunya adalah pengelolaan bank sampah yang cukup ketat. Pelanggan tidak diperkenankan membawa atau membersihkan sampah dari luar kawasan Cibunut.

Sampah yang dikumpulkan juga harus berasal dari rumah masing-masing atau daerah sekitar Cibunut Finest. Setelah sampah diserahkan, warga juga bisa menerima sumbangan berupa uang dari tempat pengumpulan sampah.

Selain itu, masyarakat di sini sangat mementingkan kebersihan. Hal ini membuat kawasan wisata yang berdiri sejak tahun 2009 ini tetap bersih dan asri, sehingga nyaman untuk dikunjungi.

[nrd]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button