Hilang selama dua hari di Gunung Merapi, mahasiswa asal Bekasi ditemukan dengan selamat - WisataHits
Yogyakarta

Hilang selama dua hari di Gunung Merapi, mahasiswa asal Bekasi ditemukan dengan selamat

Hilang selama dua hari di Gunung Merapi, mahasiswa asal Bekasi ditemukan dengan selamat

TEMPO.CO, Yogyakarta – Seorang mahasiswa asal Bekasi, Jawa Barat, yang belajar di kampus swasta di Yogyakarta pada Rabu, 11 Januari 2023 ditemukan selamat oleh tim SAR, setelah dua hari nekat mendaki Gunung Merapi, yang statusnya masih aktif, tidak ada peringatan.

Pelajar berusia 24 tahun itu mengaku kepada tim SAR tersesat di kawasan tempat prosesi Gunung Merapi berlangsung saat berusaha kembali ke arah burung terbang.

“Pada Senin 9 Januari lalu, korban menitipkan motornya di warung milik warga di kawasan Kinahrejo (kaki Gunung Merapi), kemudian menuju ke arah jalan setapak dan belum kembali hingga pukul 08.00 WIB hari ini, seperti diberitakan. hilang,” kata Humas Basarna Yogyakarta Pipit Eriyanto, Rabu.

Tim pencari kemudian melakukan pencarian terhadap pendaki tersebut pada Rabu sore dan akhirnya ditemukan di atas kawasan pelabuhan Srimanganti. Saat tim pencarian menemukannya, pendaki tersebut masih sadar, bisa berbicara, serta bisa makan dan minum bersamanya.

Hanya saja, tim SAR mengevakuasinya dengan tandu karena kondisinya sudah tidak fit setelah dua hari tanpa perbekalan.

Hingga awal tahun ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta sendiri belum menyetujui adanya aktivitas pendakian di kawasan Gunung Merapi yang statusnya tergolong Level III atau siaga sejak November 2020 karena letusan. “Status aktivitas Gunung Merapi tetap waspada, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di wilayah yang berpotensi bahaya,” kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso.

Aktivitas erupsi Gunung Merapi masih dipantau oleh BPPTKG. Misalnya, suara longsoran dengan intensitas sedang hingga tinggi hingga hari ini masih terdengar dua kali dari Pos Pemantauan Gunung Merapi di Babadan. Selain itu, BPPTKG Yogyakarta juga mencatat longsoran lahar hingga 1.200 meter dari puncak sebelah barat gunung pada 9 Januari, atau saat pendaki dilaporkan hilang.

Baca juga: Kewalahan dengan gempa Pacitan, inilah kondisi Gunung Merapi dan himbauan warga

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button