Pemkab Bantul Nyatakan Gua Selarong Destinasi Wisata Ramah Anak - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Bantul Nyatakan Gua Selarong Destinasi Wisata Ramah Anak – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencanangkan Gua Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak atau tempat yang memberikan kenyamanan dan menghormati hak-hak anak.

“Pencanangan Gua Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak yang kami buat merupakan kesepakatan, kesepahaman bersama, artinya kami sedang memulai proses,” kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo usai keterangan di Gua Selarong. Bantul, Minggu.

Pencanangan Destinasi Wisata Ramah Anak merupakan kegiatan penunjang Lomba Kreativitas Seni 2022 berupa mewarnai dan melukis tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) di kawasan Gua Selarong, salah satu objek wisata alam tempat wisata di Bantul.

Dia mengatakan, menyusul pernyataan tersebut, biro pariwisata nantinya akan meminta arahan kepada bupati tentang destinasi wisata ramah anak tersebut.

“Nanti mungkin tidak hanya di Goa Selarong tapi juga destinasi representatif lainnya yang bisa digunakan untuk kegiatan anak-anak kita, jadi nanti kita kembangkan regulasinya dan terus bantu agar destinasi Selarong ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan anak-anak. “dia berkata.

Destinasi wisata ramah anak ini bertujuan untuk mewujudkan Bantul sebagai kabupaten ramah anak. Saat ini Bantul berada di tingkat menengah yaitu naik ke tingkat Nindya pada tahun 2022, dan pada tahun 2023 akan menempati tingkat utama, kemudian diharapkan pada tahun 2024 akan mencapai tingkat Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu bidang kebijakan wajib menawarkan pariwisata yang juga memenuhi indikator pariwisata ramah anak.

Ia mengatakan Goa Selarong akan menjadi wajah kawasan wisata yang menarik bagi anak-anak dengan wahana yang peka usia dan memberikan wadah bagi pengembangan kreativitas, minat dan bakat sesuai usia anak.

“Untuk mengembangkan kreativitas, minat dan bakat anak-anak diperlukan kegiatan seperti lomba kreativitas seni yang dapat menarik minat anak-anak untuk berpartisipasi dan juga meningkatkan pendapatan para pelaku wisata di Gua Selarong,” ujarnya.*

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Bantul mendeklarasikan Goa Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button